Kamis, 26 Agustus 2010

10 Bersaudara Bintang Al-Qur'an




10 Bersaudara Bintang Al-Qur'an


Pengarang : Izzatul Jannah, Irfan Hidayatullah
Penerbit : Sygma


Kangen buku bermutu? Ini salah satu buku bermutu yang saya baca di bulan ini. Maklum jauh dari toko buku. Saya baru dapat buku ini dari seorang murid saya. Wow! Langsung deh gurunya jatuh cinta dan ikut membelinya :)

Membaca kisah keluarga Ibu Wiwi dan Pak Tamim membuat saya kembali menata vis dan misi keluarga kami. Mau bagaimana kami mengarahkan anak kami? Terkadang rencana sebelum menikah sangat detail menjadi sedikit bergeser karena keadaan. Baik faktor internal, maupun eksternal.

Kembali ke buku ini, sengat detail membahas bagaimana anak-anak mereka dapat mencintai kegiatan menghapal alquran. Walaupun dimasa kecil, anak-anak mengalami kelelahan dan rasa bosan (maklumlah anak-anak, kita aja sering gitukan? Hehe…) berjalan dengan waktu, mematangkan pikiran mereka betapa pentingnya menghapal alquran.

Saya cukup “tertampar keras” membaca buku ini. Betapa saya agak terlena mengawas anak saya. Walau ikut PAUD dan sudah hapal hadist-hadist pendek, ikut sholat dan membaca huruf hijaiyyah, tapi saya masih terlalu banyak tolerasi untuk nonton TV-nya :)
Setelah membaca buku ini, kami (bersama Abinya), sepakat “ngerem” nonton TV. Huah…si Faris kritis banget lihat iklan, “Ih malu, seksi!” aih…anak segitu?

Belum lagi pergaulan dengan temannya, terkadang terucap kata-kata kotor juga, sulit menghapusnya. Perlu trik dan pendekatan yang pas. Nah, dalam buku ini peran seorang ibu sangat banyak untuk mendampingi seorang anak agar berhasil mengapal alquran, seperti mengajarkan secara langsung Iqro pada anak kita (tidak dengan guru), usahakan membaca alquran di dekat anak, memberikan semangat/kasih sayang sehingga anak nyaman untuk menghapal alquran. So, buku ini inspiratif banget deh!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...