Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Selasa, 07 September 2010

LOMBA SURAT UNTUK MU NAK

LOMBA SURAT UNTUK MU NAK ( HASIL COPASAN )

Supaya gak ada kekeliruan, tulisan di bawah ini hasil share dari penulis aslinya. jadi posisiku di sini cuma membantu publikasi lomba ini. Jadi, bukan aku yang punya ide awalnya.. ^_^

PENDAHULUAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bagaimana kabarnya, kawan-kawan? Semoga keberkahan Ramadan terus melingkupi langkah kita, ya. Saya lagi semangat, nih. Jadi, beberapa hari lalu saya berkunjung ke Multiply adik kelas saya yang saya sayangi, Aisha. Ternyata beliau juga membagi tulisan saya yang berjudul “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu.” di blognya. Dari respon-respon yang ada, tercetus sebuah ide untuk melombakan surat sejenis, yaitu membuat surat untuk calon anak. Saya kemudian berpikir, mengapa tidak sekalian dibuat buku? Alhamdulillah, Aisha-chan pun berminat ikut meramaikan proyek ini, hehe.

Bukunya dapat dibuat bolak-balik seperti novel Andrea Hirata yang terbaru, “Padang Bulan” dan “Cinta Dalam Gelas”. Seperti buku “Palestina, Emang Gue Pikirin?” dan “Palestina, Emang Gue Pikirin!” karya Shafwan Al-Banna gitu lho. Jadi sisi satunya “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu.” Sementara sisi lainnya ialah “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ayahmu.” Saya optimis, buku semacam ini insya Allah dapat memberikan begitu banyak kebaikan pada begitu banyak orang.

Karenanya, saya mengajak kawan-kawan sekalian untuk turut serta menulis buku kolaborasi ini. Supaya lebih semangat maka sekalian saja digelar lombanya. Hadiahnya sederhana, lagipula toh lomba ini hanya untuk penyemangat saja. Perihal utamanya tentu agar kita mampu menggali perasaan-perasaan terdalam kita sebagai seorang calon ibu atau ayah, seorang anak, dan seorang hamba melalui surat-surat tersebut. Tanpa lomba pun, bukankah ini sudah merupakan suatu proyek yang menarik –bersama-sama menulis surat untuk anak kita yang bahkan belum ada? Hehe. Jadi, yuk ikutan… =) =)

Baiklah, bismillahirrahmaanirrahiim. Dengan ini lomba membuat “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu/Ayahmu.” dibuka.LOMBA “SURAT UNTUKMU, NAK. DARI CALON IBUMU/AYAHMU.”

DESKRIPSI LOMBA

Lomba ini terbuka untuk umum. Tujuan utamanya adalah untuk membuat buku berjudul sama, “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu.” dan “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ayahmu.” Berisi ungkapan hati seorang calon ibu dan ayah yang ingin disampaikan kepada anak-anaknya kelak. Contoh penggalan surat ada dalam postingan ini: “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu.” meski pun bukan merupakan format baku dalam penulisan surat, silakan berkreasi dengan jenis dan teknik penulisan maupun gaya bahasa.

PERSYARATAN LOMBA

Lomba penulisan surat ini memiliki persyaratan umum sebagai berikut:Peserta diperkenankan memilih kategori surat yang diikutsertakan dalam lomba, yaitu: “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu.” Diperuntukkan bagi para perempuan, baik yang sudah menikah atau pun belum, yang belum memiliki anak. Diperkenankan bagi calon ibu yang sedang mengandung anak pertamanya.“Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ayahmu.” Diperuntukkan bagi para lelaki, baik yang sudah menikah atau pun belum, yang belum memiliki anak.Lomba ini terbuka bagi kalangan umum, dengan latar belakang apa pun.Surat merupakan karya sendiri, asli, bukan terjemahan maupun saduran karya orang lain, jiplakan, atau plagiat (karya orang lain).Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang memenuhi kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.Panjang tulisan adalah 2 (dua) sampai 3 (tiga) halaman A4 dengan font Times New Roman ukuran 12 pt, spasi tunggal tanpa ilustrasi atau foto.Karya tidak sedang dan belum pernah diikutkan dalam lomba lain.Setiap penulis dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan.Peserta tidak dipungut biaya apapun.

PENGIRIMAN KARYA TULIS

1. Surat dikirimkan dalam bentuk attachment file Microsoft Word (.doc, .docx, .rtf) ataupun PDF ke email azka.madihah@gmail.com atau azka.madihah@yahoo.com beserta biodata penulis. Format bagi judul email adalah [Surat Untukmu, Nak: “Judul Surat yang Diikutsertakan dalam Lomba”].

2. Bagi yang memublikasikan karya suratnya di laman website atau weblog, mohon cantumkan URL postingan ini (http://azkamadihah.wordpress.com/2010/lomba-surat) dalam karyanya, agar semakin banyak yang mengetahui tentang lomba ini. Silakan cantumkan juga alamat URL postingan Anda tersebut dalam email yang dikirimkan ke alamat di atas.

3. Panitia paling lambat menerima file naskah surat paling lambat pada 30 September 2010, berdasarkan Waktu Indonesia Barat (WIB) yang tercantum dalam format pengiriman e-mail penerimaan.

HADIAH

Hadiah yang disiapkan sebagai tanda penghargaan atas partisipasi peserta ialah:

Juara I Lomba Menulis “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu/Ayahmu” (untuk satu orang, tidak dipisahkan antarkategori) memperoleh plakat, uang senilai Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah), dan novel “Rahim” karya Fahd Djibran.

Juara II Lomba Menulis “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu/Ayahmu” (untuk satu orang, tidak dipisahkan antarkategori) memperoleh plakat, uang senilai Rp. 300.000,00 (lima ratus ribu rupiah), dan novel “Rahim” karya Fahd Djibran.

Juara III Lomba Menulis “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu/Ayahmu” (untuk satu orang, tidak dipisahkan antarkategori) memperoleh plakat, uang senilai Rp. 200.000,00 (lima ratus ribu rupiah), dan novel “Rahim” karya Fahd Djibran.

Apabila buku jadi diterbitkan, setiap karya yang masuk ke dalam buku “Surat Untukmu, Nak. Dari Calon Ibumu/Ayahmu.” akan mendapatkan sertifikat penghargaan dan satu eksemplar buku yang diterbitkan. Tanda penghargaan ini akan dikirimkan maksimal satu bulan setelah buku diterbitkan.

PENJURIAN

1. Penjurian akan dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama oleh juri seleksi tahap pertama yang dilakukan pada 1-8 Oktober 2010.2. Penjurian tahap kedua dilakukan untuk menilai naskah yang lolos tahap pertama, dan dilakukan pada 9-16 Oktober 2010.

PENGUMUMAN PEMENANG

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 20 Oktober 2010 di weblog http://azkamadihah.wordpress.com/.

KETENTUAN LAIN

1. Panitia memiliki hak menerbitkan tulisan-tulisan yang masuk menjadi sebuah buku dan memiliki hak atas pemasukan yang diterima dari buku tersebut.

2. Panitia membuka kesempatan berkorespondensi dengan pengirim karya melalui alamat email yang tercantum di atas.

3. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Terima kasih. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga ini dicatat Allah sebagai upaya kita dalam menyiarkan nilai-nilai kebaikan. Amiin. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

P.S. Mohon dishare ke sebanyak-banyaknya teman yang lain, ya… Hehe, hatur nuhun pisan… Allah yazikal khair… =)


Ini Mieny dapat dari http://mywordmyworld.multiply.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...