Contoh Pengajuan Pictorial Book ke Penerbit

Oleh:
Dian Kristiani


Dear Teman-teman grup Penulis Buku Anak,
Saya ingin berbagi pengalaman, tentang bagaimana mengajukan naskah pictorial book kita ke penerbit. Dengan cara ini, insya Allah penerbit akan lebih suka, dan naskah kita lebih cepat mendapat keputusan ya dan tidaknya. Jangan lupa, jika memungkinkan, beri juga satu atau dua sample ilustrasi untuk karakter tokohnya. Sample bisa diminta dari para ilustrator buku anak. dan mereka akan dengan senang hati memberikannya. Semoga berguna yaaa...
COVER DEPAN
1. INNER COVER-KA
2. Redaksional (Copyright etc)-KI
3. This Book Belongs to... - KA
4. Pingo adalah seekor penguin yang hidup berkelompok bersama teman-temannya. Ia tinggal di Antartika atau lebih sering dikenal dengan Kutub Selatan.
5. Pingo is a penguin who lives in groups with his friends. He lives in Antartic or known as the South Pole.
Ilustrasi:
Pingo dan teman-temannya, latar belakang bongkahan salju dan es
6.Di antara teman-temannya, Pingo memiliki bulu yang paling tebal dan indah. Warnanya hitam mengilat dan halus sekali. Teman-temannya sangat mengagumi bulunya. Itu membuat Pingo bangga sehingga rajin merawatnya.
7. Among his friends, Pingo has the thickest and the most beautiful fur. It is shining black and very soft. His friends admire his fur. It makes Pingo proud and he takes really care of it.
Ilustrasi:
Pingo close up, wajah gembira dengan bulu yang tebal dan hitam. Background teman2 nya mengagumi
8. Dengan bulunya yang tebal, Pingo tidak pernah merasa kedinginan. Suhu di Antartika memang amat dingin, namun Pingo merasa nyaman. Bersama teman-temannya, ia bermain lempar bola salju, menangkap ikan, membuat es krim dari salju, dan banyak kegiatan menyenangkan lainnya.
9. With his thick fur, Pingo never feels cold. The temperature in Antartic is very low, but Pingo feels comfortable. Together with his friends, he throws snowballs, catches fishes, making ice creams from snowflakes, and many other fun activities.
Ilustrasi:
Pingo bermain lempar bola salju, latar belakang teman2nya menangkap ikan
10. Suatu hari, Pingo merasa ada yang aneh dengan tubuhnya.
“Ada apa ini, kenapa aku merasa gerah?” tanyanya dalam hati.
Ia kemudian keluar dari rumahnya dan menemui teman-temannya. “Hai teman-teman, apakah kalian merasakan hal yang sama denganku? Mengapa hari ini terasa panas? Lihat, buluku basah berkeringat.
11. One day, Pingo feels something weird with his body. “What is going on, why do I feel hot?” he asks to himself.
He then goes out of his house and sees his friends. “Hi friends, do you all feel the same thing with me? Why does today feel hot? Look, my fur is wet with sweat.”
Ilustrasi:
Pingo kegerahan, ada keringat menetes dari dahinya. Pingo berhadap-hadapan dengan teman2nya.
Dst...dst...dst..sampai mencapai jumlah halaman yang diinginkan (kelipatan 8, misalnya 16/24/32/40/48 halaman)
Semoga membantu...

3 komentar untuk "Contoh Pengajuan Pictorial Book ke Penerbit"

  1. oh begini ya bentuk pictbook, kalo yang bentuk panel ada gak mba?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada Mbk, tapi kurang lebih sama, Mbk:)

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^