Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Minggu, 19 Juni 2011

Lowongan Naskah Antologi

Berikut ini adalah lowongan penulisan naskah antologi:

Konsep Materi

  1. Konflik Kekerasan (kisah-kisah mereka yang mengalami tindakan disakiti baik secara fisik, mental, maupun intelektual (atau cerita orang lain yang boleh dituliskan) beserta cara serta usaha mereka untuk keluar dari permasalahan tersebut. Cerita kisah nyata, menyentuh, dan memberikan solusi. Artinya pelakunya sekarang sudah tidak lagi mengalami masalah tersebut.
  2. Anak Pertama (saat-saat menunggu kelahiran anak pertama yang penuh dengan kenangan istimewa; kecemasan, panic, harap cemas, ngidam, tradisi, mitos-mitos yang menakutkan, sendirian karena suami tugas jauh, kasus-kasus penyakit, kelahiran yang sulit, campur tangan ortu dan mertua, dll) yang perlu dishare kepada orang lain dan solusi praktis yang telah dilakukan, sehingga orang lain bisa belajar dan bercermin bahwa kehamilan pertama kali bukanlah hal yang seram seperti banyaknya mitos yang beredar di kalangan pasangan muda. Laki-laki juga boleh menulis, karena ada banyak kisah istrinya yang hamil, yang jadi bawel ngidam dan aneh-aneh suaminya.
  3. Indahnya Memaafkan (setiap orang pernah melakukan kesalahan, disakiti dan didzalimi orang lain, tanpa bisa melawan atau mencari pembelaan, pernah terkena dampak kasus-kasus fitnah, persekongkolan, pengkhianatan, dll) yang membuat terpuruk dan tidak bisa menyelesaikan. Dendam, menyimpan sakit hati, iri dengki, dan tidak rela, pasti ada dalam kondisi seperti ini dan sepertinya “tidak akan memberi maaf” tetapi memaafkan jauh lebih penting, efeknya baik. Mesti ada satu hal-hal yang tertera dalam cerita kenapa akhirnya bersedia memaafkan dan apa akibatnya setelah memaafkan tersebut.
  4. Titik Balik (masa di mana seseorang berubah menjadi lebih baik; dari pecandu narkoba menjadi relawan rehabilitasi narkoba; dari orang yang pemalas menjadi rajin, dari strata minded (melihat seseorang berdasarkan kelas harta dan tahta menjadi orang yang egaliter dan social kepada siapa saja); dari pendendam yang gampang iri dengki, menjadi baik hati; pesimis ke optimis, dan hal-hal besar yang mendasari setiap perubahannya.
  5. Jujur (antologi fiksi komedi yang seluruh tokoh utamanya menggunakan nama Jujur). Kisah boleh apa saja yang penting komedi cerdas, lucu, kocak, menghibur. Tujuannya untuk mengingatkan kembali bahwa kejujuran itu penting dan mulia. Walaupun banyak orang yang menganggap jujur itu barang langka dan mahal harganya, tapi jujur sebenarnya selalu membawa kebaikan.

Aturan Umum

  1. Peserta adalah warga Negara Indonesia.
  2. Tidak SARA.
  3. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan bisa diterima, tidak menggunakan bahasa alay yang penuh singkatan dan tidak bisa dimengerti.
  4. Bukan berupa hujatan, caci maki, atau mendeskriditkan pihak lain.
  5. Tidak menggunakan kosakata kasar.
  6. Judul harus dalam bahasa Indonesia.
  7. Memenuhi aturan khusus yang ditentukan.

Aturan Khusus

  1. Di setiap konsep materi, satu penulis hanya boleh mengirim satu naskah.
  2. Naskah terdiri dari 8-10 halaman A-4, spasi 1.5 antar paragraph tidak ada jarak, batas kiri atas 4 cm, kanan bawah 3 cm, times new roman 12 point. Tiap-tiap halaman diberi nomor.
  3. Biodata dan foto disertakan di halaman terakhir naskah dengan format: foto, nama lengkap dan atau nama pena, tanggal lahir, pendidikan terakhir, pekerjaan, domisili, dan contact email. Semuanya ditulis dalam huruf miring, kecuali id email. Biodata yang lengkap dikirimkan dalam file tersendiri.
  4. Batas akhir pengiriman naskah 24 Juli 2011. Makin cepat makin baik, tidak perlu menunggu deadline kalau anda sudah memiliki naskah yang dirasa sesuai dan memenuhi syarat.
  5. Pengiriman file naskah ke griyakinoysan@yahoo.com dengan format “konsep dan nama penulis” misalnya “Konflik Kekerasan-Rani”; biodata dikirimkan dengan format “konsep, biodata, dan nama penulis” misalnya “Konflik Kekerasan-Biodata-Rani”.
  6. Pengumuman naskah yang lolos seleksi tanggal 6 Agustus 2011.
  7. Editor Griya Kinoysan berhak mengedit naskah yang lolos seleksi, termasuk mengganti judul, menyarankan nama pena yang tepat, dan lain-lain berkaitan dengan naskah tanpa mengubah substansi materi.

Silakan teman-teman memilih dan mengikuti mana yang paling cocok dengan kisah-kisah yang anda miliki. Silakan share ke teman-teman lainnya dan ajak mereka yang tertarik untuk menulis.

Salam menulis,

Ari Kinoysan W

Griya Kinoysan

2 komentar:

  1. maaf, untuk bnyak halaman itu 8-10 halaman. bisa ga jika 4 halaman gitu? tx

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...