Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Kamis, 16 Juni 2011

Persiapan Menyusui, Pijat dan Peras ASI

Oleh: We R Mommies

Selasa, 18 Oktober 2005

Benar tidak sih bila menjelang melahirkan, payudara akan membengkak?

Biasanya payudara memang akan membengkak menjelang melahirkan. Tapi bisa jadi setiap kehamilan berbeda.

Perawatan payudara apa saja yang sebaiknya dilakukan menjelang persalinan?

Setiap bangun pagi, hendaknya payudara dipijat kemudian puting dibersihkan dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Sebaiknya membersihkan puting tidak menunggu setelah melahirkan, agar salurannya sudah bersih dan siap ketika bayi lahir.

Hal tersebut penting dilakukan karena kadang pembengkakan payudara dapat membuat puting tertanam dan harus ditarik setelah melahirkan. Mengurut sejak awal membantu dan tidak membuat payudara sakit. Biasanya ASI sudah mulai terbentuk dari kehamilan memasuki usia 7 bulan, namun dapat saja berbeda untuk masing masing orang.

Adakah makanan makanan tertentu yang baiknya dikonsumsi untuk persiapan menyusui?

Konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan aneka kacang-kacangan lainnya.

Dari pengalaman beberapa moms, makanan yang terbuat dari kacang kedelai tidak saja bagus untuk ASI namun juga akan membuat kulit bayi bersih saat dilahirkan, mungkin karena adanya kandungan vitamin E di produk alami tersebut.

lahir nanti.

Mengapa ya kadangkala setiap habis memeras ASI mata berkunang-kunang, lemas dan pandangan jadi kabur?

Mungkin karena aktivitas menunduk selama memeras ASI sehingga supply darah ke otak menjadi kurang lancar.

Bila dengan pengurangan aktivitas menunduk keluhan tetap ada, maka hal ini baiknya diwaspadai lebih lanjut mengingat ibu menyusui biasanya termasuk salah satu kelompok beresiko tinggi terkena nutritional anemia.

Pemeriksaan darah pada masa menyusui adalah hal yang bijak dilakukan, minimal agar mengetahui kandungan zat gizi dalam darah masih dalam ambang batas normal atau tidak.

Bagaimana sih cara pijat payudara yang biasa moms lakukan?

1. satu tangan menyangga payudara bagian bawah, kemudian tangan yang lain memijat berputar dari bawah,ke arah dalam payudara hingga ke bagian bawah lagi.

2. satu tangan menyangga bagian bawah,tangan yang lain membuat gerakan spiral dari arah puting ke arah luar. Dilakukan ke semua arah luar payudara.

3. satu tangan menyangga bagian bawah,tangan yang lain membuat gerakan menekan payudara dari luar ke arah puting dengan memakai samping tangan bagian dalam (lurus kelingking. Lakukan dari segala arah.

4. seperti gerakan no.3 tapi menekan dengan memakai kepalan tangan.

Lakukan sebisa mungkin tiap kali mandi selama 30 gerakan agar menghindari terjadinya pembengkakan. Agar terasa licin, gunakan baby ol, sabun atau minyak minyakan saat memijat.

Setelah pemijatan selesai, kompres payudara dengan air hangat dan air dingin secara bergantian.

Kalau cara memeras ASI yang efektif seperti apa ya?

Pijit daerah areolla saja, jangan seluruh bagian payudara. Seperti halnya bayi saat menyusu pada ibunya,ia hanya menyedot di bagian puting dan areolla aja.

Dikatakan bila kita memeras seluruh bagian payudara maka akan mengubah bentuk dan kurang optimal. ASI yang dihasilkan dapat banyak seperti air mancur, maka sebaiknya ditampung di tempat yang lebar dan dalam posisi duduk santai .

Bisa lebih dijelaskan?

Jadi pertama, kita duduk dengan santai, kemudian buka seluruh BH. Alasi paha dengan handuk bersih, letakkan wadah penampung di atas paha kita.

Atau bila sudah lancar sekali, dapat kita pegang dan dekatkan di bawah payudara yang sedang diperas. Bila payudara terasa penuh dan agak keras, maka pertama payudara harus agak di massage perlahan tanpa diurut Dapat juga dengan dikompres dengan air hangat terlebih dahulu.

Baru kemudian kita mulai pijit-pijit daerah areolla ke arah luar. Cukup dengan gerakan itu saja, karena biasanya ASI akan mengalir dengan deras.

Bila payudara terasa bengkak sekali dan terasa sakit, apa gerakannya cukup di areolla saja?

Sebaiknya sih demikian. Namun bila tidak tahan, maka dapat sedikit diperas dan ditekan dengan cukup keras di bagian yang keras. Hal ini dilakukan hingga bagian tersebut terasa cukup lembek sehingga terasa berkurang sakitnya. Kemudian kompres dengan air hangat.

http://wrm-indonesia.org/index2.php?option=content&do_pdf=1&id=588

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...