Senin, 20 Juni 2011

Stiletto Book mencari penulis chicklit: Who want to be the next Sophie Kinsella?

Stiletto Book mencari penulis chicklit: Who want to be the next Sophie Kinsella?

by Stiletto Book on Saturday, June 18, 2011 at 1:45pm

Kalau kamu sering jalan-jalan ke toko buku, pasti kamu akan dengan gampang menemukan novel-novel dengan kemasan sampul yang warnanya bermacam-macam, ada yang ungu, biru, merah, dan sebagainya. Selain itu, ilustrasi sampulnya pun atraktif dengan pilihan gambar diambil dari aksesori wanita modern, seperti: sepatu berhak tinggi (stiletto), tas belanja ataupun busana yang chic. Yup, itulah novel chicklit yang tengah booming saat ini.

Chicklit atau chick literature yakni novel fiksi yang ditulis oleh wanita dan bertutur tentang wanita, terutama dari kalangan perkotaan yang mandiri dari segi sosial dan ekonomi. Tokoh dalam chicklit usianya berkisar antara 20 hingga 30-an, single, dan biasanya berkisah seputar karier, kehidupan cinta atau romantisisme, dilengkapi dengan detil kesehariannya.

Bahasa yang digunakan juga sangat mudah dicerna, karena menggunakan bahasa sehari-hari. Selain itu, istilah-istilah dalam chicklit banyak mencantumkan kosakata modern yang sudah tidak asing lagi di kalangan wanita, seperti merk-merk tas/sepatu terkenal. Ya, apa yang ada dalam chicklit adalah cermin wanita urban masa kini.

Stiletto Book akan mulai menerbitkan novel-novel bergenre chicklit dan akan kami beri tag linebe smart and sexy” seperti motto Stiletto Book, yakni: Be smart and sexy with Stiletto Book. Chicklit tersebut nantinya akan rutin diterbitkan dan dipromosikan dengan maksimal…:P

Syarat Penulisan Chicklit:

  1. Naskah ditulis dalam kertas ukuran A4, Font Times New Roman 12, Spasi 1 ½, Format MS Word atau Adobe Reader
  2. Panjang naskah antara 120 – 200 halaman, berupa novel, bukan kumpulan cerpen.
  3. Diutamakan penulisnya berjenis kelamin perempuan, usia bebas.
  4. Naskah berupa tulisan fiksi populer, dengan gaya bercerita yang mengalir, ringan, lucu, ada unsur humornya, cerdas dan menghibur.
  5. Boleh menggunakan kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris tanpa diterjemahkan.
  6. Hindari pemakaian kata-kata yang menyinggung SARA dan penggunaan bahasa alay.
  7. Berisi kisah-kisah yang sering terjadi di lingkungan wanita perkotaan dengan aneka permasalahannya, baik seputar karier, romantisme dengan pasangan, ambisi pribadi, dll

Ketentuan Pengiriman Naskah:

  1. Kirimkan sample naskahmu yang berisi 50 halaman pertama dan sinopsis keseluruhan isi cerita dalam bentuk attachment ke alamat [email] stilettobook@gmail.com, tuliskanchicklit - Judul Naskah pada subjek email.
  2. Sertakan 1 lembar biografi yang memuat informasi (paling tidak): Nama, alamat, pendidikan terakhir, pekerjaan, komunitas yang diikuti, naskah yang pernah dipublikasikan dan juga photo tercantikmu..:)
  3. Penerbit akan memberi kabar paling lama 1 bulan setelah naskah diterima dan jika penerbit tertarik untuk mengetahui keseluruhan isi chicklit-mu, penulis bersedia mengirimkan naskah lengkap ke penerbit.
  4. Tidak ada deadline, lebih cepat lebih baik.. :)

Contoh thema chicklit best seller (sayang, semuanya terjemahan)

Confessions of a Shopaholic, Sophie Kinsella/ Bantam Dell New York (2003)

Becky Bloomwood adalah seorang jurnalis di bidang keuangan. Tentu saja, ia tahu betul masalah keuangan dan sering diminta menjadi konsultan. ironisnya, ia gila belanja. Baginya, belanja adalah semacam terapi ketika ia sedang menghadapi masalah. Tapi kali ini Becky sudah kebabalasan, ia dikejar-kejar surat-surat tagihan. Ia tahu ia harus berhenti, namun ia tidak bisa melakukannya. Ia mencoba mengurangi pengeluaran, mencoba memperbesar penghasilan, tapi tak ada yang berhasil. Satu-satunya penghiburan adalah membeli sesuatu... sesuatu untuk dirinya sendiri. Akhirnya sebuah kisah mengusik hatinya dan menggugah rasa tanggung jawabnya, dan artikelnya di halaman depan menggulirkan rangkaian kejadian yang akan mengubah hidupnya-selamanya.

The Devil Wears Prada, Lauren Weisberger/ Broadway Books New York (2003)

Banyak orang membayangkan bekerja di majalah sungguh menyenangkan, apalagi jika mendapat iming-iming bisa mejadi loncatan bekerja di majalah manapun yang diinginkan. Itulah kenapa Andrea Sachs bersedia menerima pekerjaan sebagai asisten pemimpin redaksi di majalah Runway, majalah mode terkemuka di Amerika Serikat. Namun ternyata kenyataan berbicara lain, pekerjaannya tak semudah yang dibayangkan, Andrea harus bisa tahan dengan bosnya, Miranda Priestley yang perfeksionis dan sangat galak. Permintaan MIranda juga seringkali mustahil untuk dituruti. Seperti misalnya harus mencari artikel di Koran yang ia tidak tahu namanya, mencari laci di toko antik di rimba New York, mendapatkan buku serial Harry Potter terbaru yang belum di launching oleh penerbitnya, dll. Mampukah Andrea bertahan hingga setahun?

Pasti, banyak ide yang bisa kita tangkap dalam kehidupan sehari-hari.

So..?? Mulai tulis yuuuk..

Siapa tahu kamu adalah The Next Sophie Kinsella yang kami cari…. :)

Kami tunggu kiriman naskahnya yaaaa….. ^^

Love,

- Herlina P. Dewi

- Redaksi Stiletto Book

Be smart n’ sexy with Stiletto Book

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...