Kepala Urusan Humas PTPN VII Sandri R Kamil, di Bandarlampung, Kamis mengatakan sejak tahun 2009 setiap merayakan HUT, pihaknya menggelar karya tulis, bahkan juga pernah dibarengi dengan lomba foto.

"Tujuan digelarnya lomba ini untuk mencari masukan dari masyarakat tentang peran, fungsi dan kiprah PTPN VII dan meningkatkan komunikasi sinergi antara perusahaan tersebut dengan masyarakat," katanya.

Perlombaan tersebut untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat atas atensinya kepada PTPN VII, dan mendorong minat dan bakat menulis di bidang perkebunan sebagai objek penulisan.

Lomba penulisan dibagi dalam enam kategori dengan tema yang ditetapkan. Tema tersebut bukan judul, karya tulis berupa kajian dengan judul dan urainan yang spesifik.

Untuk kategori pelajar SMP dan sederajat, temanya yakni menulis surat kepada teman yang berada di daerah lain (selain Lampung, Sumsel, Bengkulu), yang menceritakan tentang aktivitas di kebun atau pabrik PTPN VII (Persero).

Kategori Pelajar SLTA dan sederajat, dengan tema kebun PTPN VII (Persero) sebagai contoh budidaya (transfer teknologi) perkebunan bagi masyarakat. Sedangkan untuk kategori mahasiswa tema yang ditetapkan yakni Kesiapan PTPN VII (Persero) Menjadi Perusahaan Terbuka (Go Publik).

Sementara untuk katagori umum tema yang diusung yakni Mencari Format CSR yang Ideal.

Dan untuk katagori Jurnalis (media cetak dan online) temanya bebas, berbasis liputan di wilayah PTPN VII (persero) dan tulisan hasil liputan tersebut sudah dimuat di media.

Sedangkan, untuk katagori pekerja PTPN VII tema yang diusung Menyukseskan tahun Capital Driven dengan Optmalisasi Sumberdaya.

Sandri menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengikuti lomba tersebut, dapat mengirim karya tulisnya dalam bentuk hardcopy (naskah) yang disertai softcopy dalam compact disc atau flasdisk. Atau naskah dikirim langsung melalui Pos ke Panitia Lomba Penulisan PTPN VII dengan alamat Bagian Humas Kantor Direksi, Jl. Teuku Umar No. 300 Bandar Lampung.

Syarat panjang tulisan bagi kategori SMP dan SMA minimal 4.000 karakter dan maksimal 6.000 karakter. Sedangkan untuk kategori mahasiswa, jurnalis, umum, dan pekerja minimal 6.000 karakter dan maksimal 10.000 karakter. Diketik menggunakan Microsoft Office jenis huruf Time News Roman 12 poin, spasi 1,5.

Peserta lomba tercatat sebagai penduduk provinsi Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu (dibuktikan dengan kartu identitas KTP/SIM). Dan bagi pekerja PTPN VII hanya diperkenankan mengikuti lomba pada katagori pekerja.

"Tulisan merupakan karya orisinal dan belum pernah/tidak sedang diikutkan dalam lomba sejenis. Karya tulis yang diikutkan dalam lomba menjadi milik panitia. Panitia akan mencetak kumpulan karya pemenang menjadi buku," kata dia.

Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Untuk pengiriman naskah, kata Sandri, diterima dari tanggal 15 Januari sampai tanggal 25 Februari 2012 (cap pos).

Penjurian dilakukan pada 1-6 Maret dan pengumuman pemenang melalui media pada tanggal 7-8 Maret 2012. Dan penyerahan hadiah bersamaan dengan resepsi HUT ke-16 PTPN VII pada tanggal 11 Maret 2012. (T013/Y006)

Editor: B Kunto Wibisono