Minggu, 10 Juni 2012

Talk Show Buku Let's Enjoy The School Plus Sebar Formulir FLP

Hari Jumat, 8 Juni 2012 di Gramedia Lampung, saya dan teman-teman FLP Wilayah Lampung, serta FLP Cabang Bandar Lampung mengadakan Talks Show buku Let's Enjoy The School. Acara kerjasama dengan Gramedia Lampung, Penerbit Zihrul Hakim dan teman-teman FLP Lampung.Pukul 12.30 WIB saya berangkat dari rumah, setelah membungkus bingkisan untuk pemateri. Asli deh rempong, mana bawa Xbanner juga dari rumah. Sampai di Gramedia sekitar pukul 13.00, teman-teman belum ada yang datang, padahal janjian ama Si Bang Fikri alias Jarwo teng usai sholat Jum'at. Eh, pas di sms baru mau berangkat dari Unila. Jadilah saya di sana sendirian. Tapi, lumayan bisa lihat-lihat suasana en foto-foto buku teman-teman, hihihi...

Menjelang pukul 13.30 WIB Sujarwo datang. Pelang-pelan teman-teman FLP juga datang. Sebelumnya sempat ketar-ketir rame enggak ya? Alhamdulillah, walau ngaret diluar jadwal, pukul 14.00 WIB acara di mulai. Acara dibuka oleh MC kondang penyiar Aradio, Bang Fikri atau Tri Sujarwo Ketua FLP Cabang Bandar Lampung. Dilanjutkan dengan pengenalan buku Let's Enjoy The School. Saya (Naqiyyah Syam) memaparkan proses buku ini terbit. Dari ide yang berkelebat, berdiskusi dengan teman-teman kontributor walau belum pernah bertemu secara nyata, namun buku ini bisa terbit. Buku ini berisi 18 kisah ibu-ibu mengawali anaknya masuk sekolah. baik dari tingkat PAUD, TK, dan SD. Selain itu, buku ini juga ada tips bagaimana mempersiapkan si orang tua dan si anak ketika akan memimilih sekolah. Buku ini juga ada resep bekal sehat yang sudah diujicoba di dapur para kontributor




Selanjutnya, Bu Wulan Irodatiya (Psikolog) memaparkan persiapan ketika anak akan masuk sekolah. Sebelum memilih sekolah Bu  Wulan mengingatkan para orang tua untuk mengetahui makna sekolah itu sendiri. Beberapa catatan penting dari Bu Wulan adalah:

  1. Sekolah adalah mitra atau patner bagi orang tua. Jangan sampai orang tua makin serah saja ke sekolah. Jika, ada apa-apa menyalahkan sekolah. Coba didiskusikan ke gurunya. Ingat, guru adalah orang tua di sekolah. Jadi, berpatnerlah kepada gurunya.
  2. Berikan pengertian yang baik pada anak tentang sekolah. Ceritakan sekolah yang fun.
  3. Siapkan jadwal anak. Di Jepang, para orang tua mempersiapkan anaknya masuk sekolah minimal 6 bulan. Bahkan mereka ada perkumpulan untuk mempersiapkan anaknya. Coba persiapkan, atur jadwal tidur, makan, dan bermain anak-anak sesuai dengan jadwal sekolahnya.
  4. Siapkan dana. Boleh dengan asuransi pendidikan atau lainnya. Sekolah adalah investasi dunia-akherat, maka pilihkah sekolah yang bermutu.
  5. Survei sekolah sesuai visi dan misi orang tua. 


Usai pemaparan kedua pembicara, MC yang jago berpantun ini memberikan doorprize. Wow, banyak banget door prizenya. Pesertapun berlomba untuk bertanya. Ada yang bertanya tentang FLP, karena hari itu FLP Cabang Bandar Lampung menyebarkan formulir anggota secara gratis. 

 Ada yang menarik pertanyaan tertang seorang anak yang suka bulliying. Di sekolah suka melakukan tindakan bulliying kepadateman-temannya, tapi di rumah menjadi anak yang baik. Menurut Bu Wulan, sikap anak ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pengaruh film, yang didengar si anak, yang dilihat si anak dan lainnya. Kadang, anaknya yang suka dibulliying di sekolah, akan melampiaskannya ke adiknya di rumah. Karena si kakak tak berani melawan kepada temannya. Nah, disinilah perlunya kerjasama dengan gurunnya membekali anak untuk mempertahankan dirinya saat di  bulliying oleh teman-temannya.


Pertanyaan makin seru seputar FLP, Buku Let's Enjoy The School dan persapan anak masuk sekolah. Namun, waktu terbatas. Pukul15.10 WIB acara ditutup.

Usai acara, panitia dan peserta foto bersama. Aih, senangnya acara berlangsung lancar dan menyenangkan.


 Terima kasih kepada pihak yang telah mensukseskan acara ini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...