Minggu, 28 Juli 2013

[Contoh sinopsis] WorkShop First Novel

Oleh Ali Muakhir di Komunitas Penulis-Bacaan-Anak 

Contoh Sinopsis
First Novel

Baju Seragam Pemulung
By Ali Muakhir

Sinopsis Global
Ada dua orang kakak adik yang merantau karena di daerah sudah tidak punya keluarga lagi. Mereka tinggal bersama nenek mereka di daerah kumuh, daerah para pemulung. Pagi-pagi mereke berdua jualan koran dan anterin koran langganan, sorenya mencari rongsokan. Atau kalau kebetulan sekolahnya sore, pagi-pagi setelah jual koran mereka mencari rongsokan.
Mereka ingin sekali terus sekolah walaupun mereka hanya mempunyai baju seragam Cuma 1 biji karena baju seragam sang adik sudah sobek. Beruntung, mereka sekolah bergantian. Sang kakak sekolahnya pagi, sang adik sekolahnya sore.
Hingga suatu kali mereka harus mengikuti sebuah acara yang mengharuskan mereka hadir. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, akhirnya mereka diketahui pihak sekolah kalau mereka hanya mempunyai baju seragam.
Akhirnya, teman-teman sekolahnya memberikan mereka seragam. Seragam yang mereka punya sekarang berlebihan. Supaya tidak mubazir, mereka memberikan seragam mereka kepada teman-teman pemulung lainnya di sekolah penampungan.

Sinopsis Perbab

Bab I
Anisa dan Igo datang ke Bandung diantar salah seorang warga kampungnya, seorang Bapak-bapak yang mengetahui keberadaan nenek mereka. Anisa dan Igo baru saja kehilangan orangtuanya karena kecelakaan lalu lintas.
Setelah cukup lama mencari, akhirnya mereka ketemu dengan neneknya di sebuah rumah mungil yang keadaannya sangat menghawatirkan. Nenek tidak mau pulang kampung karena menunggu suaminya (kakek) pulang. Suaminya telah bertahun-tahun tidak pulang (tapi bukan Bang Toyib, lho, ya).
Nenek senang sekali melihat cucu-nya, tapi juga sedih mendengar cerita anak satu-satunya sekarang sudah kembali ke alam baka.



Bab 2
Anisa dan Igo menyerahkan rapot sekolahnya pada Nenek. Mereka ingin tetap sekolah. Nenek kemudian ketemu dengan bapak kepala desa dan mereka pun diperbolehkan mendaftar di sekolah terdekat.

Bab 3
Dan seterusnya ...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...