Selasa, 26 Agustus 2014

Asiknya Datang ke Pameran Buku

Ada pameran? Wih, suka deh datang ke pameran. Mengapa? Di pameran banyak ilmu yang akan didapat. Dari melihat stand yang unik-unik, ada kuis hingga diskon besar-besaran ada di pameran. Belum lagi acara yang diadakan seru!

Nah, pameran apa aja yang pernah saya kunjungi? Di Lampung pernah diadakan Lampung Fair, di sana diadakan pameran berbagai stand. Kami sekeluarga melihat-lihat stand yang ada. Anak saya, Faris senang banget mengunjungi setiap stand yang ada. Dari setiap stand, kami akan mengajarkan Faris ilmu yang berbeda-beda. Faris menyukai sekali apa yang dilihatnya.


Lampung Fair 2013
Sayang, di Lampung tidak ada pameran buku. Padahal, ingin sekali saya mengenalkan Faris lebih dekat dengan buku. Namun, cukup terobati sih dengan adanya bazar buku yang diadakan Gramedia. Buku-buku yang banyak dapat dipilih dengan harga diskon.

Bazar buku Gramedia Lampung, 12 Juni 2013

Selama mengunjungi pameran, paling berkesan adalah mengunjungi pameran buku, Jakarta Book Fair. Terakhir ke sana, tahun 2005 sebelum menikah. Waaah, udah lama bangeet? :))

Di Jakarta Book Fair saya menemui banyak hal yang menarik. Nah, apa sih asiknya datang ke pameran buku? Ini beberapa caratan saya :

1. Penampilan Menarik dan Unik
Stand buku dengan cara penampilan yang unik-unik. Biasanya, saya akan mengumpulkan brosur-brosur yang dibagikan gratis, termasuk katalog buku. Sapa tau dari sana ketemu ide menulis. Melihat judul dan cover buku yang ada, Cling...ide berdatangan :)

2. Jumpa penulis dan penerbit
Nah, biasanya di pameran buku ada panggung untuk diskusi bertemu penulis. Ini dapat dimanfaatkan untuk sharing tentang kepenulisan dan penerbitan buku.

3. Menjaring Ide
Banyak buku yang bertebaran di pameran buku membuat ide semakin banyak. Jangan lupa bawa catatan kecil untuk menulis ide yang didapat, jangan sampai idenya hilang lagi :)

4. Membangun jaringan
Jika sudah bertemu penulis lain dan penerbit, tentu saya akan membangun jaringan yang ada. Pengalaman di Jakarta Book Fair 2005 lalu, saya bertemu dengan teman-teman FLP. Di sana kami mengadakan pertemuan dan sharing, indah sekali moment itu. Info kepenulisan dan penerbitan juga dibahas. Lebih penting adalah menambah teman dan jaringan.

5.Diskon
Ini yang ditunggu-tunggu. Jika datang di pameran buku, biasanya saya sudah menyiapkan budget khusus untuk membeli buku. Pernah saat Jakarta Book Fair 2005, saya kalap deh beli buku hingga 800 ribu :)) hahahha... Buku-buku itu saya jadikan modal untuk koleksi perpustakaan pribadi saya hingga dapat dimanfaatkan menjadi taman baca gratis bersama teman-teman FLP Lampung kami mengadakan taman baca keliling.

Saya berharap pameran buku semakin menyebar diberbagai daerah tidak hanya di kota besar saja. Untuk pameran buku yang sedang berlangsung di Bandung, saya berharap semoga tempat yang diadakan lebih strategis, sehingga pengunjung yang hadir banyak dan kegiatan yang diadakan semenarik mungkin.

Oh, pameran buku kapan ya ada di dekatku? Atau saya yang mendekat ya? Lokasinya jauh sih :)
Nabung dulu ah :)




13 komentar:

  1. waaa sayang sekali ya mak, dikampungnya nggak ada pameran buku, semoga IKAPI tergerak untuk ngadain aaamiiiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih semoga ya bisa ke pameran buku yang gede lagi :) mupeng kalo dengar teman2 ke pameran buku :)

      Hapus
  2. paling suka kl ada pameran buku,borong hehehe..seru aja

    BalasHapus
  3. sukses ya Mbak. Tulisan mbak Naqi kereeen, bikin saya makin ciuut deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiaaaah Mbk Irma, inikan pengalaman seru2an hehhe

      Hapus
  4. Kirain saya aja yang suka kalap belanja buku. Ternyata sama saja ya hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya Mbk, kalap deh semua mau dibeli rasanya :))

      Hapus
  5. Waaaah... saya belom pernah juga Mbak datang ke pameran buku gede, mupeeeeng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he eh Mupeng pengen lagi ke jakarta Book Fair, tapi berat diongkos hahhaha

      Hapus
  6. smg di lain waktu ada pameran buku di Lampungh dech mbak... :) shg bisa jadi ajang rekreasi fikriyah untuk keluarga.. :)

    BalasHapus
  7. bulan Maret lalu sempat ada bazar buku di Perpusda Lampung, dalam rangka HUT Lampung ke-52. sayang saya nggak datang, anggarannya nggak ada mbak :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...