Agar Masak Cepat, Stok Bumbu Dapur

bumbu giling (dokumen pribadi)

Biasanya ibu-ibu sibuk dan rempong jika pagi menjelma. Beberes rumah, nyuci, menyiapkan anak berangkat sekolah. Alhasil, cepat-cepat en buru-buru deh. Soal masak juga sering menjadi kendala. Gimana dong biar bisa masak cepat?

1. Siapkan peralatan masak yang sudah bersih. Nah, sering itu malas memulai masak kalo lihat peralatan masak kotor. menumpuk di dapur. Kerjaan jadi bercabang. Antara cuci piring dan masak. Gimana nih? Usahakan kalo malam, sebelum tidur,  mencuci peralatan masak ibu-ibu. Jadi, pas bangun tidur dapur udah kinclong, tinggal siap masak-masak aja :)

2. Stok Sayur. Ini perlu banget. Mau masak cepat kalo stok sayur nggak ada juga bingung. Apalagi kalo kayak saya, jauh dari pasar, tukang sayur baru jalan di depan rumah jam 8 pagi. Wow, masak jam 8 mah udah kesiangan banget buat sarapan anak mau ke sekolah gimana? Jadi, biasanya saya stok telur, ayam yang sudah diungep, ikan yang sudah dibersihkan, dan lain-lain.

3. Bumbu Jadi. Kalo saya di rumah sering masak sayur santan. Makanya rempong deh kalo mesti ngupas bawang dulu, giling cabe dulu. Wih, berapa menit masaknya? Jadilah saya stok bumbu jadi yang sudah digiling. Di pasar banyak en murah. Lumayan tangan nggak pegel deh giling bumbu. Pake blender? Ya tetap makan waktu, mengupas bawang, membersihkan sayuran, apalagi peras santan. Nah, enakan beli santan yang sudah jadi. Di pasar juga ada :) beli 5 ribu udah banyak loh :)

Nah, sekarang masak deh. Yuk, mencoba :)

10 komentar untuk "Agar Masak Cepat, Stok Bumbu Dapur"

  1. iya mak.. aku pun suka nyetock2 bumbu jadi..
    karna aku anak kost..
    yaa belinya dikit2 ajaa.. bumbu sop 2 rb.. 3 rb gitu..hehee
    mampir yuk mak ke blog ku
    http://mutheas.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Iya Mak, sama ya enakan nyetok hehhe, siap mampir deh :)

    BalasHapus
  3. belum punya kulkas, jadi belum bisa nyetok. Kalau pagi mesti beli di pasar deket rumah... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalo pasarnya dekat, enak jugga mak, bisa jalan kaki. sehat deh :)

      Hapus
  4. aku udah lama pingin nyetok gini tp ga jadi2 dilakuin..huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh semoga keingat ya Mak, kalo ke Pasar nyetok bumbu :)

      Hapus
  5. aku juga nyetokk mak, jadi kalo mau masaak tinggal cemplung cemplungin aja ke wajan hehehehe...lebih ringkes, apa lagi kalo punya baby ga bisa lamaa- lamaaa :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Mak, aku punya bayi 3 bulan. Masa gak bisa lama2 apalagi tanpa persiapan. wiih bakal rempong.

      Hapus
  6. sama nih Mbak..di Purwokerto jg mewabah stok siap pakai ala home industri, tak kalah dg yg bermerek lo :) dan pastinya sangat membantu kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, itu lebih asik ya Mak. sangat membantu itu, keren deh home industri bumbu jadi :)

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^