Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Selasa, 17 Maret 2015

Kenali Dirimu, Cegah Penyakit Jantung dan Stroke Sejak Dini

sumber foto : http://www.kaskus.co.id/
Pernah melihat pompa sepeda? Bagaimana jika pompa sepeda ujungnya ditaruh balon. Ketika dipompa, balonnya akan terisi gas. Membesar-membesar dan... Dooooor! Balonnya meledak! 

Begitulah ilustrasi ketika jantung yang memompa aliran darah tersumbat. Maka, peredaran darah menjadi tidak lancar. Akibatnya akan fatal sekali. Jika peredaran darah tidak lancar, maka kematian mendadak mengintai kita.

Saya jadi teringat kisah paman saya. Suatu hari paman saya ditemukan terjatuh dengan mulut berbusa. Dua hari dirawat di RS, nyawa beliau tidak tertolong. Penyebabnya stroke. Setelah ditelisik, beliau seorang pencandu kopi. Sehari bisa 4-5 gelas kopi. Padahal, idealnya, kita hanya boleh mengkomsumsi 2 sendok makan gula. Tapi, takaran kopi beliau adalah 1 sendok kopi dan 2 sendok gula. 

Kemudian, kita juga mendengar kematian mendadak Mbah Surip Penyanyi fenomenal Tak Gendong Beliau juga mati mendadak karena serangan jantung di puncak ketenarannya tahun 2003.

Kematian akibat penyakit jantung dan stroke kerap kali menjadi momok yang menakutkan. Di Indonesia penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi (7,6 juta per tahun) menyusul stroke di urutan ke-3 di dunia (12,1 per12,1 per 1000 orang).  Kerap kali penyebab penyakit jantung dan stroke karena pola makan dan gaya hidup. Lalu, bagaimana kita mencegahnya?

1. Food Combining

Istilah food combining adalah ungkapan untuk mengatakan tentang sebuah pola makan yang sehat dan seimbang. dr Teguh Aribowo dalam bukunya food combining menjelaskan pola makan food combining dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Pola makan yang tinggi serat banyak mengandung antioksidan yang sangat cukup untuk mengatasi berbagai penyakit. Selain itu, keseimbangan kadar asam dan basa sesuai dengan standar tubuh, yakni pH 7,35-7,45 membuat tekanan darah stabil, jantung sehat, dan terhindar keadaan stroke. 

Dalam aturan food combining, kita harus memperhatikan bahan makanan yang membentuk pH tubuh, yakni :1. Makanan pokok yang mengandung karbohidrat dikonsumsi bersamaan dengan sayuran.2. Sayuran dikonsumsi bersamaan dengan lauk-pauk yang mengandung protein.3. Makanan pokok tidak dikonsumsi bersama-sama dengan lauk-pauk yang mengandung protein, kecuali tahu dan tempe yang proteinnya sudah terurai.Pemisahan tersebut diharapkan agar seimbang dan tidak terjadi penumpukan unsur-unsur tertentu, sehingga unsur asam dalam tubuh manusia.
2. Olah ragaSediakan waktu untuk berolahraga. Tak perlu harus ke Gym Club. Anda dapat melakukan gerakan sederhana, seperti jalan kaki, bersepeda, berlari, berenang, dll. Jika Anda sibuk bekerja, sediakan waktu dengan meniru gerakan senam atau yoga melalu you tube.

3. Hindari merokokMerokok lebih dari 15 batang per hari dapat menyebabkan arteriosklerosis. Merokok menyebabkan kontaminasi benda asing sehingga terjadi penggumpalan darah dan pengerasan pembuluh darah atau arteriosklerosis. Menurut dr Dewata Dermawan SpPd, ahli penyakit dalam RS Internasional Bintaro, Tangerang dalam Trubus Januari 2008, jika tubuh tidak mampu memecah gumpalan itu, akibat paling parah adalah kematian mendadak. Jika tidak, terjadi kematian jaringan berakibat stroke dan metastasis tumor ganas.

4. Perkuat Iman Penyakit kerap hadir saat stress. Hindari rasa stress. Depresi kerap terjadi karena harapan tak sesuai harapan. Semakin parah jika orang di sekeliling tidak menyadari gejala ini. Nah, untuk itu teruslah perkuat rasa keimanan dengan banyak berdzikir, sholat malam, puasa, sedekah, bersyukur dan lainnya. 

Bagi Anda yang sudah terindikasi mengidap gejala penyakit jantung atau stroke, Anda dapat melakukan pemasangan ring/cincin (stent) jantung untuk menahan pembuluh darah agar tidak menyempit/ Tapi, biayanya sangatlah mahal. Ada alternatif yang jauh lebih murah dan aman. Yakni menggunakan  Terapi Jantung dan Terapi Stroke di Klinik Terapi Jantung dan Terapi Stroke.

Terapi yang dilakukan adalah dengan terapi ozon. Terapi ini teknologi Rusia. Ozon dihasilkan oleh sebuah mesin yang membantu memperlancar aliran darah, mengencerkan darah selalu bersih dan sehat. Hal ini akan menjadikan darah mengalir secara sempurna ke Jantung untuk membawa zat-zat energi penting yang dibutuhkan tubuh.

Jika Anda menyayangi diri sendiri dan tentu saja masa depan Anda, sebaiknya cegah penyakit jantung dan stroke sejak dini. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata, ‘Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Orang Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukaiAllah daripada orang Mukmin yang lemah.



4 komentar:

  1. jadi nambah tips lagi neh terkait penyakit jantung

    BalasHapus
  2. Iya ya bener, perkuat iman. Tips ini sering terlupakan, padahal penting banget. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, iya semoga iman kita semakin meningkat setiap harinya ya, amin

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...