Senin, 09 November 2015

Info Syarat Menulis di Majalah Ummi

Assalamualaikum sahabat Smart Mom, wah senangnya ya sudah Hari Senin lagi :) Uhuy berharap lebih banyak berkarya. Aku mau share syarat menulis di Majalah Ummi, semoga bermanfaat ya :)


Info Syarat Menulis di Majalah Ummi 

Ayoo menulis di Majalah UMMI!

Ummi, majalah Keluarga Muslim yang terbit setiap bulan. Ada beberapa rubrik yang membuka peluang bagi penulis -di luar redaksi- untuk mengirimkan tulisan. Rubrik apa sajakah?

DUNIA WANITA
1 halaman dengan panjang tulisan maksimal 3000 karakter. Berisi pengalaman pribadi, atau opini dengan sudut pandang perempuan.
Tips agar dimuat: 1) manfaatkan tema yg sedang in di bulan tersebut. namun kirimkan naskah tersebut minimal 2 bulan sebelum momen. Misalnya jika ingin menulis dengan tema ramadhan, kirim naskahnya di bulan-bulan April-Mei. karena proses penggarapan naskah dilakukan 2 bulan sebelum terbit. 2) Usahakan untuk mengambil topik atau pembahasan dengan agle yg unik. Misalnya ajakan utk berbelanja ke warung, saat banyak orang memilih belanja di mal/pasar. tentu dengan didukung argumen yang menguatkan topik tersebut.


CERPEN
2 halaman dengan panjang naskah maksimal 6000 karakter.
Tips: 1)ambil tema yang unik. Ummi menerima kira2 10-20 naskah baik online maupun setak setiap bulannya. namun, jarang yang temanya unik. konflik juga kurang tergarap jadi cerpen cenderung datang. 2)cerpen dengan setting suatu daerah yg khas dg dialek lokal, biasanya memiliki satu poin lebih dibanding cerpen yg setingnya tidak jelas 3)batasi jumlah tokoh, namun perkuat karakter tiap tokoh dalam cerpen tersebut

CERPEN ANAK
2 halaman, dengan panjang naskah maksimal 5500 karakter.
tips: pembaca cerpen anak, berusia 5-13 tahun. usahakan temanya sederhana, bahasanya mudah dipahami dan berhikmah. boleh cerita biasa, imajinasi (misalnya tokohnya debu/awan/angin/pohon) atau fabel.

Baca contoh cerita anak di Majalah Ummi di sini

PERJALANAN
2 halaman, panjang naskah 5700-an karakter
tips: pilih lokasi/daerah/kota/negara yg unik, bisa karena 'sesuatu' yang tak biasa di sana. boleh juga mengangkat sisi sejarah yang tak banyak orang mengetahuinya. mungkin ada agle yg berkaitan dengan keislaman, biasanya menjadi poin tambah dari tulisan tersebut. usahakan deskriptif, sehingga pembaca bisa membayangkan bagaimana perjalanan menuju kesana, suasananya bagaimana (panas/dingin/hangat), gambarkan keunikannya misalnya bentuk rumah, sapaan khas penduduk lokal, dll. sertakan foto, minimal 5 buah dengan ukuran file, kira2 500 kb- 1 MB. agar tidak pecah ketika di layout. berikan captoin/keterangan di bawah foto tersebut. foto bisa menguatkan isi artikel, bisa juga hal lain yg menarik namun belum termuat di artikel

Oya, naskah bisa dikirim ke kru_ummi@yahoo.com. atau dikirim ke redaksi Ummi, Jl. Mede No. 42A Utan Kayu, Jakarta Timur

Selamat mencoba ya :)

sumber dari sini :)

7 komentar:

  1. Terima kasih postingannya, Mbak Naqiyyah Syam. Maaf, jadi bukan Nuansa Wanita lagi, tapi Dunia Wanita, ya? Atau itu dua rubrik yang berbeda? Maklum, saya lama enggak lihat majalah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eia entar diralat ya, benar banget nama rubriknya diganti jadi Nuansa Wanita

      Hapus
  2. Utk artikel perjalanan spasinya berapa ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak ada ketentuan mbk, yang dicek panjang naskah 5700-an karakter

      Hapus
  3. makasih infonya ya mba... pengen nyobain :)

    BalasHapus
  4. Mbak.. Yang cerita lucu syaratnya apa? Makasiiih infonya ya, Mbak :-)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...