Sabtu, 14 November 2015

Mengenalkan Baju Adat Daerah Dengan Cara Menyenangkan Untuk Anak SD

Asyiknya Mewarnai Baju Adat

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Mengenalkan Baju Adat Daerah Dengan Cara Menyenangkan Untuk Anak SD. Saat Faris belajar menghapal pakaian adat, aku jadi ingat saat mengajar dulu. Aku mengenalkan anak-anak kelas 1 dan 2 dengan cara mewarnai. Yup, menghapal pakaian adat sesuai daerah dengan cara yang menyenangkan itu perlu agar anak-anak lebih mudah ingat. Sayangnya, tak banyak guru atau orang tua yang kreatif untuk mencoba hal baru. 

Berikut tips Mengenalkan Baju Adat Daerah Dengan Cara Menyenangkan Untuk Anak SD :

1. Membaca buku atau dongeng tentang nusantara
Iya aku mengenalkan Faris beberapa buku mengenai nusantara. Kebanyakan buku berupa pict book. 

2. Membeli tempelan di dinding harganya murah kok, sekitar 3 ribu
Ada banyak poster dijual bebas mengenai baju adat, rumah adat, alat musik tradisional loh. Bahkan sekarang lebih mudah bisa dilihat di internet dan bisa diprint.

3. Tebak gambar
Ajak anak menebak gambar dengan permainan tebakan. Misal, ambar yang sudah diprint diberikan ke anak untuk menebak asal daerahnya. Begitu juga gambar rumah adat dan alat tradisionalnya. 

4. Membeli buku Atlas (di sana banyak gambar pakaian adat).
Faris juga dibelikan peta sehingga kami di rumah senang melihat peta nusantara (Kalau ini Abinya yang menemani cara membaca peta).

5. Memakai baju adat
Faris saat TK meggunakan pakaian adat Lampung. Saat itu Faris senang sekali dan menjadi pengantin kecil di acara Hari Kartini. Faris dikenalkan pakaian adat yang Faris pakai dari Lampung.

Faris pakai baju adat Lampung saat TK B


Nah, sahabat Smart Mom, itulah tips Mengenalkan Baju Adat Daerah Dengan Cara Menyenangkan Untuk Anak SD, semoga Selamat mencoba sahabat Smart Mom :)


4 komentar:

  1. Menarik ini mom, singkat, padat, dan jelas.
    Dulu waktu saya kecil, ayah saya mengajari bagaimana menggambar bentuk2 objek sederhana. Dari hal2 kecil itulah saya bisa percaya diri mengikuti lomba gambar tingkat kecamatan hehehehe

    Kegiatan2 seperti itu melatih kinerja motorik halus anak2 ya mom :)
    Selain berlatih kreativitas, anak2 juga belajar budaya daerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup anak-anak pasti sangat senang bila belajar dengan menyenangkan :)

      Hapus
  2. Noted. Semoga bisa saya praktekkan juga buat Salfa nanti...

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^