Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Minggu, 27 Desember 2015

Alhamdulillah, Berkah Ngeblog



Alhamdulillah, berkah ngeblog :)

Assalamu'alaikum Sahabat Smart Mom,

Tahun 2015 segera berlalu, udah pada buat resolusi 2016 belum ya? Kalau aku belum secara tertulis sih tapi udah punya bayangan mau ngapain aja di 2016. Oiya, aku mau cerita mengenai apa aja sih yang telah kudapat dari ngebog di tahun 2015.

Aku baru rajin ngeblog di Tahun 2015 sejak beli domain. Iya, ibarat rumah. Blog berdomain itu sudah rumah sendiri kalo masih blogspot itu rumah kontrakan :) *tsaaah...* itu istilah temanku yang pernah kutanya beda blog berdomain dengan tidak. Apa pun bedanya, rasanya memang lain. Kalau kata Syahrini, sesuatu....

Dulu sih beli domain sempat galau. Kuatir ngeblog bisa lancar enggak ya? Bisa menghasilkan enggak ya? Karena diawal Tahun 2015 aku masih fokus ngirim tulisan ke media. Aku juga ikut kelas menulis ada 2 yang intensif banget, yakni Kelas Tangguh dan Kelas Kurcaci Pos. Nah, karena itu aku belum bisa fokus ngeblog *alesan* hahaha...


Lalu, makin lama, keinginan beli domain main kuat. Apalagi, kata temanku yang lainnya, kalau sudah domain sendiri, rezeki dari blog Insya Allah bakal deras, kayak kran air di Masjid #eh... lah kran rumahku airnya sedikit sih karena alatnya rusak hihihi... 

Berdasarkan iming-iming rezeki bakal mengalir itulah aku beli domain dan berganti naqiyyahsyam.com :) Lalu, apakah langsung mengalir deras? Aku ganti domaian sekitar 15 atau 17 Agustus 2015. Nanya ke teman gimana sih biar dapat job review? Lalu, apa jawabannya, "Kalau kamu  ganti domain bukan berarti ujug-ujug langsung dapat review. Itu biasanya dapat dari pertemanan dan tawaran langsung." Lain lagi kata senior di Blogger FLP, "Nulis aja yang banyak, enggak usah mikir job review deh! Nanti datang sendiri."

Sebagai Blogger Unyu, jleb banget dah kata-kata itu. Bimbang antara harus nulis untuk media atau aktif ngeblog. Tapi, pantang menyerah. Aku mencoba terus dan terus. Katanya harus ngeblog setiap hari, sesuai kata kunci, ilmu SEO, pakai foto yang diedit, semua aku coba :)

Tulis dan posting yang banyak sesuai niche. Mau blog lifestyle, mau blog khusus, akhirnya aku memutuskan blogku sebagai blog lifestyle dengan 3 fokus, yakni MPASI, ASI dan Parenting. Untuk yang lainnya sebagai penyemarak :)

Lalu, apakah job review itu langsung datang?

Oh tidak, butuh waktu buat rajin ngeposting tulisan di blog. Ada saja kendala. Karena belum menghasilkan jadi timbul rasa malas, rasa capek, rasa bosan. Akhirnya ubah niat. Ngeblog bukan buat ngejar job review, tapi buat mendokumentasi kegiatan anak-anak dan keseharianku sebagai ibu rumah tangga. 

Yes! Ternyata niat ngeblog beginian yang membuat aku makin asyik ngeblog. Buat mendokumentasi kegiatan anak-anak. Ya, terserah deh mau dibilang orang narsis pasang foto anak-anak. Yang jelas, di blog aku nulis kejujuran tanpa pura-pura kegiatan itu ada. 

Lalu, mulailah rajin posting tulisan di blog. Makin rajin ikutan lomba ngeblog. Itu pulsa modem cepat banget habisnya karena suka BW dan nyari info lomba hahaha...sempat dibetein ama suami karena erus minta diisikan pulsa modem. Lah, blogku belum menghasilkan sih....

Tapi, aku senang banget saat aku nulis pengalamanku tentang Manajemen ASI Perah (ASIP) seorang teman bilang, asyik loh bahasannya lebih jelas. Padahal aku udah baca yang lainnya, tulisan di blogmu lebih jelas. Duuh senangkan tulisan kita bermanfaat bagi orang lain. Itu lebih dari uang yang diharapkan!

Bulan ke bulan berlalu. Agustus, September, Oktober, November, dan kini Desember. Bulan-bulan yang telah kulalui itu menjadi saksi akan ikhtiarku untuk menghasilkan dari blog.

Alhamdulillah, berkah ngeblog di tahun 2015 ini :

1. Aku menang lomba menulis XL juara 2
2. Menang lomba di pojok pulsa
3. Menang GA yang diadakan Mbk Arin
4. Dapat Voucher
5. Tawaran kerjasama

Alhamdulillah, rezeki itu datang berkat perjuangan. Setelah berjuang bulan ke bulan plus doa yang panjang, akhirnya blog juga menghasilkan uang. Nah, buat sahabat Smart Mom yang pengen menghasilkan uang dari blog. Kuncinya adalah rajin posting tulisan (lebih diutamakan maksimal 3 tema besar) dan banyak pertemanan dengan komunitas blogger. Saat ini aku gabung dengan Blogger FLP, Kumpulan Emak2 Blogger, Blogger Muslimah, Blogger Perempuan, Warung Blogger, Food Blogger dan lainnya. 

Keuntungan banyak ikut komunitas blog adalah :
1. Dapat info job review
2. Dapat info lomba-lomba blog
3. Dapat info ilmu dunia blog, baik SEO, mempercantik blog dan lainnya
4. Silaturahmi

Yup, silaturahmi terus biar panjang umur dan memperlancar rezeki. Silaturahmi sesama blogger dengan santun. Jika ada masukan mengenai blog kita, terima dengan lapang dada. Misal, "Wih, blog kamu coba deh dipercantik pilih yang seo friendly." atau "Cek dong EYD-nya jangan asal bikin judul," hayyaah... terus ngejawab, "Suka-suka gue dong, blog gue!" Hadeeeh...ya sutraaa deh hahahaha...

Mau gimana lagi kalo ketemu orang kayak gitu, setiap orang beda-beda tujuan buat ngeblog. Ada yang ngeblog buat ngisi kepanatan, jadi ngomel-ngomelnya di blog aja. Ada yang pengen curhat aja di blog, ada yang buat ngumpulin info lomba-lomba doang, ikutnya entah kapan hihihi.... (ini dulu aku mah, sekarang udah insaf).

Apa pun tujuanmu, yuk ngeblog buat bermanfaat bagi orang lain. Isinya mengajak kebaikan dan lebih bagusnya menjadi blogger yang santun :) Semangat ngeblog Smart Mom

Alhamdulillah, berkah ngeblog :) kamu jadi mampir ke blog aku deh :) 


70 komentar:

  1. Alhamdulillah ya mbak, semoga berkah ngeblognya makin deras. Aamiin ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Kan belajar dari blogger lainnya seperti Intan yang sering menang heheh

      Hapus
  2. Alhamdulillah berkah ngeblog ya Mbak. Dulu tahun 2009 aku udah mulai punya domain dan hosting sendiri tapi blank setahun gak diapa2in. Terus nyoba ke WordPress eh gaptek akhirnya pindah ke Blogspot. Murni awalnya demi having fun dan hobby hingga Desember thn lalu mulai ganti domain TLD di www.linasasmita.com hanya demi memelihara semangat menulis biar nggak luntur. Nggak nyangka setelah itu job berdatangan walau tak sederas air kran di mesjid haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, makasih banyak telah membantu dan menjawab kalo aku enggak tahu, ilmu blogku masih sedikit

      Hapus
  3. alhamdulillah, semoga makin moncer rezeki ngeblognya ya, mba Naqi. siapa tahu dapet motor atau mobil juga dari ngeblog. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, doanya keren, doa yang sama buatmu.

      Hapus
  4. pake blogger atau wordpress template mbak? hostingy sendiri jg? assalamu'alaikum. semangat ngeblog gerbang.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh pasang nempel alamat blog hehehe template graatisan pake blogspot.

      Hapus
    2. sama mbak naqi. saya baru aja ngeblog domain sndiri baru lima harian. berkunjung ganti gerbang.net

      Hapus
    3. Insya Allah ntar aku berkunjung ya :)

      Hapus
  5. Aku baru berencana beli domaib pribadi tahun depan Mba', sukses terus ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses juga mbk. Yuk, sama-sama belajar.

      Hapus
  6. alhamdulillah..
    baru sebentr ya mak tp rejeki ngeblog dikau udh ngalir kayak keran masjid..
    :)

    BalasHapus
  7. "Blog berdomain itu sudah rumah sendiri kalo masih blogspot itu rumah kontrakan" WOW... bagus banget analoginya Mbak, aku masih blogspot tapi kagak perlu bayar kontrakan tuh, malah dapat penghasilan yang lebih gedhe dari bayar domain seputuh tahun he he he *peacee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu beternak blog mbk hehehe jauh lebih gede ya, berkah ngeblog.

      Hapus
  8. Aku juga lagi pengen ganti domain pribadi nih mbak, tapi masih galau. Bisa konsisten nulis nggak ya...? Sama pesis kayak kisahmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya galau suralau dulu. Tapi tekad baja buat ngisi blog.

      Hapus
  9. Alhamdulillah semangat terus ya mbak utk berbagi. Anyway mba kalo bukan domain sendiri misal masih ngontrak sama wordpress susah ya buat dapat job review? Aku sebenernya belum pengen ganti domain sendiri, lg pengen ngerajinin diri dulu aja buat nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata mau yang berdomain mbk. Rajinkan aja dulu, setelah mantap ganti domain.

      Hapus
  10. Akhirnya beralih jadi blogger ya mbak? Nulis untuk media cetaknya ditinggal? Atau dua2-nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak beralih 100% hanya fpkus yang berganti. Tetap nulis buat media cetak. Tapi target sudah berubah.

      Hapus
  11. Alhamdulillah yaa rejeki ga kemana. Aku jg suka males nih nulisnya, pdhl kuncinya kan konsisten yaa.. hihi...

    BalasHapus
  12. Aku juga lagi pengen ganti domain pribadi nih mbak, tapi masih galau. Bisa konsisten nulis nggak ya...? Sama pesis kayak kisahmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayolah beli aja nanti semangatnya lain loh kalau udah punya domain :)

      Hapus
  13. Alhamdulillah semoga tetep semangat yaa....

    BalasHapus
  14. Jd inget taon kmrn mba, abis beli domain bukannya jd rajin ngeblog malah blognya dianggurin setahun hehehe..

    BalasHapus
  15. Jd inget taon kmrn mba, abis beli domain bukannya jd rajin ngeblog malah blognya dianggurin setahun hehehe..

    BalasHapus
  16. Keren sekali sharingnya, Mbak Naqi.
    Iya, saya juga abis lebaran coba beli domain.
    Memang biar dapat job. Lah, gimana mau dapat job, nulisnya aja masih bolong-bolong hahahha...
    Tapi sudah ada niat dalah hati sih, semoga tahun 2016, saya makin nulis di blog hahahha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun 2016 makin semangat ngeblog dan tulisan ke media makn lancar jaya ya mas baim.

      Hapus
  17. alhamdulillah ya mba... kalau saya ngeblog baru sebatas hobi aja nih meski sudah niat mau rajin. ya setidaknya untuk dokumentasi tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mbk ntar bisa tancap gas kalo udah memilih mau aktif ngeblog.

      Hapus
  18. Semangat mba Naqi...2016 lebih bersinar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin doanya, makasih mbk arin. Sebagai salah satu blogger inspirasiku.

      Hapus
  19. keren mbak Naqi...aku masih belajar nih nulis di blog
    terus semangat nulis ya mbak
    bagi2 ilmu buat org spt aku yg masih kurang rajin nulisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, sama-sama. Aku juga terus belajar. Yuk saling menyemangati :)

      Hapus
  20. Keren ya mak rejeki mu wusss wussss cepet..aku masih nubie di dunia pembloggeran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, enggak wus-wus dalam kedipan mata, semua berawal dari nubie juga hehhee

      Hapus
  21. Alhamdulillah... Semoga berkah ya, Mbak Naqiy. Ynt masih galau walau udah beli domain. Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah terima kasih Yanti, ikuti kata hati mana yang nyaman aja Yanti :)

      Hapus
  22. Semangat mak! Semoga berkahnya terus mengalir di 2016.

    BalasHapus
  23. Alhamdullilah, semoga terus menginspirasi Mak Naqy, semoga tahun 2016 semakin berlimpah rezekinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terima kasih Mbk Tya, yang juga penuh inspirasi. Amin...

      Hapus
  24. suami web developper, tapi istrinya disuruh ngeblog males belajar. hahaha
    Baru aktif ngeblog lagi saat tiba-tiba beliau bikinin blog TLD dengan nama domain pake nama panggilan. hihihihi
    tapi belum bisa menentukan fokusnya kemana. :D

    Moga makin berkah ya, mbak Naqi. Aku sering ngintip blognya Mbak, tp jarang komen karena jaringan GSM leletnya ampuuuunn. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung. Yuk, mbk diaktifkan blognya. Seru deh hehhee

      Hapus
  25. Salam. Keren dan inspiratif tulisannya bunda, semoga suatu hari bisa mengikuti jejaknya amiin

    BalasHapus
  26. Salam. Keren dan inspiratif tulisannya bunda, semoga suatu hari bisa mengikuti jejaknya amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, terima kasih semoga makin semangat ngeblog ya :)

      Hapus
  27. Merinding bacanya.... Btw, makasih tuk suportnya ya Mbak Naqi.
    Barakallahu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbk Liza, semoga makin sukses ya :)

      Hapus
  28. jadi gemeeees baca tulisan bunda Naqi yang penuh semangat cus cus cus :) aku baru punya blogspot, bund. itupun isinya amburadul. cuilan tulisan, curhat ngga jelas. dan tampilan yang ngga baget!
    semoga setelah ini jadi makin semangat ngurus rmah kontrakanku., (biar disayag Alloh dan cepet pindah rumah hi hi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat, nanti lama-lama bakal rapi kalau dirawat dengan telaten. Dibuat target aja :) met mencoba :)

      Hapus
  29. Wah jadi tambah semangat ngeblog nih mb..thanks ya

    BalasHapus
  30. Silaturrahim menambah rejeki, termasuk silaturrahim di dunia maya yah mba.

    BalasHapus
  31. Keuntungan lainnya :) makin banyak pula yang mengunjungi blog kita :)

    BalasHapus
  32. Kadang cuma sibuk posting, belum pernah mencicipi hasil langsung berupa materi 😃

    BalasHapus
  33. Pakai domain sendiri keliatan lebih profesional. Lebih mudah ingat & ngetik nama blognya juga hehe.

    BalasHapus
  34. iyaa...berkah ngeblog, saya jadi sering baca tulisan Mbak...

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...