Senin, 14 Desember 2015

(Parenting) Belajar Abjad Bersama Pertualangan Si Boci

Alhamdulillah Fatih sekarang sudah enjoy ikut PAUD. Waktu awal suka pernah ngambek dan nangis. Kini, setiap pagi selalu minta mandi mau sekolah. Perkembangan lainnya juga mulai banyak. Kini sudah jarang tantrum. Ngomong juga sudah mulai jelas. Dari sekian banyak perkembangan itu, paling terlihat adalah Fatih suka belajar menulis dan menggambar. Di rumah aku memang tidak memaksakan anak-anak belajar menulis dan menggambar. Tapi, aku mencoba memfasilitasi. Misalnya aku belikan buku, pensil, crayon, buku gambar, dll.





Fatih sering melihat Mamasnya belajar jadi senang ikut menulis dan menggambar. Di PAUD, anak-anak memang diajarkan mengenal abjad A-Z dan bilangan. Tapi, belum terstuktur rapi. Masih bermain-main, belum ada target besar. Namun, beberapa anak yang aku lihat, sudah bisa menulis abjad karena di rumah memang diajarkan orang tuanya. Di PAUD, Fatih diajarkan menulis huruf a dengan bernyanyi. Misal huruf a itu garis lurus, ke bawah, kasih perut tapi kalo ngetik susah ya lurus begitu hihihi... Sampai rumah, Fatih sudah bisa menirukan cara menulis huruf a. 

Huruf a - garis lurus, ke bawah, kasih perut 


Oiya, aku jadi teringat. Waktu Faris masuk TK, Faris suka nulis dengan huruf kapital. Faris selalu menolak menulis huruf kecil. Inilah kesalahanku, aku mengenal abjad langsung huruf kapital. Dulu, aku tak memperhatikan ini. Waktu aku ngajar SDIT di kelas 1, aku menemukan murid yang kesulitan menulis huruf latin ini. Sebabnya sama, dia terbiasa mengenal huruf kapital. 

Orang tua sebenarnya bisa saja membeli kanton huruf yang ditempel di dinding. Tapi, aku sarankan jangan langsung mengenalkan huruf kapital, dimulailah dengan huruf kecil. Agar memori anak terekam bahwa huruf abjadnya dimulai huruf kecil.

Lalu, aku ingin mengajak Fatih belajar mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan. Setelah browsing, aku menemukan aplikasi yang pas buat menunjang belajarnya yaitu aplikasi pertualangan si boci. Setelah punya aplikasi ini, aku lebih mudah mengajarkan abjad kepada Fatih. 






Melihat gambar yang menarik dan alat transportasi yang lucu membuat Fatih suka sekali. Biasanya, usai pulang PAUD, Fatih aku izinkan bermain aplikasi pertualangan si boci bersama adiknya Aisyah (15 bulan). Dari permainan itu aku juga menerangkan cara menulisnya.






Nah, di aplikasi Pertualangan Si Boci ini mengajak anak-anak belajar mengenal huruf. Selain mengenal huruf, anak-anak dapat menyentuh dan menarik garis sendiri. Dengan cara menghubungkan garis-garis dengan 3 alat transportasi pilihan, seperti pesawat, kapal dan kereta api. Menariknya, ada hewan yang ada lucu banget permainan ini, yakni si Boci sebuah hewan bunglon.

Oh ya,  Sahabat Smart Mom, perlu mengenalkan apa itu bunglon ya. Biar si buah hati jadi mengenal hewan ini. Yup, hewan yang dapat berganti warna sesuai tempat yang ditempelinya :) Itulah kisahku mengenalkan huruf kepada Fatih lewat Pertualangan si Boci. Bagi sahabat Smart Mom yang berminat, bisa diunduh du playstore . Ada beberapa piliham seperti membedakan warna, menulis huruf, membaca dan lainnya. Cocok untuk anak usia 2-6 tahun. Jika anak-anak sudah belajar menulis huruf, jangan lupa ajak anak berdoa karena semua ilmu bersumbernya dari Allah Swt. Semoga ananda suka dan giat belajar mengenal huruf.

Selamat mencoba ya!

9 komentar:

  1. Belajar sambil bermain pasti asyik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, asal menyenangkan anak tidak akan terbebanišŸ˜Š

      Hapus
    2. Iya bunda, asal menyenangkan anak tidak akan terbebanišŸ˜Š

      Hapus
  2. wahh asyiknya bisa belajar bersama,, pasti lebih menyenangkan dan semangat ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, anak-anak suka banget sembari belajar tapi tetap bermain hehehe

      Hapus
  3. wah asyiknya belajar sambil bermain. Wah emaknya haru bener-benerk kreatif ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuul, yuk mak dicoba aplikasinya :)

      Hapus
  4. buat usia anak pra tk atau tk ya mak, boci ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok untuk anak usia 2-6 tahun, Mak :)

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...