Selasa, 19 Januari 2016

5 Permainan Cerdas Untuk Anak Balita


5 Permainan Cerdas Untuk Anak Balita

Assalamualikum, apakabar Sahabat Smart Mom? Semoga sehat. Selamat sore, semoga hari ini hari yang menyenangkan. Semoga makin lancar rezekinya ya. 

(Parenting) Suatu hari, ada teman yang tanya, "Mbk, mainan apa ya buat anak balita?" Saat itu dia bingung, anaknya yang usia 3 tahun, laki-laki mau diajak bermain apa saja? Aku jadi teringat saat Faris masih usia 3 tahun, Faris senang sekali bermain. Bicaranya juga sudah lancar. Sejak usia 2,5 tahun Faris sudah lancar bicara. Malahan, pas TK, gurunya bilang, "Faris ngomongnya EYD banget." Hahaha.... padahal enggak disengaja sih belajar bahasa indonesia banget. Hanya saja, di rumah, aku dan suami memang lebih banyak bicara menggunakan bahasa indonesia dibanding bahasa daerah. 


Suamiku sih aslinya Lampung-Jawa. Sedangkan aku Bengkulu-Palembang, tapi lahir di Jambi. Nah, loh campuran bangetkan? Jadilah kami memilih menggunakan bahasa indonesia. Apalagi jika bertemu keluarga besar, kami menggunakan bahasa indonesia. 

Namun, kami tidak melarang anak-anak belajar bahasa daerah. Contohnya, saat di Padang, Faris sudah bisa bahasa minang. Saat mudik ke Bengkulu, Faris belajar bahasa Bengkulu. Enggak apalah anak kaya bahasakan?

Oiya, saat Faris balita, aku masih mengajar. Jadi, Faris lebih banyak di sekolahan. Faris ikut ke PAUD atau penitipan anak. TK Faris juga dekat dengan SD tempat aku mengajar, jadilah hampir seharian Faris ikut sekolah hehehe...

Nah, ini ada 5 permainan edukasi untuk anak balita yang pernah aku ajarkan kepada Faris :

1. Nonton CD Mimi Kelinci dan Bermain Peran dengan Boneka Mimi Kelinci
Salah satu Faris pintar menggunakan bahasa indonesia adalah suka menonton CD Mimi Kelinci. Dulu, aku menyicil beli CD Mimi Kelinci dengan teman yang jualan CD Islami. Sekarang lebih mudah lagi nyari di youtube ya? Film anak Mimi Kelinci ini pas banget buat anak usia 3-5 tahun. 

Contoh CD Edukasi Untuk Anak Usia 3-5 Tahun, Mimi Kelinci
Dari CD Mimi Kelinci ada juga bonekanya loh. Soalnya dulu aku beli 1 set. Jadi Faris bisa belajar peran juga. Yakni, belajar menjadi kelinci dan teman-temannya. Seru banget. Faris juga mudah belajar berhitung dan mengenal huruf dengan CD ini loh. 


Faris dan boneka Mimi Kelinci
2. Bermain Minatur Hewan
Miniatur hewan ini Faris suka banget. Biasanya bermain di lantai. Ada pohon, harimau, singa dan monyet. Ya, Faris diajak juga bercerita. Sambil menunjukkan hewan, Faris akan menyebutkan suaranya dan mulai membuat dongeng sendiri hihihi.... Faris kecil memang sudah senang banyak ngomong :)

Hutan karya Faris

3. Bermain Lego
Faris juga suka bermain lego. Menyusun lego dalam berbagai bentuk. Seperti membuat dinasourus, mobilan, kincir angin, hingga menara. Seperti gambar di bawah ini, Faris membuat menara sampai tinggi :)

Menara lego karya Faris

4. Bermain Lempar Boling
Faris kecil senang bergerak. Suka berlari kesana-kemari. Aktif deh anaknya. Jadi, kegiatan motorik kasar harus sering distimulus. Salah satunya, aku belikan mainan lempar boling. Permainan ini juga bisa mengajak anak berhitung. Sembari menyusun boling diajak berhitung dengan keras. Berapa yang roboh kena lempar bola dan berapa yang masih berdiri? Nah, asyikkan belajar berhitung sambil bermain?

Bermain boling sambil berhitung

5. Menggambar dan Mewarnai
Faris masih kecil suka menggambar. Apa yang tontonnya atau dilihat pasti digambar. Gambar pertama yang bisa digambar Faris adalah gambar laba-laba. Bulat terus dikasih garis pinggir-pinggirnya. Itu karena di depan rumah kami ada pohon kaktus besar yang ada laba-laba besar. Faris sering melihat laba-laba itu dan terobsesi ingin menggambar laba-laba yang banyak. Jadilah penuh buku gambar dengan laba-laba :)

Faris menggambar laba-laba
Selain menggambar, Faris suka juga mewarnai. Aku membelikan krayon dan meja lipat juga buku untuk mewarnai. Tapi, aku tidak memaksakan Faris warna tertentu untuk mewarnai benda yang diinginkannya. Aku bebaskan Faris mewarnai.

Pernah suatu hari Faris mewarnai pohon dengan warna hitam. Aku tidak langsung bilang, "Loh, Mas, Itu pohon warnanya hijau!" tidak, aku tidak menyalahkan. Aku malah bertanya, "Faris, kenapa pohonnya warna hitam?" Faris bilang, "Pohonnya terbakar, Mi!" oow... ternyata imajinasinya, pohon itu daunnya terbakar dan memang saat itu musim kemarau dan Faris pernah nonton berita kebakaran. Tuh kan Sahabat Smart Mom, anak-anak itu penuh imajinasi, enggak harus bisa mewarnai bagus. Enggak harus jangan keluar garis, licin, dan penuh. Bebaskan saja. Memang citra rasa seni setiap orang berbeda. Ketika gurunya juga menegur mengapa Faris mewarnai selalu "berbeda" warnanya dengan temannya, aku hanya tertawa dan menjelaskan, imajinasi Faris berbeda dan tidak mau seperti yang biasa dia lihat :) 

 Ini beberapa karya menggambar dan mewarnai karya Faris yang penah aku upload di facebook tanggal 16 September 2010. Berarti gambar ini diambil saat Faris berusia kurang lebih 4 tahun.

Hasil menggambar dan mewarnai Faris diusia 4 tahun
Nah, itulah 5 permainan cerdas untuk anak balita versi aku yang pernah aku coba untuk Faris. Alhamdulillah Faris sekarang penuh dengan imanjinasi dan tumbuh cerdas :) Insya Allah. Semoga pengalamanku bermanfaat ya, Mom :)


15 komentar:

  1. Penasaran sama CD Mimi Kelinci itu. Udah ada di You tube ya. Coba nanti dicari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, banyak sekarang di Youtube bagus loh isinya, ada abjad, berhitung dan musik. Dulu Faris punya judul lengkap.

      Hapus
  2. Fariss pinter...sama aku juga penasaran sm yg cd mimi kelincinya,,Zyan (2th) kayanya suka tuh.. Cuusss deh mak aku mau nyarii ahh.. Hehehe... Semangat teruss Faris,,salam kenal dr zyan.. :-)

    BalasHapus
  3. garis imajinasinya oye nih..
    jd pgn ngintip mimi kelinci jg
    tengkiu sharenya y mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mbk :) ayo mbk dilihat Mimi kelincinya

      Hapus
  4. Imajinasi anak itu luar biasa y. Raisa jg sy biarin mewarnai sesukanya ga kitaa tentuin harus warna apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, imajinasi anak itu kadang tak terduga :)

      Hapus
  5. wah asyiknya faris bisa main sama boneka kelinci. cari di youtube juga aahh. makasi ya mba naqy infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ayo diajak anak bermain peran, bukan sekedar bonekanya

      Hapus
  6. anak saya suka banget main lego Mbak :)
    pengen punya cd mimi kelinci juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anak saya juga suka banget buat2 untuk lego hehe

      Hapus
  7. Asma punya permainan seabrek yang beda lagi.:D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...