Rabu, 20 Januari 2016

Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Paling Digemari

oleh-oleh khas Bengkulu yang paling digemar


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Pernah ke Bengkulu? Jika belum, Provinsi Bengkulu termasuk Pulau Sumatera. Tempatnya memang tidak terlalu ramai dibanding kota besar Medan atau Lampung. Tapi, sekarang Bengkulu sudah banyak perkembangan. Salah satunya, Bengkulu sudah ada Gramedia, Bioskop 21 dan beberapa Mall lainnya. Idih, kok parameternya begitu? Hehehe... kalau aku sih menilai tempat dari segitu begitu karena ada sebabnya loh. Jika ada toko buku besar, berarti banyak ilmu yang bisa diserap. Jika ada bioskop, ya seru abis kan bisa nonton film yang lagi hits, seperti Ketika Mas Gagah Pergi yang besok tayang serentak di Bioskop 21 seluruh Indonesia. Hadeeeh bikin mupeng aja. Sayangnya, di Padang tidak ada Bioskop 21. 


Saat di Bengkulu lebaran lalu, aku dan keluarga kecilku mencari oleh-oleh khas Bengkulu. Faris ingin membeli gantungan kunci untuk gurunya. Suamiku ingin membeli kopi dan kue tat untuk dosennya. Sedangkan aku? Aku ingin sekali melihat kain batik yang ada di toko oleh-oleh hihihi.... ya kangen aja sih lihat koleksi Batik Besurek Bengkulu :)

Nah, buat yang belum pernah ke Bengkulu boleh baca-baca dulu oleh-oleh khas Bengkulu yang paling digemari :

Kue Tat
Kue ini khas Bengkulu. Dikenal juga dengan nama Juada Tat atau Juada Bay Tat. Bentuknya ada yang persegi empat dan ada yang berbentuk bulat seperti kue pie. Kue ini dilapisi selai nenas. Rasanya lembut, manis dan renyah. Konon, katanya sih, ini kue makanan khas para raja Bengkulu. Sayangnya kue ini kurang populer dibanding kue-kue tradisonal di kota lainnya. Untuk harga kue tat ada yang seharga Rp. 25.000 per kotak dan ada yang harga Rp. 35.000 per kotak

Gantungan Kunci Bunga Rafflesia
Gantungan kunci lebih umum dan bisa diberikan untuk semua usia. Oleh-oleh ini lebih praktis karena tidak akan sulit mengepaknya. Tinggal disimpan di dalam tas. Beda dengan oleh-oleh makanan ringan. Salah menyimpan, rasanya akan lain.

Batik Besurek Bengkulu
Siapa yang kenal batik? Kenal dong ya. Orang Indonesia pasti kenal batik. Namun, Batik Besurek Bengkulu masih sedikit yang kenal. Pejabat yang lalu lalang di TV sepertinya masih sedikit yang promo Batik Besurek khas Bengkulu. Harga kain batik besurek beraneka ragam. Ada yang semeter Rp. 100.000 dan ada yang lebih murah. Bentuknya tidak hanya kain, tapi juga ada baju, topi, dompet, sendal, kopiah, tas, dan lainya.

Miniatur Tabot
Tabot terkenal sebagai icon pariwisata Bengkulu. Walau di Padang, juga ada tradisi tabot.  Tabot sering diadakan saat 1-10 Muharram. Sampai saat ini, Kota Bengkulu masih melestarikannya untuk menarik para wisatawan.

Kue Siput
Kue ini seperti siput. Cemilan khas Bengkulu. Terbuat dari tepung dengan isi kacang digulung seperti siput. Rasanya renyah. Ada yang berbalut gula merah dan ada yang asin. Harganya dimulai dari Rp. 15.000/ plastik.

Nah, ngomong-ngomong soal oleh-oleh. Berdasarkan pengalaman yang pernah membeli oleh-oleh dengan kemasan yang kurang rapat, sehingga rasanya jadi tengik. Aku jadi berdiskusi dengan suami.

“Ada enggak sih alat yang membuat kemasan makanan jadi tahan lama dan tidak mengubah rasanya?”

mesin vakum makanan
Ternyata ada! Namanya mesin vakum makanan. Mesin ini bermanfaat untuk mengemas secara vakum dengan cara menghampakan udara pada kemasan

Masih bingung cara kerja mesin vakum makanan?

Begini, jika makanan yang mengandung minyak (lemak), protein, karbohidrat dan air jika ada oksigen (udara), maka ada mikro yang tumbuh. Pada makanan yang berminyak (berlemak) akan teroksidasi, makanya rasanya jadi tengik (tidak gurih lagi).

Mesin Vakum Makanan
Mesinvakum makanan ini diperlukan agar makanan yang dikemas tahan lama, lebih fresh dan segar. Apalagi jika pengiriman yang membutuhkan waktu yang lama. Dikuatirkan barang akan busuk saat pengiriman. Nah, alat ini sangat membantu. Jualan Anda akan lebih awet tahan 15-20 hari.

Jadi, jika Anda ke Bengkulu dan membutuhkan oleh-oleh khas Bengkulu yang paling digemari, pilihlah makanan yang tahan lama. Selamat jalan-jalan ya! 

12 komentar:

  1. penasaran sama kue tat nya, kaya apa ya pastinya uenak. Mesin vakum nya sip banget ya, bikin makan awet dan tetep kreesss

    BalasHapus
  2. saya pernah jualan beras hitam dan beras merah, kemasannya kurang rapat shg kutuan. mana buanyaaaaak lagi hiks, akhirnya sebagian dikasih ke tetangga yg miara ayam :(

    BalasHapus
  3. Pengin batiknya. Saya suka batik :D

    BalasHapus
  4. kue siput : saya pikir kue yang bahannya dari siput mbak. :)

    BalasHapus
  5. Aku mau dong mbak dikirimin miniatur tabotnya

    BalasHapus
  6. malah pengin bisa beli yang kayak gtu kalau jualan kan nggak cepet basi yah

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...