Rabu, 20 Januari 2016

Pijat Bayi Mudah dan Menyenangkan? Bisa!


Pagi yang cerah saat aku melaju membelah kota Padang. Sabtu, 16 Januari 2015, aku bersama Faris dan Fatih pergi ke Klinik My Lovely Child (MLC) untuk mengikuti kelas pijat bayi. Kali ini, Aisyah di rumah bersama Abi. Pas mau berangkat Aisyah tidur, jadi kami putuskan berbagi peran. Abi menjaga Aisyah di rumah dan aku mengajak Faris dan Fatih ke MLC.

Sampai di MLC, aku sedikit telat. Kelas sudah dimulai. Aku diajak ke dalam ruangan oleh Mbk Ayu. Sampai di kelas sudah ada instruktur dan 2 orang ibu bersama bayinya. Aku yang tidak membawa bayi hanya melihat peserta mempraktikan ilmu pijat bayi ini sambil mencatat deh :)

Instruktur pijat bayi itu bernama Rani. Seorang lulusan bidan. Awalnya Rani seorang konselor ASI dan akhirnya mengambil sertifikat sebagai instruktur pijat bayi.


Menurut Rani, belum banyak orang tua, terutama ibu yang mau belajar memijat untuk bayinya. Padahal, bayi yang rutin dipijat banyak manfaatnya. Pijat ini berbeda dengan pijat yang di tempat tukang pijat bayi. Pijat yang dikenalkan adalah pijatan berasal dari India yang dikembangkan oleh Pimala. 

Saat memijat bayi untuk 0-12 bulan, Apa saja persiapannya?

Ini persiapan pijat bayi : 

1. Ruangan yang hangat atau suhu sesuai dengan kebutuhan. Tidak terlalu dingin jika memakai AC.
2. Hindari tempat yang banyak gambar atau hiasan, agar anak fokus dengan ibunya saja.
3. Atribut yang digunakan ibu dilepas, seperti gelang atau cincin yang menganggu saat memijat bayi.
4. Tempat tidur yang datar
5. Handuk
6. Minyak

Saat memijat usahakan bayi sudah makan. Lalu, pijat bayi yang benar. Salah satunya dengan cara menyiapkan  waktu yang sama saat memijat. Misal, jika ibu bekerja, bisa memijat saat sebelum atau sesudah mandi sore, maka rutin setiap waktu itu memijat bayinya. Ada juga ketika bayi sebelum mandi pagi, setiap waktu itu bayi dipijat.

Saat memijat diawali dengan oleskan minyak ke telapak tangan dan siwing-siwing (mengosok-gosok telapak tangan)  di dekat telinga bayi sembari menyebut namanya. Contohnya boneka ini bernama Lusi.

"Lusi... kita pijat dulu yuk. Boleh ya?"

Rani sedang mengarahkan cara memijat bayi

Dua peserta yang siap belajar pijat bayi mudah dan menyenangkan

Nah, sahabat Smart Mom, memijat bayi harus memanusiawikan bayi. Minta dulu izin kepada bayi untuk memijatnya. Pijat bayi dilakukan saat bayi tenang. Jika rewel ingin menyusui, hargai bayi. Hentikan sejenak. Lalu lanjutkan pijatan ketika bayi sudah nyamman.

Tahapan-tahapan pijat bayi adalah dimulai dengan memilih minyak. Sebaiknya, minyaknya harus minyak yang mengandung esensial atau mengandung tumbuh-tumbuhan. Minyak yang dipakai di MLC ini mengandung tumbuhan anggur, harganya sekitar 75 ribu. Manfaatnya, minyak ini semakin dipakai, minyaknya dingin, meresap beda dengan minyak lain, akan terasa panas. Selain minyak ini dapat digunakan minyak zaitun sebagai alternatif. Hindari minyak yang berbau ya Mom :)

Pijat bayi baru lahir dapat dilakukan, tapi saat baru lahir diperlukan kedekatan dengan ibunya. Intinya, pijat bayi adalah setuhan dengan ibunya. Pijat bayi sebuah bonding. Sebenarnya bonding ini sudah terjadi sejak bayi dalam kandungan, tapi akan lebih erat lagi jika dilakukan pijatan bayi.

Pijatan bayi banyak manfaatnya. Menurut Rani, pijat bayi bermanfaat untuk  menstimulus bayi, meringankan keluhan pada bayi (misal bayi yang terserang kolik), relaksasi, melancarkan peredaran darah, dan lainnya.
  
Pijat bayi ini saat anak demam dan biasa tidak ada beda gerakannya. Hanya saat memijat anak demam, bayi sedikit lebih rewel dibanding saat sehat. Jadi, jika anak berontak dan menolak dipijat. Ibu segera hentikan. Tunggu anak akan tenang dan siap dipijat kembali. Tapi, untuk bayi yang sudha biasa dipijat, apalagi waktunya sudah sama. Bayi akan tahu dan tidak berontak saat dipijat. Bayi akan hapal waktu dipijat. Nah, serukan Mom, bayinya anteng dipijat :)

Serunya dua bayi dipijat oleh ibunya. Tuh lihat sadar kamera hihihi... :)
Pelatihan di Klinik MLC ini, selama 4 kali pertemuan. Ada yang group dan privat. Saat pelatihan akan berbeda dan terlihat kedekatan ibu dan anak. Jangan salah, pesertanya juga bisa sepasang suami istri loh. Bahkan ada seorang bapak yang membantu istrinya bergantian belajar memijat bayinya. Wow, keren! Bapak yang hebat ya? :)

Cerita Rani, ada hal yang berkesan saat kelas pijat bayi. Suatu hari, ada bayi yang awal pertemuan rewel dan menolak dipijat. Tapi, saat sesi berikutnya mulai terlihat anteng dan lama-lama enjoy sekali dipijat ibunya. Inilah contoh ternyata pijatan bayi dengan sentuhan ibu membuat anak menjadi tenang. 

Jika anak yang rewel, dapat diterapi dengan pijatan.  Bahkan anak yang tantrum dapat diberi terapi dengan pijatan bayi, salah satunya pijatan sambil mendongeng. Wah, kapan-kapan aku mau belajar lebih lanjut ah :)

Nah, inilah tahapan-tahapan pijat bayi yang diajarkan di Klinik My Lovely Child (MLC) :

1. Panggil nama bayi
2. Minta izin buka baju pada bayi
3. Siapkan handuk dan taruh di atas kepala bayi
4. Taruh minyak ke telapak tangan lalu siwing-siwing ke telinga bayi sembari memanggil nama dan minta izin
5. Mulai memijat bayi

Dek, kita pijat ya, izin buka bajunya ya sayang :)

Bagian Pijat Bayi :

Kaki
Caranya : pegang kaki bayi dari pangkal paha, lalu gerakan tangan ke bawah secara bergantian seperti memerah susu.

Lalu, pegang kaki bayi pada pangkal paha dengan kedua tangan secara bersamaan. Persa dan putar kaki bayi dengan lembut dimulai dari pangkal paha ke arah mata kaki.

Selanjutnya telapak kaki, urut telapak kaki dengan kedua ibu jari secara bergantian. Caranya dimulai dari tumit kaku menuju jari-jari ke seluruh telapak kaki.



Gerakan kaki
Dada
Pijat dada dengan gerakan open book seperti membuka buku

Perut
Letakkan kedua tangan di atas perut. Tangan kanan memutar seperti jarum jam angka 9 ke 5 dan tangan kiri seperti bulan sabit saja.

Jika bayi lelah dan mengantuk, bayi ditenangkan dulu ya Mom, silakan gendong dulu :)

Oiya Mom, gerakannya memang tidak lengkap ya aku tampilkan di sini. Gerakan ini ekslusif tidak ada video pijat bayi yang disiapkan oleh instruktur. Jadi, peserta langsung melihat. Bahkan hand out dari kelas ini berbahasa inggris, tidak diterjemahkan. Harapannya, para ibu langsung belajar dan memahami gerakan tiap gerakan pijatan dari instruktur. 

Siang telah menjelang, ketika kelas berakhir. Salah satu bayi sudah tertidur pulas. Tak perlu kuatir Mom jiak ketinggalan gerakan. Setiap pertemuan akan direview kok oleh instrukturnya.

salah satu bayi tertidur pulas :)
Usai kelas berakhir, kedua peserta sudah pulang. Mulai kerasa nih haus dan laparnya hahahah...sayang sekali enggak ada diberi snack, padahal kelasnya selama 2 jam loh, hihi...untungnya aku bawa bekal minuman dan makanan ringan anak-anak :)

Ketika peserta sudah pulang, aku sendiri nih pengen praktik memijat bayi. Berhubung enggak ada Aisyah, aku belajar dengan boneka.

siapkan handuk biar kepala bayi tidak kemana-mana, terutama bayi baru lahir :)

Diajar langsung dengan instrukturnya cara pijat bayi 

Memijat perut bayi harus hati-hati

Gendong yuk, boneka :)

Menjelang dzuhur aku berpamitan, berharap bisa lain kali dapat ilmu pijat bayi lagi. Nah, buat sahabat Smart Mom yang di Padang, ingin ikut kelas pijat bayi, silakan hubungi Klinik My Lovely Child di Jalan Perintis Kemerdekaan No 19. Padang Telp 0751-21433 / 082388266333. 

Semoga bermanfaat ya! Yuk, pijat bayi!

17 komentar:

  1. Wah, bisa dipraktekin kalo nanti udah lahiran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik, iya Mbk seru memijat bayi :)

      Hapus
  2. pijat bayi bisa bikin anak menjadi tenang dan nyaman :)

    BalasHapus
  3. Wah.. seru latihannya..
    dulu waktu Hasna masih bayi sering aku pijat sendiri, tapi skrg hampir 2th susah banget kalau mau dipijat, udah mau lari aja bawaannya.
    trus pijatnya juga pakai minyak telon atau baby oil aja, pakai essential oil mihil.... hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi sama Mak, aku pake minyak zaitun deh :) iya anak sulung juga jarang pijatan lagi. tapi sesekali dia minta dipijat :)

      Hapus
  4. nyimak...siapa tau aja...pny lagi :D

    BalasHapus
  5. mijat bayi emang asyik... biasanya kalao anak capek..suka pake minyak bawang juga... biar ga masuk angin..

    BalasHapus
  6. Biasanya kalau habis dipijat bayi tidurnya memang lebih nyenyak yah :))

    BalasHapus
  7. Boleh saya coba buat ponakan nanti neh. Sejak bayi, anakku juga suka banget pijat, sampai sekarang malah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, anak akan lebih nyaman dengan sentuhan ibunya :)

      Hapus
  8. Aku baru ngelakuin pijat bayi sendiri pas anak kedua. Krn anak pertama masih tinggal bareng ibu jadi ibuku manggil tukang pijat bayi..

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...