Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Rabu, 24 Februari 2016

Tips Memilih Mainan Anak di Usia 0 Hingga 5 Tahun dengan Mudah


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Tips Memilih Mainan Anak di Usia 0 Hingga 5 Tahun dengan Mudah. Moms, dalam membeli mainan anak kita perlu melakukan berbagai macam pertimbangan. Terlebih jika putra dan putri Anda masih berusia balita. Anda harus dapat memilih mainan yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Pilih mainan anak yang berfungsi tidak hanya sebagai hiburan, namun mainan tersebut juga dapat membantunya untuk memecahkan masalah, berimajinasi, hingga membantu perkembangan motorik yang ia miliki. Ada berbagai rentang usia yang dapat Anda sesuaikan mainannya.

Inilah Tips Memilih Mainan Anak di Usia 0 Hingga 5 Tahun dengan Mudah :


Jika anak Anda berusia 0 hingga 12 bulan pilih mainan yang cocok untuk dirinya. Di usia ini bayi sebenarnya dapat meraih benda-benda. Ia lebih senang untuk memandangi mainan yang menimbulkan bunyi. Penglihatan bayi di usia 0 hingga 12 tahun masih 28 cm, oleh sebab itu gambar yang mempunyai warna cerah serta kontras yang lebih menarik perhatiannya. Dia senang mendengar berbagai macam suara musik yang berirama pelan, seperti bunyi yang berasal dari kotak musik.


Pada usia 6 hingga 11 bulan, perkembangan motorik yang ia miliki akan semakin nyata. Ia sudah dapat duduk, merambat, merangkak serta memulai langkah. Jika Anda memberi benda di tangannya padahal ia masih memegang benda yang lain, ia akan melepaskan dan kemudian meraih benda yang baru. Jenis mainan yang dapat Anda pilih seperti boneka yang mengeluarkan suara.

Bila berusia 1 tahun, tonggak perkembangan akan Anda lihat secara nyata, balita akan dapat berjalan tanpa Anda beri bantuan. Ia tidak akan bosan untuk melakukan eksplorasi di seluruh penjuru ruangan. Buah hati Anda akan jago untuk melangkah maju. Di usia 1 tahun, ia sudah dapat menarik berbagai mainan dan mengangkatnya sambil berjalan-jalan. Masing-masing dari tangannya akan dapat memindahkan badan dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Hobi baru yang ia lakukan seperti melempar serta memasukkan benda ke dalam kotak. Buah hati Anda dapat mulai menyusun balok dan mendorong. Anda dapat memilih jenis mainan anak balok.

Di usia 2 tahun, ini adalah masa yang penuh energi untuknya. Ia akan sangat sibuk untuk memainkan berbagai macam mainannya. Bahkan ia pun sudah dapat lancar untuk berlari hingga memanjat kursi. Sebentar lagi di usia ini anak Anda akan dapat berjinjit dan berdiri dengan satu kaki saja. Di sisi lain kosa kata yang ia miliki juga semakin banyak dan di sertai dengan pengucapan yang sangat jelas. Kemampuan grafomotornya pun mulai lebih berkembang dan di tandai dengan mencoret-coret. Pilih mainan seperti bola yang dapat mengembangkan gerakan kakinya.

Banyak orang tua yang memilih mainan anak edukasi laki-laki dan perempuan yang aman sesuai dengan harga yang diberikan. Sebenarnya saat membeli mainan hindari hanya melihat harga tanpa mempertimbangkan manfaat. Pilih mainan yang benar-benar memiliki manfaat untuk buah hati Anda, tanpa melukainya.


Nah, Moms, itulah beberapa Tips Memilih Mainan Anak di Usia 0 Hingga 5 Tahun dengan Mudah, semoga bermanfaat ya!

Mainan anak usia 9 bulan
Aisyah di usia 9 bulan pilih mainan yang bermusik :)


6 komentar:

  1. kemarin nyoba ngasih mainan yang berbunyi ke anakku yang usianya 2 bulan,senang banget,yang bikin amaz itu waktu aku puterin di atas,matanya pelan2 ngikutin arah mainan...seneng banget rasanay^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya senang banget ya kalau anak2 tambah pintar dengan permaianan yang edukatif :)

      Hapus
  2. gitarnya aku pernah punya tuh mbak waktu anak yg pertama masih kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah asyik dong ya belajar musik. Anakku juga suka ada suara2 hewan.

      Hapus
  3. Ada tkg mainan yg suka mangkal dkr rmh dan anak2 selalu pengen beli. Harganya murah sih, seribu dua ribu tp cepet rusak dan jd sampah :(

    BalasHapus
  4. Bener mbak, anakku 9 bln suka sesuatu yg berbunyi. Botol mnuman ditarok batu didalamnya trus digoyang2 dia jg suka. Krn ada bunyinya. Hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...