Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Jumat, 11 Maret 2016

7 Tips Atasi Anak GTM


[Parenting] 7 Tips Atasi Anak GTM. Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, pernah mengalami anak GTM (Gerakan Tutup Mulut). Buat Moms yang lagi mengalami anaknya GTM, jangan panik ya Moms, anak GTM itu wajar kok, tapi kita harus mencari tahu sebab mengapa GTM. Nah, kebetulan aku juga pernah mengikuti Pelatihan MPASI bersama dr Zuhrah Taufiqa di Klinik MLC Padang dan berbagai buku yang aku baca, berikut  7 tips atasi anak GTM 


1. Cek apakah anak lagi sakit?
Biasanya anak mengalami GTM jika sedang sakit. Misalnya lagi demam karena tumbuh gigi. Aisyah juga mengalaminya. Jika tumbuh gigi, demamnya bisa 1 minggu. Lalu, mulai deh GTM enggak mau makan nasi. 


2. Cek tekstur makanan
Jika Anak usia 1 tahun GTM, bisa beberapa kemungkinan. Jika demam, tekstur makanan mundur saja. Misalnya, jika selama ini makan nasi sudah seperti nasi orang dewasa, saat demam nasinya lembek, disaring atau jika tidak mau, bisa diganti oetmal. Kita aja yang sakit gigi, malas kan ngunyah? Pengen langsung hap! Nah, apalagi anak usia 6 bulan ke atas. Tumbuh gigi bikin anak rewel dan sulit makan. Jadi, Moms, harus sabar dan mencari solusi memilih tekstur makanan yang pas.

3. Tidak harus nasi.
Moms, jika anak GTM sedang bosan makan nasi. Bisa jaid lagi bosan dengan menu yang ada. Jadi, tak harus makan nasi. Jika anak mau makan jagung, ubi, roti ya enggak apa-apa. Tapi, tetap dipantau ya, Moms. Makan jagung kebanyakan juga enggak baik karena jagung kaya serat, sehingga BABnya nanti encer :)

4. Cek menu selera anak
Nah, Moms, bisa juga anak GTM karena bosan menu yang dimakan. Aisyah pernah mengalaminya. Aisyah bosan makan ikan dan sayuran, akhirnya aku masakan sup bihun. Alhamdulillah Aisyah lahap banget makannya. Besoknya kucoba menu kaldu ikan, sayuran dan bihun, Aisyah juga suka. Jadi, pandai-pandailah Moms mencari menu anak GTM. Ada beberapa resep MPASI 1 tahun di blog ini, bisa dicoba loh :)


5. Cek jadwal makan
Moms, bisa juga anak GTM karena jadwal makan yang tidak tepat. Ya, biasakan anak sejak dini punya jadwal makan yang tetap. Misal, sarapan pukul 07.00 WIB, besoknya juga pukul segitu. Jika belum bangun, sesuaikan dengan jadwal MPASInya. Misal, jika bangun tidur makan buah, lalu sudah mandi baru makan nasi. Esoknya bangun kesiangan, nah makanlah sesuai jadwal biasanya. Jika pas jadwal makan nasi, ya jadwal makan nasi, jika jadwal pas makan buah, silakan makan buah. Jadi, anak tidak bingung dan makan dengan lahap :)

6. Makan sendiri
Sejak Aisyah mau makan sendiri, aku menyiapkan tempat makan dan sendok untuk Aisyah. Makannya emang enggak rapi, tapi Aisyah sudah bisa pegang makanan sendiri. Minum sendiri dan alhamdulillah makannya cukup banyak :) Tapi, aku juga siasati, biar tidak banyak yang tumpah atau mubazir jatuh-jatuh ke lantai atau berceceran. Aku menyuapi Aisyah dulu, sudah agak banyak baru aku siapkan tempat makan untu Aisyah, jadi Aisyah tetap banyak makan disuapin dan belajar makan sendiri. 

7. Makan buah dingin
Oke Moms, jika anak GTM di usia 1 tahun, jangan cepat panik ya, coba cari tahu dulu sebabnya dan coba berbagai macam jenis makanan dulu ya. Jika tak mau makan nasi, jagung, ubi, coba makan buah. Bisanya anak GTM karena tumbuh gigi akan menyukai buah yang dingin. Simpan buah di kulkas bawah, di potong kecil-kecil, maka anak akan makan sendiri :)

Baca juga : Aisyah 17 Bulan

Yuk, Moms dicoba 7 tips atasi anak GTM di atas ya, semoga membantu!

19 komentar:

  1. kayaknya cocok untuk ponakan

    BalasHapus
  2. Wah, bisa dipraktekin buat anakku nanti. Soalnya Asma belum pernah GMT

    BalasHapus
  3. Wah makasih nih mbak sudah berbagi tipsnya, semoga saja bisa di pakai buat keponakan saya soalnya suka rewel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sama-sama, semoga sukses dan bebas GTM :)

      Hapus
  4. alhamdulillah dulu anakku tdk mengalami GTM :)

    terimakasih tipsnya Mbak, mungkin nanti bisa saya praktekkan (walau berharap jangan pernah mengalami kondisi anak yang GTM)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya tidak mengalami, semoga kelak anaknya terus semangat makan ya Mom.

      Hapus
  5. hahah krn lagi trending GMT sy akan kebolak balik tadi dengan GMT. kok anak GMT? hahaha ternyata GTM
    klo lagi ngambek dan GTM sy suka bingung ngadepinnya
    thanks sharingnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha Mbk Ophi ada2 aja, iya mbk dekatan sih GMT dan GTM xixixi.....

      Hapus
  6. Faraz juga GTM hampir sepanjang masa, tapi Alhamdulillah sekarang udah mulai makan walau masih sering ada drama huhuhuhh

    BalasHapus
  7. belum punya baby sih, tapi tipsnya lumayan juga mba :)

    BalasHapus
  8. Terima kasih ata sharingnya Mba. Kami juga sedang berjuang ini dengan anak kami.

    Mohon doanya.

    Salam dari Bandung.

    BalasHapus
  9. klw anakku udah tau rasa mba, hehe.. walau aku slalu masak non msg tapi pas masakan yang dimasak asisten ga enak dia emoh makan, hihi

    BalasHapus
  10. Tipsnya sangat bermanfaat , harus di bookmarknih . ijin di praktekin
    Hipnoterapi Semarang

    BalasHapus
  11. waaa ini anakku banget nih.
    usia 9 bulan lagi GTM karna tumbuh gigi campur batuk pilek.
    Aku msh belum nemu jawaban kl tekstur nih, mak.
    Aku kasih nasi biasa, dia mau makan, cuman 2-3 suap si.
    Kasih nasi lembek (macem bubur nanggung) cuman dimakan 2 suap juga.
    Jus lumayan banyak yang dimakan, apalagi dingin. Mau aku kasih es krim jus gitu anaknya lagi batpil.

    Huhuuu semoga cepat berlalu lah drama ini.

    BalasHapus
  12. anak2ku alhamdulillah belum pernah ngalami yang beginia, entah kalo nasya, malah doyan makan semua
    btw itu poc asiyah lucu banget

    BalasHapus
  13. fotnya bagus banget, anaknya gemesin...

    BalasHapus
  14. Penasaran apa itu GTM. Akhirnya kepoin artikelnya mba Naqy XD
    InsyaAllah bermanfaat banget..

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...