Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Senin, 28 Maret 2016

7 Tips Mengatasi Rasa Takut Berbicara Dimuka umum


Assalamualaikum sahabat Smart Mom, apakabar semua? Suatu hari, temanku ingin mengadakan bedah buku. Katanya, dia grogi banget! Jantungnya berdebar-debar, telapak tangan dingin, badan pun gemetaran menahan takut berbicara di depan umum. Apakah Mom pernah merasakannya? Aku pernah. Apalagi saat pertama kali harus bedah buku. Walau buku antologi, ramai-ramai dengan penulis lainnya, tetap saja keringat dingin! Suer deh, rasanya campur aduk :)


Tapi, setelah beberapa kali tampil, rasa grogi itu mulai hilang. Jika pun terasa, hanya dalam 5-10 menit pertama. Selanjutnya, Insya Allah akan lancar jaya deh. Nah, Moms, bagi yang ingin sukses bicara di depan umum, berikut  7 Tips Mengatasi Rasa Takut Berbicara Dimuka umum :

1. Awali dengan Senyum
Senyum itu adalah ibadah yang paling mudah. Moms dapat latihan di depan kaca. Tarik bibir ke kanan dan kiri secara profesional. Senyum akan membawa aura keceriaan terhadap audiens. Jika masih gugup, mulai dengan melambaikan tangan dan ucapkan, "Hai, kenalkan nama saya....."

2. Persiapan Materi dengan Baik
Saat akan bicara di depan umum, siapkan materi dengan sungguh-sungguh. Buatlah video mengenai profil Moms secara singkat atau dengan power point. Berlatihkan menyampaikan materi yang akan disampaikan. But ringkasan materi dalam kertas kecil. Ini untuk persiapan jika mati listrik saat menyampaikan materi, Anda tidak akan gagap dan kebingungan. Cek apa yang akan disampaikan.

3. Kenali Siapa Audiens
Jika mengundang pelajar. Sebaiknya sampaikan dengan bahasa remaja. Jika yang datang ibu rumah tangga, maka bahasanya mendekati kesehariannya. Begitu juga saat pesertanya mahasiswa, Anda harus menggunakan bahasa yang sesuai. Khusus untuk peserta dari anak SD, sebaiknya Anda mengeluarkan suara lebih keras. Lalu, jika Anda ingin mengisi acara di sebuah daerah, coba kenali ucapan salam dari daerah tersebut, misalnya di Lampung ucapan salam dikenal dengan, "Tabik Pun...." dan peserta akan membalas, "Ya Pun.."


4. Pakaian Rapi
Saat akan tampil di depan umum, siapkan pakaian yang rapi dan bersih. Penampilan yang menarik akan membantu Anda. Jika perlu diberi pewangi hihihi....kalau aku sering mempersiapkan busana muslim yang senada dengan jilbabku. Kadang juga memilih warna yang senada dengan sepatu dan  tas yang aku pakai. Biar lebih pede, hehehe...


5. Persiapan Alat Penunjang
Jika anda memerlukan proyektor, LCD atau tiang Mix tanyakan pada panitia apakah telah dipersiapkan dengan rapi. Sebaiknya persiapkan bahan presentasi  dalam flash disk, sehingga panitia dapat menyimpan soft copy-nya. Siapkan juga hasil print-nya untuk Anda baca dan lengkapi coretannya. Agar mendapatkanm Datanglah lebih pagi dari jadwal yang telah ditentukan agar ada waktu untuk mempersiapakan bahan presentasi.

6. Siapkan Games atau Ice Breaking
Agar peserta tidak jenuh. Anda siapkan permainan yang menarik. Misalnya ajak peserta mengerakkan tangan ke atas, ke samping dan memijat teman di sampingnya. Anda juga dapat mengajak peserta bertepuk tangan. Jika Anda menyebutkan tepuk satu kali, berarti peserta bertepuk satu kali. Jika Anda menyebut hanya tepuk saja, maka peserta yang bertepuk tangan dapat dikenai hukuman.

7. Berdoa
Dengan berdoa, akan lebih memantapkan diri. Mintalah kepada Allah kelancaran acara dan kemudahan Anda berbicara di depan umum.  Anda juga dapat memperbanyak sholat sunnah, seperti sholat dhuha dan sholat hajat. 

Demikian 7 Tips Mengatasi Rasa Takut Berbicara Dimuka umum, semoga Anda berhasil!

11 komentar:

  1. sebelum tampil makan coklat dulu dan jangan lupa ngaca, khawatir ada yg nyempil di gigi. hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...iya ya, biar enggak malu2in aja :)

      Hapus
  2. kalau sudah siap semaunaya Insya Allah gak takut, grogi sedikit belajar lama2 bisa ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbk, meminimalir rasa takut saat tampil :)

      Hapus
  3. Terima kasih tipsnya mba. Menyiapkan materi itu penting banget.. bisa latihan di depan kaca salah satunya hehheeh

    BalasHapus
  4. Tergantung siapa audiencenya ya, mba. Harus menyesuaikan gaya bahasa juga. :D

    BalasHapus
  5. Aku sering grogi di depan umum. Apalagi pas ngisi materi gitu -,-

    BalasHapus
  6. Saya tuh paling takut bicara di depan umum, makanya lbh suka kerjaan yg dibelakang meja, xixiix

    BalasHapus
  7. Aku paling nggak bisa ngontrol deg degan nih kalo harus bicara depan umum.

    BalasHapus
  8. Jangankan bicara di muka umum, bicara dengan lawan jenis aja masih suka grogi huhuhu
    Tapi yang itu udah bisa diatasi, hehehe. Nah, sekarang masalahnya ada di muka umum. Yah.. nanti tak praktekkin deh tips-tips dari mbak Naqqi.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...