Rabu, 09 Maret 2016

Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 : Saatnya Bermuhasabah

Gerhana Matahari Total terkihat di Belitung, foto dari facebook Eva Rahmi
Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, hari ini udah tentu sangat berkesankan. Masya Allah, hari ini adalah hari Gerhana Matahari Total (GMT). Apa itu Gerhana Matahari? Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan berada tepat di antara Bumi dan Matahari. Masya Allah ya, itu kan ukuran Bulan lebih kecil dari Matahari, tapi bayangan Bulan dapat menutupi Matahari karena jarak Bulan lebih dekat ke Bumi dibandingkan ke Matahari. Nah, saat itulah disebut Gerhana Matahari.  Gerhana Matahari Total (GMT) terjadi jika Matahari tertutup sepenuhnya oleh Bulan.

Pagi-pagi aku sudah bangun dan suamiku juga sudah bersiapa ke masjid. Aku lagi haid jadi tidak berangkat ke masjid. Awalnya mau ikut, tapi kuatir ganggu. Karena dua balitaku rada repot juga mengurusnya. Jadilah anak-anak di rumah dan suamiku sholat di masjid dekat Pasar Belimbing.


Di group BBM keluargaku sudah sibuk mengirimkan foto. Ya, kami bersama-sama menantikan GMT. Keponakan yang di Bengkulu sudah siap sholat di Pesantren Darussalam dekat rumahku. Usai sholat, orang-orang sudah ramai di depan rumah kami di Bengkulu. Duuh, ngebayanginnya aku kok merinding ya? Tahun 1980-an pernah juga GMT di Bengkulu. Waktu itu aku ingat banget, lagi di depan bersama ibuku. Diajak wudhu di kran depan.

Kini, tahun 2016, aku di Padang, melihat GMT dari depan rumahku saja. Di Padang memang dilewati (ada 12 Provinsi dilewati ), tapi kami telat beli kaca mata khusus. Malamnya, Faris udah heboh pengen beli, tapi ya mau beli di mana? Akhirnya bersama Abinya nyari ke Gramedia, di sana enggak ada. Kayaknya di Padang emang enggak seheboh kota lainnya ya? Enggak ada yang jualan kaca mata khusus di pinggiran jalan. Kalau kakak iparku di Lampung sudah beli buat kedua anaknya. 

Jadilah pagi itu aku ajak Faris dan Fatih melihat pakai film bekas rontgen. Tapi, enggak berani lama-lama takut juga itu salah atau tidak soalnya, enggak juga kelihatan dari rumahku, ketutup mendung deh. Eh, pas matahari udah bersinar, terang bangeeeeeeeet.... enggak aku izinkan anak-anak melihat langsung ke arah matahari, kuatir matanya rusak atau sakit. 

Melihat GMT 2016 dari depan rumahku di Padang

Saat Matahari bersinar terang sekali

Masya Allah, melihat matahari dari redup kayak senja, terus bersinar terang itu bikin takuuuut. Ya Robb, begitukah kelak di Hari Kiamat? Suamku pulang dari Masjid langsung memeluk dan bilang, "Maafkan Abi ya, Mi kalau ada salah?" Aduuh tumben euy? Ternyata isi khutbahnya membuat suami merinding. Ingat dengan dosa dan kematian. Begutulah yang disunahkan Nabi Muhammad jika Gerhana Matahari.banyak berdizikir, sholat di masjid dan lebih banyak ingat dengan akhirat.

Nah, ini foto yang dikirim keponakanku Ara dari Bengkulu.
Ramainya orang melihat Gerhana Matahari Total (GMT) di Jalan Danau Bengkulu 


Proses Bulan menutupi Matahari

Semakin redup kayak senja

Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Bengkulu, Seperti Senja

Alhamdulillah atas kuasa Illahi, Matahari bersinar kembali 

Merinding ya Moms, melihat proses GMT 2016 ini. Rasanya semakin takjub dengan keEsaan  Allah. Semoga kita semua semakin lebih banyak beribadah ya Moms, lihatlah Allah sangat sayang pada kita. Matahari tidak selamanya tertutup, tapi telah bersinar terang kembali. Alhamdulillah....

4 komentar:

  1. Mbak itu foto gerhananya pke kamera apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake Hp Mbk, itu keponakan dan kakak lagi motret :)

      Hapus
  2. Iya subhanallah kekeuasaan Allah. Nice share

    BalasHapus
  3. Waaah, dapat moment ini ya, Mbak. Senangnyaaa. . .

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...