Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Minggu, 13 Maret 2016

Tips Enjoy Traveling Bawa Anak Ala Muna Sungkar


Tips Enjoy Traveling Bawa Anak Ala Muna Sungkar. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, apakabar semua? Kali ini di blogku mau cerita mengenai teman mayaku, Muna Sungkar. Kalau teman-teman suka sekali jalan-jalan atau traveling, pasti akan senang banget deh mampir ke blognya momtraveler yang penuh cerita seru. 

Muna Sungkar adalah seorang ibu dan juga dosen. Wow, terbayangkan seorang ibu bekerja dengan hobi jalan-jalan serunya? Uhuy, aku sih mupeng berat. Dulu, saat kuliah, aku sering masuk hutan, berjalan di aliran sungai dan bertemu dengan pohon yang besar. Nah, aku membayangkan serunya perjalanan Mbk Muna ini ya? Apalagi jika sudah berkeluarga, bawa suami dan anak-anak juga. Makin seru deh! 


Moms, pada penasarankan bagaimana Mbk Muna mempersiapkan anaknya saat akan diajak traveling? Yuk, simak bincang singkatku via WA bersama Mbk Muna Sungkar ya :)

Mbk, mau tanya dong, Mbk Muna pertama kali backpaker mengajak anak saat anak usia berapa? Kemana? Apa saja persiapannya? Duuh, maaf nih pertanyannya borongan :)

Makasih ya, Mbk pertanyaannya. Seru nih ditanyain :) Uhuy, Oke deh aku mau cerita. Pertama kali kami ke Aceh. Saat itu, Nadia usia 7 bulan. Persiapannya cukup heboh! Maklum pengalaman pertama. Persiapannya sih standar lah ya, seperti emak-emak lakukan kalau bawa bayi pergi. Alhamdulillah perjalanan pertama kami lancar jaya :)

Saat itu, kami memilih naik pesawat dari Semarang ke Jakarta dan ke Medan. Sorenya lanjut jalan darat ke Langsa Aceh ke tempat mertua. Selama 3 hari kami di sana, lanjut jalan darat lagi ke Banda Acerh. Perjalanan selama 12 jam. Alhamdulillah, Nadia sama sekali enggak rewel. Cuma main-main saja dan tidur. Nyenengin wea pokoknya :)

Perjalanan lancar ini membuat kami yakin kalau bakalan banyak trip lagi setelah itu dan alhamdulillah benar. Nadia enjoy banget diajak bertualangan :)

Muna Sungkar dan anaknya Nadia

Wow, seru banget pengalaman pertamanya. Nah, kasih tahu dong Mbk, Tips kerennya agar anak enjoy selama perjalanan, biar emak-emak lainnya bisa nyaman membawa anak :)

Nah, Moms,  ini Tips Enjoy Traveling Bawa Anak Ala Muna Sungkar :

1. Meskipun bawa bayi, usahakan semua kebutuhan ada dalam 1 tas, jadi gampang menjangkaunya.
2. Bawa baju ekstra, popok, makanan (aku lebih suka bawa biskuit kan bisa buat ngemil setiap saat atau kalau mau menyuapin tinggal dicairkan pakai susu).
3. Kalau  masih ASI paling gampang, enggak perlu bawa botol :) Kalau udah gede, karena anakku gak doyan susu formula, jadi aku bawain susu kotak, jadi praktis deh :)
4. Bawa mainan kesukaan anak.
5. Usahakan perjalanan kita enggak menganggu rutinitas anak. Kalau emang jam tidurnya, ya biarkan tidur, jangan dipaksakan jalan-jalan yang ada entar ngamuk loh! Jadi, kalau capek, istirahat dong :)
6. Perjalanan dibikin santai aja. Orang tua jangan maksain pergi ke banyak tempat, yang penting semua menikmati perjalanan dan semua happy :) jika anak sudha besar, kita bisa sounding sebelum pergi. Kita ceritakan mau ke mana, tunjukkan foto-foto agar anak mengetahui rencana kita. Anak pasti ikut semangat :)
7. Berdoa. Orang tua jangan senewen. Jangan panik takut ini itu. Bismillah saja, Insya Allah dengan persiapan matang jalan-jalan jadi asyik.


Oiya, Moms, Mbk Muna sudah menulis buku loh, buku perjalanan beliau ke Aceh. Menulis panduan traveling ke Aceh adalah impian beliau selama ini. Setelah maju mundur cantik mengirimkan outline ke penerbit, alhamdulillah hanya dalam 2 hari outline-nya di acc dan perjalanan pun dimulai. Naskah ini memerlukan perjuangan keras agar bisa final. 

Wow, kebayangkan ya si bu dosen ini merampungkan naskah. Sudahlah harus ngajar, eh  harus berjuang mengumpulkan riset mengenai buku ini. Berkat perjuangannya bertekad punya buku solo dan mengenai tanah kelahirannya, Alhamdulillah awal November 2015 buku Jelajah Ujung Barat Indonesia. Banda Aceh Sabang pun resmi terbit. Sekarang bisa ditemui di toko buku terdekat di kota Anda. Selamat Mbk Muna Sungkar , semangatnya bikin salut deh, TOP banget!

Muna Sungkar dan Buku Jelajah Ujung Barat Indonesia. Banda Aceh Sabang 

Oke Moms, itulah hasil bincang singkatku via WA bersama Mbk Muna Sungkar. Kami bergabung dalam arisan link di Blogger Perempuan. Untuk yang pengen diksusi panjang lebar, silakan add faceboor, twitter, instagram beliau ya. Info lengkapnya ada di blognya :)

Semoga Tips Enjoy Traveling Bawa Anak Ala Muna Sungkar di atas bermanfaat!

11 komentar:

  1. makash tipsnya, sering juga nih bawa aak kemana-mana :)

    BalasHapus
  2. Seru seru sedap emang traveling sambil bawa anak

    BalasHapus
  3. Makasih mbak naqi reviewnya moga2 makin banyak emak2 yg semangat bawa anak2nya traveling dengan tips ini

    BalasHapus
  4. Malah suka banget kalo bawa anak2 jalan2 :D

    BalasHapus
  5. keren mba muna sungkar, inspirasi para emak. makasi mba naqy tips nya mantap.

    BalasHapus
  6. Tipsnya berguna banget nih buat ibu-ibu yang pengen traveling membawa anak tapi anaknya masih kecil :)

    BalasHapus
  7. saya memulai perjalanan dengan anak diusianya yg masih 3 bulan, seru ya jalan2 ketempat jauh bawa anak... makasih sharingnya

    BalasHapus
  8. Tips nya emang kece nih, keren mbak Muna dan mba Naqi

    Dulu aku juga bawa anak-anak jalan di alam terbuka saat usia masih 4 bulanan, dan mereka nggak rewel meski mungkin belum paham juga sih ya. Cuma ketawa-ketawa, hehehe

    BalasHapus
  9. inspiring banget mbak muna hhee

    BalasHapus
  10. Seruuu, Khalil (6 bln) kapan kita janjalan :-D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...