Rabu, 20 April 2016

Cara Mudah Membersihkan Kepiting

Cara Mudah Membersihkan Kepiting

[Tips] Cara Mudah Membersihkan Kepiting. Assalamualaikum Sahabat Smart Momada yang suka makan kepiting? Kalau aku suka banget. Ayahku dulu suka mengajak aku ke pasar dan membeli kepiting. Jika bermain ke Pantai Panjang Bengkulu, aku juga suka mencari kepiting. Seru deh! Tapi... saat aku baru menikah, aku pikir aku bakal enggak akan makan kepiting lagi. Soalnya, aku enggak bisa membersihkan kepiting. Apalagi masak kepiting! Duile, Moms, aku malu banget hihihi.... aku nangis disuruh buka kepiting ama suami. Aku takut plus ngeri hiks.... alhamdulillahnya suamiku bisa membersihkan kepiting :) Aku memang baru belajar masak setelah menikah, hihi.... telat enggak ya? Sebenarnya bisa masak sih tapi jarang nyoba yang enggak aku kuasai hehe...



Tapi, lama-lama aku pengen bisa membersihkan kepiting sendiri. Aku ingin masak kepiting idamanku. Ya, aku suka masak kepiting dipindang. Rasanya makyos banget deh hehehe.... lalu, aku meminta suami mengajarkan aku cara membersihkan kepiting yang benar. Jangan ditanya bagaimana sulitnya aku menahan rasa takut dan ngeri memegang kepiting. Apalagi beli di pasar kepitingnya sering masih hidup dan diikat dengan tali rapia. 

Setelah belajar beberapa kali, akhirnya aku sukses membersihkan kepiting sendiri. Moms, beginilah Cara Mudah Membersihkan Kepiting Sebelum Dimasak :

1. Beli kepiting di pasar sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jika sudah mati, cuci bersih.

2. Ambil satu kepiting

 3. Ambil kepiting bagian di belakangnya. Lihat bagian yang bisa dibuka ini

4. Buka bagian belakang kepiting ini dan tarik dengan keras


 5. Angkat dan tarik bagian belakangnya, cuci dengan bersih.

6. Lepaskan bagian belakang yang telah terbuka, buang bagaian belakangnya (cangkangnya) termasuk insang, kecuali jika Anda suka :) lalu cuci dengan bersih. 

Setelah kepiting bersih, maka siap dimasak. Salah satu resep cara  memasak kepiting yang aku sukai adalah Pindang Kepiting. Nah, inilah resep membuat Pindang Kepiting :

Cara Membuat Pindang Kepiting :

Bahan :
1. Kepiting
2. Bumbu yang diiris : Cabe 2-3 tangkai, bawang merah 3-5 siung, bawang putih 2-3 siung, laos/lengkuas, kunyit, serai, daun bawang dan bisa ditambahan daun kemangi.

Cara Merebus Kepiting :
1. Rebus kepiting di dalam air mendidih tunggu agar terlihat kepiting berwarna merah
2. Masukkan bumbu yang sudah diris (kecuali daun bawang atau kemangi agak terakhir saja). Oiya, bumbu bisa juga sebelumnya ditumis hingga harus. Lalu masukkan pada rebusan kepiting. Moms, bisa memilih mau ditumis atau langsung rebus :)
3. Beri garam dan penyedap rasa jika suka
4. Tunggu kepiting matang (tandanya berwarna merah terang)
5. Pindang siap dihidangkan

Inilah Pindang Kepiting yang enak :)

Nah, Moms, mudahkan membersihkan kepiting? Semoga Cara Mudah Membersihkan Kepiting membantu dan Moms dapat memasak kepiting sesuai yang disukai. selamat mencoba ya!


23 komentar:

  1. oo dibuka dulu ya mba, saya biasanya disikat aja bagian luarnya kalo ada ygkotor trus langsung dimasak. kalau mau makan annti tinggal sedia alat untuk mencongkel aja. saya ga makan ini sih, ribet makannya, suami yg suka banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh iya kalau kai dibersihkan dulu, Mbk, jadi bisa dicuci :)

      Hapus
  2. Bagian belakangnya dibuang nggak, Mb Naqi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Buang, Mbk :) terima kasih koreksinya :)

      Hapus
  3. saya dan suami pecinta kepiting Mba, sayangnya di daerah kepiting sudah jarang ditemukan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya mbk di sini alhamdulillah sering nemu kepiting di pasar :)

      Hapus
  4. Wah... Makasih tipsnya mb Naqiy. Saya euy belum berhasil masak kepiting :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dicoba bisa sukses ya Yanti :)

      Hapus
  5. Wah.. Menu asyik nih kayaknya. Cocok untuk saya rekomendasikan sama istri.
    Terimakasih, infonya dan salam hangat dari Bondowoso..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hangat, senang jika membantu :)

      Hapus
  6. Makasii tipsnya mbak Naqiy, belum berani bersihkan kepiting takut tiba" hidup waktu dibersihkan hehehehee...itu kepitingnya biar mati waktu mau dibersihkan diapakan ya mbak? dipukul? hehehe maaf yaa pertanyaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masih hidup pukul 2-3 kali, Mbk, nanti kepiting pingsan, tandanya kakinya udah enggak bergerak-gerak :)

      Hapus
  7. Mau nyoba ah...selama ini gk berani nyoba krn gk ngerti cr bersiin :) thnks y mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ya, aku dulu juga enggak ngerti en takut hehhee...semoga sukses.

      Hapus
  8. Kira2 waktu menarik kepitingnya ada bagian yg tajem ga Mba? Maklum saya bukan pencinta kepiting tapi suka diminta tolong masakin kepiting asem manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cangkangnya agak keras, engak ada dagingnya, makanya sebaiknya dibuant saja :)

      Hapus
  9. pindang kok, kuahnya dikit amat ya, hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sisanya di panci, cuma buat pemotretan hihihi....ayo makan pindang :)

      Hapus
  10. Wah, kalo mamaku masak kepiting ga dibuka tuh mba. Cuma dicuci bersih aja. wkwk

    Btw, aku juga makan kepiting. Di Bintuhan sini murah lagi harganya, "secumpuk" 10 ribuan aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang suka enggak papap enggak dibuka, tapikan kotorannya ikutan dimasak :)

      Di sini juga secumpuk 10 ribu :)

      Hapus
  11. Ini jenis kepiting atau rajungan mbak? Kalau kepiting, nggak boleh sampai mati dulu baru diolah. Jadi tekniknya direbus saat hidup atau dibelah dalam kondisi hidup. Sounds cruel ya, tapi kalo nggak dia akan mengelurkan racun. Kalau rajungan memang sudah dlm kondisi mati biasanya.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...