Rabu, 04 Mei 2016

Kiat Sukses di Usia Muda

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Kiat Sukses di Usia Muda. Zaman aku masih kuliah, aku senang mencoba sesuatu yang baru, unik dan menantang. Aku mencoba menjadi wartawan kampus dan magang di Koran Rakyat Bengkulu. Seru deh menjadi wartawan kampus. Waktu itu, masih lugu banget. Masih dag dig dug kalau mau wawancara dengan dosen. sudah bawa kertas berisi point yang akan ditanyakan, tapi tetap saja keringat dingin hihihi.... tapi untunglah itu tidak lama, setelah dua minggu aku sudah terbiasa. 


Namanya anak muda, inginnya mencoba hal-hal yang baru dan kelak bisa jadi lompatan masa depan, aku juga pernah mencoba jualan Majalah Annida di kampus. Sudah jalan beberapa bulan, sayangnya karena sistem kepercayaan saja, aku enggak minta bukti pembayaran. Jadi, pernah dibilang belum setor uang, sediih deh. Walau akhirnya si agen minta maaf karena dia lupa mencatat. Tapi, terlanjur sedih akhirnya aku putuskan tidak jualan majalah lagi.

Foto di depan Universitas Andalas bersama kedua anakku

Ya, zaman muda aku selalu bercita-cita ingin sukses, ingin menambah ilmu ini dan itu. Sayangnya, ilmu kerumahtanggan malah enggak tersentuh hiiks... aku tidak punya minat untuk belajar memasak, menjahit atau pekerjaan domestik... nah, hal ini membuat aku malah sedikit menyesal euy. Jika saja dulu lebih oke mempersiapkan, mungkin aku akan lebih sukses hihi...

Buat yang masih jomblo atau pun masih usia produktif, bolehlah mempersiapkan diri agar sukses sejak muda. Tentu akan lebih asyik diusia muda bisa punya tabungan haji, tabungan pendidikan dan kendaraan bukan? 

Nah, inilah kiat sukses di usia muda versi aku :

1.  Catat Tujuan Hidup
Ya, apa sih sebenarnya tujuan hidupmu? Cita-citamu? Buatlah target hidupmu dalam waktu 1 bulan, 1 tahun atau pun 10 tahun yang akan mendatang. Ini akan membantumu untuk lebih cepat sukses.

Jika kamu seorang perempuan, cobalah menambah dengan skill yang akan menjadi kelebihanmu. Pilihlah sesuai passion-mu. Suka memasak? Suka menjahit? Suka berkebun? Suka fotografer? Dalami lebih profesional, sehingga di usia 25 tahun, kamu sudah tidak gagap lagi, mau jadi apa karena kamu sudah mempunyai tujuan hidupmu.

2. Bekali Diri dengan Motivasi Kuat
Ya, setelah mengenal passion, coba tingkatkan dengan ikut beberapa pelatihan dan workshop. Ini untuk memperdalam kemampuan sejauh mana kamu makin menguasai passion. Jika ingin jago menulis, kamu juga bisa ikut pelatihan penulis atau langsung berguru dengan penulis yang membuka kelas menulis. Nah, kesempatan ini jangan disia-siakan untuk ajang latihan.

3. Jangan Ragu Berinvestasi
Nah, untuk sukses kamu jangan ragu berinvestasi. Misal, kamu mau sukses di bidang kepenulisan. Tentu kamu memerlukan perangkat laptop atau komputer. Jika suka memasak kue, tentu peralatan membuat kue, seperti blender, oven atau lainnya. 

4. Asuransi
Jika kamu sudah penghasilan tetap dan ingin memiliki asuransi, silakan memilih sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa jalan-jalan ke astralife.co.id untuk memilih asurasi yang kamu inginkan. Pilihan itu tentu mampu membuat hidupmu bahagia. Hidup bahagia adalah pilihan, lakukan perubahan hidupmu kian baik.


5. Percaya Diri
Nah, setelah kamu memiliki passion dan mendalami skill. Selanjutnya, kamu harus percaya diri untuk action.Seorang teman dulu mahasiswa Unila tahan meminjam uang dengan jumlah besar untuk menerbitkan buku dan memasarkan bukunya dengan acara training. Ia sebagai penulis dan juga sebagai trainer. Percaya dirinya patut diapresiasi. Salut deh! Bayangkan, masih muda, masih mahasiswa sudah berani menciptakan peluang sendiri, tuuuh pasti deh sukses!
  
Nah, sahabat Smart Mom, jika punya adik, saudara coba disebarkan info ini agar Kiat Sukses di Usia Muda dapat menjadi renungan. Jika Moms sudah punya anak, beri motivasi sedini mungkin membekali diri dan mengenali potensi agar muda sudah sukses. Semoga bermanfaat ya!

14 komentar:

  1. Sangat bermanfaat ini ... layak dibaca anak-anak muda seperti saya

    BalasHapus
  2. boleh juga nih kiat dan tipsnya, namun untuk memasak kayaknya saya serankan pada istri deh. daripada keasinan hehe

    BalasHapus
  3. pas banget nih nemu anak muda seperti saya ini baca artikel kayak ini semangat investasi :)

    BalasHapus
  4. Xixixi, saya tergolong masih muda gak, ya?

    BalasHapus
  5. masa muda memang kudu dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan ya mbak
    inget juga waktu masa kuliah semua mau dicoba hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, betul, betul. Sama ya Mbk, suka mencoba hal baru :)

      Hapus
  6. Twrimkshhhh umii tipsnyaaa
    Iyaaa nih aku setuju bgt apalagi yang ttng passion, jadi perlu banget nih mngevangin passion yg dimiliki, jdi nnti kita bisa kerja sesuai passion ibaratnyaaa kayak hobi yang dibayar gituu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, semangat selalu ukti sholehah.

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...