Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Selasa, 10 Mei 2016

Manfaat Baby Oil Untuk Bayi


Aisyah Fahira Ahmad
Aisyah baru lahir

Manfaat Baby Oil Untuk Bayi. Saat bayi baru lahir badannya enggak langsung mulus loh Moms, jangan kaget jika badannya enggak langsung bersih seperti bayi yang ada diiklan TV. Saat Faris lahir, anak pertamaku, aku tidak sempat melihat pertama dia mandi. Ketika lahir cuma melihat sebentar karena belum juga paham apa pentingnya IMD, maka tidak dilakukan IMD. Saat anak kedua lahir, Fatih, aku melihat dengan jelas tubuhnya yang keriput, tapi badannya bersih banget. Saat itu aku melakukan IMD. Nah, saat Aisyah anak ketiga lahir, aku sangat kaget karena tubuhnya penuh lemak, huaah.... ini pasti karena pengaruh makanan selama aku hamil, huhuhu.... Untungnya aku memang mempersiapkan 1 set alat mandi dan perlengkapan bayi disebuah tas khusus. Jadi, perawat yang membantu membersihkan badan Aisyah tak kesulitan mencarinya. Ternyata 1 botol baby oil habis buat membersihkan lemak di badannya. Jadilah Aisyah pertama kali mandi dengan baby oil, badannya jadi sangat wangi deh.

Saat Aisyah baru selesai ditindik, telinganya juga berair dan luka. Saat itu aku merawat telinga Aisyah dengan baby oil juga. Awalnya aku takut kalau telinga Aisyah bakal lama sembuhnya. Eh, ternyata tidak sampai seminggu telinga Aisyah sudah tidak berair lagi. Tentu bukan telinga bagian dalam ya, hanya telinga bekas ditindik untuk memasang anting-anting saja. 

Usai Aisyah mandi, aku selalu sempatkan memijatnya. Memijat ini berfungsi untuk merilekskan bayi. Manfaatnya juga bisa membuat bayi lebih nyenyak tidur, menghilangkan kembung, dan membuat bonding (ikatan) ibu dan anak semakin erat. Jika minyak but-but di rumahku habis, maka aku menggunakan baby oil. Wah, ternyata banyak juga ya pengalaman berkesanku bersama baby oil ya? Sebenarnya apa  sih baby oil itu? Ternyata ini adalah minyak yang ajaib yang mampu menghangatkan bayi, baby oil juga membuat kulit bayi yang sensitif menjadi lembut. Oiya, tidak cuma untuk bayi tapi bisa juga digunakan oleh orang dewasa, asal pemakaiannya tepat dan sesuai dosisnya.

Manfaat Baby Oil Untuk Bayi

Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat baby oil? Inilah Manfaat Baby Oil Untuk Bayi :

1. Membersihkan Kotoran Telinga Bayi

Saat bayi baru lahir, kotoran di telinganya cukup banyak. Tak perlu kuatir, jangan membersihkannya terlalu dalam, cukup bersihkan saja di bagian daun telinga. Apalagi setelah mandi, kuatir sisa air ada yang masuk telinga, jadi dilap kering dengan handuk dan bersihkan telinga dengan baby oil dan cotton buds.

2. Memijat Bayi

Seperti yang aku ceritakan di atas ya, baby oil dapat membantu saat kita memijat bayi. Tahapannya lengkap memijat bayi dapat Moms cari di youtube atau internet. Namun, jika ingin langsung praktek sebaiknya bersama instruktur.

3. Mencukur Rambut

Saat bayi usia 1 minggu dalam Islam, disunahkan mencukur rambut bayi dan rambutnya ditimbang. Disunahkan bagi kedua orangtuanya bersedekah seberat rambut si anak. Jika mampu dengan emas seberat rambut bayi, jika tidak seberat perak seberat rambut bayi. Hal ini berlaku bayi berjeni kelamin laki-laki dan perempuan.

Moms bisa memilih sendiri cara mencukur rambut bayi dengan datang ke tukang cukur atau mencukur sendiri. Nah, saat mencukur sendiri agar rambutnya mudah dicukur, dapat diberikan baby oil agar memudahkan untuk mencukur rambut hingga habis.

4. Membersihkan Kerak Kepala
ketiga anakku lahir dengan  banyak kerak di kepalanya. Bentuknya seperti ketombe. Jika usai mandi aku membersihkannya dengan baby oil, aku tetes dengan kapas lalu disisir perlahan-lahan. Alhamdulillah usia 2 bulan, kepala bayiku sudah bersih lagi.

5. Baby Lotion
Biasanya bayi jika usai mandi dipijat dan dibalurin baby oil, badannya jadi lembut dan wangi. Ternyata itu juga bermanfaat bagi kelembaban kulitnya. Apalagi jika tinggal di daerah panas, seperti aku dan bayiku yang tinggal di Padang, jadi dipakai ke bayi sangat bermanfaat.

Manfaat Baby Oil Untuk Bayi
Aisyah usai mandi dipijat dengan baby oil segar dan wangi loh :)

Nah Moms itulah pengalamanku merawat bayi baru lahir. Pengalaman berkesan dengan baby oil. Semoga  informasi  manfaat baby oil untuk bayi di atas berguna. Selamat mencoba!

17 komentar:

  1. Sama mbaaak. Aku juga menggunakan baby oil untuk kelima hal di atas. skrg kadang masih pake untuk bersihin telinga luar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, aku juga, suka bete lihat anak-anak pulang maen, telinganya ikutan kotor. Abis main lumpur sih hihihi...

      Hapus
  2. aku biasa pakai untuk membersihkan daki dan kotoran di sekitar telinga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, betul banget apalagi baru bepergian ya, penuh daki deh :)

      Hapus
  3. ampuh banget buat bersihin kotoran yang terselip ya mba kaya di teling , leher..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget, alhamdulillah ya bisa merawat anak dengan baby oil :)

      Hapus
  4. Manfaatnya banyak ya ....
    Aisyah lucu deh, pake kuncir gitu hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk banyak banget manfaatnya. Alhamdulillah Aisyah emang mengemaskan hihihi

      Hapus
  5. Baby oil ternyata banyak manfaatnya ya Mbak.
    Aih Aisyah lucu, deh ... :D

    BalasHapus
  6. Baby pas masih mungil, sebelum mandi dipakein baby oil, kulitnya jd lbh halus dan wangi :D
    Kalau aku biasa pakai baby oil utk massage payudara mbak, apalagi kalau pas lg full dan kerasa bengkak. Biasanya sih krn kegigit baby.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah betul banget, aku juga pakai buat persiapan ASI lancar, jadi pijat PD deh. Apalagi kalau bengkak ya, duuu kebantu deh pakai baby oil

      Hapus
  7. pantesan istri suka bawel klo belanja bulanan pasti minta beliin ini, ternyata manfaat banget yaa buat si dede

    BalasHapus
  8. anakku 2-2 nya pas lahir termasuk bersih sih mbak.. mungkin karena aku rutin tiap hari minum susu kedelai sejak tau hamil, dan kelapa ijo pas udh masuk 7 bulan.. jd kerak di kepala juga g ada.. tp tetep sih, baby oil mah penting bgt utk mijit si baby :).. dan dia biasanya lgs anteng begitu dipijet, bisa jd krn wanginya yg nenangin bgt ya.. aku aja suka ama aroma baby oil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa aku juga suka aroma baby oil, wangi ya? Aduuh anakku bawaan deh semua kerakan, walau udah rajin makan air kelapa ijo dan kacang ijo hehehe... tapi pas 2 bulan hilang :)

      Hapus
  9. ternyata bisa untuk memijat juga,... saya baru tahu...
    adakah url yang tepat untuk pemijatan bayi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya doong bisa memijat, kalau aku kemarin ikut pelatihan langsung :)

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...