Rabu, 11 Mei 2016

Menjadi Ibu Rumah Tangga Bijak Membaca Berita Terkini



"Ih, apa itu sih? Aku kudet deh!"


"Ah mana sempat baca berita,nyisir rambut aja enggak sempat!"

"Aduh, aku trauma keluar rumah, bagaimana anak-anakku ya? Lihat beritanya sangat mengerikan! Anakku harus aku kawal!"


Hayo, ngaku siapa yang pernah seperti di atas? Menjadi ibu rumah tangga melek berita terkini atau kudet (kurang update) adalah sebuah pilihan. Kalau aku karena terbiasa dikeluargaku baca koran, jadi baca berita hari ini adalah sebuah kebutuhan. Saat kuliah aku juga pernah magang di Koran Rakyat Bengkulu. Belajar membuat berita dan mengejar nara sumber. 


"Tapi, berita sekarang sukar dipercaya. Banyak hoax!"


Seorang teman bercerita jika dia sudah malas baca berita karena bingung memilih koran atau website yang terpecaya. Tidak dipungkiri ya, berita saat ini sering kali tidak detail dan kadang asal copas. Mungkin saja dikejar deadline atau dikejar traffic. Memang ada juga sih wartawan yang asal menulis berita belum bisa menjadi jurnalis yang handal tapi gitu deh sebuah proses. Tapi, kita sebagai ibu rumah tangga harus bijak setiap membaca berita terkini.

Contohnya kemarin ada kasus Yuyun, anak SMP asal Bengkulu yang mengalami korban perkosaan oleh 14 orang remaja, beritanya terkininya bersleweran di wall facebookku. Dari website berita online hingga status teman asal Rejang Lebong tempat kejadian. Beberapa ibu sesama penulis sempat membahas kasus biadab ini. Bahkan beberapa teman blogger menuliskan khusus di blognya dengan hastang #NyalaUntukYuyun. 

Siapa pun yang mendengar berita ini tentulah mengutuk pelaku yang tidak berprikemanusiaan. Kisah duka Yuyun (14) pelajar 2 SMP negeri 5 Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong itu meyentak hati nurani kita semua. Malam tadi aku juga melihat berita disebuah TV Swasta. Kedua orang tua Yuyun ikut hadir. 

Cerita kedua orang tuanya, saat itu mereka sedang di kebun. “Kami orang miskin. Saat dua hari Yuyun tidak pulang, kembarannya tidak melapor ke neneknya. Lalu bapaknya nanya ke gurunya apakah Yuyun sekolah. Ternyata gurunya bilang Yuyun sekolah. Bapaknya lalu lapor dengan kadus. Bersama tetangga mereka mencari Yuyun. Bahkan tidak bisa tidur 3 dusun mencari Yuyun. Ketika bertemu di dasar jurang. Bapaknya tidak diperolehkan melihat, kakeknya saja yang melihat, baru di rumah sakit bisa melihat Yuyun. Tolong pelakunya dihukum mati bagi dewasa dan hukum seumur hidup bagi yang masih anak-anak.” 

Demikian petikkan yang disampaikan kedua orang tua Yuyun disiaran langsung TV Swasta tadi malam. Sayang aku tidak nonton sampai selesai, hatiku sudah terbelah mendengar berita Yuyun ini. Kisah pilu ini sebenarnya juga sudah mulai banyak terdengar. Anak TK di Metro mengalami pencabulan. Berita ini sempat meluas melalui broadcast dan akhirnya aku ikut membaca kasus itu.

Bukan kesalahan polisi jika hukuman hanya 10 tahun penjara karena UU maksimal 10 tahun untuk pelaku di bawah umur.

Tapi, Moms, kita harus bijak menyikapi berita hari ini yang selalu update, jangan sampai ada ketakutan yang berlebihan. Moms, ini Tips versi aku Menjadi Ibu Rumah Tangga Bijak Membaca Berita Terkini dalam kasus Yuyun tersebut, ambil hikmahnya sebagai berikut : 

1. Makin siaga mendidik anak perempuan untuk menjaga diri sendiri dari kejahatan seksual. 

2. Bekerjasama dengan pihak sekolah anak untuk mengontrol anak.

3. Beri pendidikan agama yang cukup agar anak paham ajaran agama, sehingga tidak melakukan kejahatan seksual.

4. Jika anak terlanjur menjadi korban kejahatan atau pelecehan seksual segera bertindak, temui psikolog dan berusaha terapi dengan penuh cinta.

5. Pilih sumber berita terkini yang terpercaya.

Nah, Moms, bijaklah memilih berita hari ini agar waktu tidak sia-sia sibuk membaca berita yang tidak perlu. Apalagi jika dengan membaca berita itu suasana hati jadi kacau dan menganggu jadwal harian. Semoga Tips ala aku Menjadi Ibu Rumah Tangga Bijak Membaca Berita Terkini bermanfaat ya!



9 komentar:

  1. Kalo sekarang yang lagi hot (kayaknya) petisi untuk OSD ya, Mak? Aku ngikutinnya malah dari IG *___*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu dari verita selebritis ya? Aku juga ngikuti hihi

      Hapus
  2. Apalagi baca berita sambil lihat komentar2nya ya mbak. Makin habis deh waktu. Hehehe... Kita bahas gigi aja mbak. Hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyup, benar banget bisa lamaaa itu baca beritanya. Mari fokus bahas gigi aja hahhaha

      Hapus
  3. Makasih tipsnya mba. Sedih bgt dgr berita almh.yuyun ya mbaa. Moga ngga ada lg yuyun lain.
    Aku klo drmh lihat berita dr inet aja, tipi di monopoli si kakaaa :()

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin atas doanya Mbk, aku pun berdoa yang sama. Walau negri banget kejadian serupa banyak menimpa di negri tercinta hiiks

      Hapus
  4. jangan ketinggalan berita ya walaupun ibu rumah tangga

    BalasHapus
  5. Naaah, itu dia, Mbak, berita yang ada sekarang kebanyakan hoax. Ehm, jadi kudu bijak memilih berita :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...