Kamis, 12 Mei 2016

Perlukan Minum Susu Ibu Hamil?


[Smart Mom] Perlukan Minum Susu Ibu Hamil? Sejak hamil anak pertama aku menyambutnya dengan gembira. Saat itu aku belum wisuda. Aku menikah satu minggu setelah ujian skripsi. Ya, sih tergolong nekad ya, nikah belum lulus kuliah dan belum bekerja hihihi...tak jauh beda dengan suami. Suamiku baru satu bulan diwisuda. Pekerjaan suami waktu itu masih swasta. Suami betenak ikan dan mengirimkan ikan ke Jakarta.

Tak lama, aku pun hamil. Kehamilan anak pertama menjadi sebuah kado terindah. Apalagi dapat wisuda didampingi suami dan calon buah hati. Saat itu aku wisuda di usia kehamilan tujuh, masuk delapan. Lumayan sulit loh bergerak. Apalagi perjuangan itu panjang banget. Aku harus bolak-balik Lampung-Bengkulu untuk mempersiapkan wisuda. Alhamdulillah akhirnya aku wisuda juga hihihi...



Saat hamil juga suka minum jus alpokat, es campur, hadeeeh.... :)

Sejak kehamilan anak pertama aku menyambut kehamilan dengan memperhatikan asupan nutrisi. Biasanya aku mencoba beberapa makanan yang enak. Mengajak suami makan tekwan dan jus alpokad kesukaanku atau mencoba makan yang baru saja aku jumpai. Seperti saat pertama kali mecoba makan ikan betutu. Wah, aku sampai menutupi hidup, padahal ikan itu mahal loh dan dagingnya empuk banget. Tapi karena aku belum pernah jadinya ngeri duluan hihihi....

Saat hamil, asupan nutrisi memang sangat penting, seperti karbohirat yang dapat dijumpai pada nasi, roti, mie bihun atau jagung. Lalu protein dapat diperoleh dengan makan tempe, telur, daging dan suhu. Tak lupa mengkonsumsi lemak seperti Omega 3 yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu, aku juga banyak mengkonsumsi minum air putih. Apalagi saat hamil anak kedua, aku masih mengajar. Bahkan pernah mengikuti outbound yang lumayan curam tempatnya hihii...

Saat hamil pernah mengikuti outbound yang lumayan curam tempatnya hihii...

Perlukan Minum Susu Ibu Hamil?

Pengalamanku mengenai susu ibu hamil berbeda-beda. Saat hamil anak pertama, aku suka yang rasa coklat, sedangkan saat hamil anak kedua dan ketiga hanya rasa vanila yang bisa aku minum. Lainnya bikin mual dan mau muntah. 

Sahabat Smart Mom, susu untuk ibu hamil diformulakan khusus untuk ibu hamil. Moms bisa memilih berbagai rasa. Nah sebenarnya apa saja sih kandungan susu ibu hamil? 
1. Asam folat
Ini sangat berguna bagi perkembangan janin. Asam folat akan mencegah cacat batang saraf dan spina bifida (sumsum tulang belakang). Aku rutin memeriksakan diri ke bidan dan dokter. Buat mengecek perkembangan janinku dan minta rekomendasi asam folat :)

2. Zat besi
Zat besi sangat berguna untuk pembentukan darah merah bagi ibu dan janin, sehingga terhindar dari anemia.

3. Vitamin B6
Vitamin ini berguna mencegah mual dan muntah, sehingga ibu hamil dapat makan seperti biasanya.

4.  DHA, ALA, LA serta kolin yang bermanfaat bagi perkembangan otak janin.

5. Kalsium, ini berguna bagi janin dan juga si ibu. Kadang ya, ibu hamil mengalami sakit gigi, kaki kram sehingga asupan kalsium dengan dosis yang tepat sangat diperlukan.

6. Inulin (serrapan pangan alami) berguna memperlancar saluran pencernaan.

Mom, sudah tahukan kandungan susu ibu hamil silakan mencoba. Jika dianggap tidak perlu minum susu ibu hamil ya, pilih makanan yang mengandung sama seperti susu ibu hamil. Tapi, kalau aku sih memilih minum susu ibu hamil apalagi kalau dibuatkan oleh suami, rasanya lebih romantis deh :)
Lagi hamil tetap aktif jadi moderator :)

Selain makanan, susu ibu hamil, aku juga menikmati hari-hari kehamilanku dengan berjalan-jalan, foto cantik ala ibu hamil, menulis diary kehamilan, hingga memperbanyak ibadah. Sejak hamil aku juga mengajak janinku membaca. Ahamdulillah anakku suka membaca dan menulis.

Jadi, jika ditanya perlukah minum susu ibu hamil? Jawaban ada pada Moms sendiri ya :) Yuk, cerita bagaimana pengalamannya minum susu ibu hamil! Semoga berkenan memberikan pengalaman saat minum susu ibu hamil ya, Moms :)

13 komentar:

  1. Dulu anak pertama aku gak doyan susu hamil. Pas anak kedua lumayan, malah bisa buat ngilangin eneg. Buatku kandungan asam folat itu yg penting ya, untuk di awal2 kehamilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbk, asam folat penting banget untuk awal kehamilan.

      Hapus
  2. Alhamdulillah ya setelah sekian lama nda mampir ke halaman blog ini akhirnya kesampaian juga. Wah jadi nggak enak ini, mau alasan nanti dibilang klise, nda beralasan ya memang harus ada alasannya. Hehhehe.

    Malu nih jarang mampir ke mari hihil Atas nama SIlaturahmi sesame penulis blog, saya hadir lagi hari ini walau hanya sekedar say hi aja. Hehiheiheihiehieie.

    Sejak saya total di bisnis nyaris tidak sempat berkunjung ke bloh kawan kawan semuanya Walau tidak semuanya bisa saya datangi, namun percayalah saya selalu ingat Insya Allah. Jika ada yang urgent silahkan WA saya 08977749155 – Asep Haryono. Blogger Pontianak.

    Yihaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung, pantesan ya enggak momen hehe, sukses ya bisnisnya

      Hapus
  3. perlu dong, aku minum susu yang susunya bisa diminum dengan air dingin atau air es, kalo air hangat sering mual dan muntah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah asyik ya minum susu dingin, belum pernah. Kapan2 nyoba lagi

      Hapus
  4. Saya suka sekali dengan susu. Dan benar, ibu hamil perlu asupan lebih. seperti kalsium dalam jumlah yang bisa mencukupi kebutuhan si Ibu dan Janinnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, alhamdulillah kalau suka minum susu. Iya ibu hamil perlu asupan gizi yang cukup.

      Hapus
  5. Kalau menurut saya butuh vs tdk butuh sih. tergantung kondisi kita dan asupan makanan lain. secara sufor non uht jg kadarnya udh diperas akibat proses produksi.

    BalasHapus
  6. saat hamil biasanya malas makan krn mual jadi sy minum susu segar uht gt mba..yg plain dan seger..klo macem2 rasa malah mual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh iya ya ada juga kok susu ibu hamil yang UHT

      Hapus
  7. Aku di awal2 aja minum susunya mba :)) asam folat pnting yaa mba utk mncegah kecacatan juga kata obsgyn

    BalasHapus
  8. Dulu waktu saya hamil, lebih suka minum susu rasa coklat juga, mbak. Rasa yang lainnya bikin mual.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...