Rabu, 18 Mei 2016

Rahasia Menang Lomba Blog dan Kuis ala Evrina Budiastuti

Evrina Budiastuti, foto sendiri lagi di gunung kalau sedang menjalankan hobi

Rahasia Menang Lomba Blog dan Kuis ala Evrina Budiastuti. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, apakabar? Ada yang suka ikut lomba blog dan ngekuis? Yup, aku juga suka banget deh ikut lomba dan ngekuis. Alhamdulillah bulan ini aku menang 2 kuis dengan hadiah buku. Loh, kok girang banget cuma dapat buku? Ooh jangan salah, buku itu investasi. Apalagi aku emang nyicil buat buka taman baca di rumah lagi. Kalau dulu taman baca fokus untuk FLP Lampung, kali ini aku mau buat untuk Taman Baca Aisyah.

Oh iya, ngomong-ngomong soal suka lomba dan ngekuis, aku mau kenalkan temanku yang jago dalam lomba blog dan kuis juga  loh. Namanya Evrina Budiastuti. Ini nama asli, nama untuk semua yang tercantum di media sosial. Mbk Evrina atau Mbk Rina ini sudah menikah dan punya anak satu bernama Alfian Dhiyya Fahrizi.


Seorang ibu yang super kreatif ini adalah seorang PNS yang bekerja di Badan Penyuluhan Kabupaten Bogor bagian Pertanian. Penasarankan cara Mbk Ev bagi waktu? Ya ela, tau dong kalau seorang istri dan ibu itu super duper berat tugasnya. Gimana masih bisa kerja terus ngeblog dan ngekuis sih Mbk Ev ini?

Ternyata menurut Mbk Ev, ia punya prinsip urusan kantor cukup diselesaikan di kantor, pas udah di rumah sudah gak bisa lagi diganggu gugat sama kerjaan, di rumah untuk keluarga dan juga me time sama diri sendiri.

Bertiga di Gunung Padang, Mbk Evina sekeluarga ke sini sekalian mau shooting untuk chil-go


Wiih, keren ya manajemen waktunya? *catat ah*

Sedikit kilas balik ya, Mbk Ev ini ngeblog sejak 2010 di www.evrinasp.wordpress.com itu niche nya lifestyle sampe sekarang. Sejak 2014 bikin rumah baru di evrinasp.com itu khusus buat yang hijau seperti mengulas pertanian, lingkungan dan petualangan Mbk Ev  di alam. Nah, penasarankan kenapa memilih lifestyle? Kata Mbk Ev,  supaya menampung ide gado-gadonya. 

Mbk Ev juga memilih niche yang hijau-hijau soalnya penyuluh juga diminta untuk melakukan penyuluhan baik kepada petani juga kepada masyarakat umum. Nah, lewat blog Mbk Ev bisa menyebarkan pengetahuan tentang pertanian dan teman-temannya, tapi Mbk Ev bilang, ia belum update lagi sejak lama soal pertanian hehe...

Wah, ditunggu loh mbk J

Mbk Ev ini ratu lomba blog loh. Nah, kenapa sih Mbk Ev suka lomba atau ngekuis?

Alhamdulillah itu karena aku senang ikut kompetisi, sekali lagi lebih banyak kalah daripada menang, deretan prestasi aku gak banyak, menang kuis yang paling mengesankan adalah ikut Kuis #KopdarPamitan yang mengantarkan aku ketemu pak SBY dan Ibu Ani di Istana Yogyakarta, kalau lomba blog karya tulis yg mengesankan sewaktu aku menang Lomba Blog Perdesaan Sehat dari Kementerian Perdesaan dan Daerha Tertinggal (waktu itu namanya masih itu) karena membuat aku naik pesawat ke Makassar pertama kali, aku mendapatkan penghargaan di sana dan segala akomodasi dibiayai, nah yg paling berkesan lagi jalan2 ke Beijing itu dari Cheria Travel.”

itu untuk yg chil-go, aku sampe berapa kali take itu

Sedangkan, “Hadiah yg paling berkesan, hadiah tidak berbetuk materil terutama kebeijing itu, terus kalau berbentuk fisik yg dari AQUA karena dapet semacam piagam, dari Sunpride juga dapet sertifikat fruitaholic, juga dari Bapak SBY dan Ibu Ani yang menghadiahi buku, CD, juga kain batik yang sampai sekarang aku simpan rapih.”

Wah, mantap banget sih Mbk Ev ya? Mbk Ev suka ikut lomba karena merasa tertantang. Karena pada dasarnya memang suka kompetisi jadi ingin ikutan gitu. Nah, inilah Rahasia Menang Lomba Blog dan Kuis ala Evrina Budiastuti :

Pertama,lihat dulu itu lomba sesuai minat kita apa enggak, supaya bisa ngerjainnya fokus, kerjakan jangan mepet deadline walaupun dipostingnya mepet deadline.
Kedua, aku gak ikutan lomba yang berbau kosmetik, fashion karena memang gak menguasai, jadi kalo gak menguasai mending gak usah maksa ikut daripada buang tenaga, kecuali memang karena penasaran ya.
Ketiga, motivasinya karena memang ingin menang walaupun sekali lagi tidak berharap karena yang aku nikmati adalah proses membuat tulisan tersebut

itu take foto dan video ketika membuat tulisan untuk lomba sunpride, biar pada tau kalau aku pun berdarah-darah supaya bisa menang, jadi gak ada yg instant

Wah sudah tahukan resep kece Mbk Ev jago menang lomba? Tapi, tak cuma menang lomba Mbk Ev, follower Instagramnya juga banyaaaaak. Kata Mbk Ev, rahasianya, sering share foto baik foto gambar-gambar kece (bukan gambar diri sendir aja) foto petualangan dll dan tambahkan hastag, nanti orang akan treasing dari hastag tiba-tiba aja nambah followers.

Moms,  ibu satu anak ini suka banget suka naik gunung.  Mbk Ev, sebenarnya sejak kuliah sudah suka tapi karena enggak ada izin dan belum punya dana sendiri jadi Mbk Ev enggak berani naik gunung, nah pas zaman udah kerja tuh tahun 2009an Mbk Ev mulai naik gunung wisata sama temen-teman  di Jatim. Lalu, pas udah nikah dan punya anak malah sering karena ketemu suami yang punya hobi naik gunung juga. Wow, so sweet banget kan ya?

“Aku lebih suka naik gunung karena meskipun panas dan lelah tapi udara tetap sejuk, kalo di pantai meski banyak angin tapi panas, nah aku kurang suka.”

Mbk Ev, ternyata pernah loh mengajak Alfi naik gunung.

“Aku pernah ngajak Alfi ke gunung Padang aja, soalnya dia pendek cuma berapa ratus mdpl, dia seneng banget. Kalo yang jauh-jauh dan beresiko tinggi saya belum berani,” ujar Mbk Ev.

Saat Mbk Ev naik gunung, Alfi juga pernah tinggal di rumah bersama Mbahnya.  Sebelum naik gunung Mbk Ev  pasti izin dulu. “Tapi, sttt.... aku bilangnya mau kerja, hahaha...” hadeeh... Mbk Ev ketahuan deh :p Tapi, Mbk Ev tak lupa bekali keperluannya seperti susu dan uang jajan, soale rumah Mbk Ev deket sama ortu dan keluarga jadi Alfi banyak temennya. Aduuuh senang banget sih Mbk Ev *ngiri akut*

Nah, setelah sering mendaki gunung, masih ada enggak sih harapan Mbk Ev yang belum tercapai?

”Kalo mendaki gunung sebenarnya impianku cuma berdiri di puncak Mahameru, karena memang gunung itu membuatku terpesona, alhamdulillah sudah tercapai. Kalau ngeblog apa ya, dulu kan aku pengen ke Korea Selatan karena ngeblog, tapi ternyata malah ke Beijing, mungkin itu impian ku, walau sekarang lebih ke let it flow aja alias ngeblog dibikin fun tanpa target-target tinggi, kalo udah di target berasa kerja,” tutup Mbk Ev.

Sahabat Smart Mom, itulah cerita Mbk Ev dalam berbagi rahasia menang lomba blog dan kuis. Yuk, yang mau kenalan lebih jauh langsung saja ke blognya ya :) Semoga Rahasia Menang Lomba Blog dan Kuis ala Evrina Budiastuti di atas dapat di praktekkan ya, selamat mencoba!


13 komentar:

  1. Saya selalu salut dengan usaha dan totalitas mba Ev dalam pekerjaan dan karir ngeblognya sampai tulisan yg diikut sertakan dalam lomba.

    BalasHapus
  2. Makasih mbak naqi atas reviewnya, itu foto2 buat bahan lomba masih aku simpan rapih sampai external ku penuh, untuk mengenang aja bagaimana perjuangannya dulu

    BalasHapus
  3. Fotonya sampai berkali kali... keren Mbak Ev...

    BalasHapus
  4. keren mak faris, lelama da bisa nulis biografi pulak

    BalasHapus
  5. Keren mb Ev. Totalitasnya patut ditiru. Klo nulis pasti lengkap dan detail. 😁

    BalasHapus
  6. Keren bgt mb evrina... saluutt :)

    BalasHapus
  7. Salut sama mba Ev, prestasi lombanya banyak n nambah pengalaman juga. Aku belum pede ikutan lomba-lomba gitu, seringnya ga fokus padahal niat ngikut :D

    BalasHapus
  8. Seru ya pengalaman mba Evrina, sya juga hoby naik gunung nih.terakhir saya ajak anak saya ke Gunung Prau...

    BalasHapus
  9. Mbak ev, kreatif dan inspiratif

    BalasHapus
  10. tulisan ini menjawab pertanyaanku, anaknya Mbak Ev di mana ya pas Ibunya naik gunung hehehe

    BalasHapus
  11. makasih sharingnya :D keren :D

    BalasHapus
  12. Wah makasih ya mbak rahasianya dikupas tuntas, sangat bermanfaat nih

    BalasHapus
  13. eahhh cakep tips menang lomba blognya nih, mbak :D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...