Sabtu, 07 Mei 2016

Tips Merawat Gigi Anak Sejak Dini


[Parenting] Tips Merawat Gigi Anak Sejak Dini. Sakit gigi memang tidak enak. Apalagi yang sakit gigi itu anak-anak. Pernah dulu anak tetanggaku saat sakit gigi nangis meraung-raung. Siang-malam belum juga berhenti. Paling tidur karena kecapekaan nangis. Saat Faris kecil, pengetahuanku tentang merawat gigi anak belum banyak. Faris sempat mengalami gigi yang rusak. Giginya hitam akibat sering makan obat antibiotik. Iya, Faris kecil makan obat rutin karena menderita TB. Alhamdulillah setelah berobat rutin, sakitnya hilang. Namun, BB Faris tetap aja belum bisa ideal hihihi...

Soal gigi tadi, Faris akhirnya aku ajarkan sikat gigi yang rajin sebelum tidur dan setelah makan. Sayangnya, sering kelupaan. Akunya aja sih ya enggak tegas. Apalagi sejak hamil anak kedua, konsenterasi berkurang ke Faris, jadinya Faris sikat gigi enggak terpantau lagi. Faris pernah melakukan perawatan gigi di dokter gigi. Mahal euy! Pernah ke klinik dokter gigi, mahal biayanya. Perawatan itu bisa  3-5 kali. Sedangkan 1 kali saja biayanya bisa Rp. 150 ribu. Namun, sejak ada  BPJS alhamdulillah bisa terantasi. Lebih senang lagi sejak di Padang, merawat gigi anak ke dokter gigi lebih mudah. Bisa ke RS Semen Padang atau ke Klinik Sejahtera Perumas Belimbing.   
Abis makan ice cream sikat gigi ya, nak


Nah, lain Faris, lain pula Fatih. Gigi Fatih juga mulai banyak yang keropos. Memang sih belum gigi permanen, masih akan tanggal dan ganti baru. Suatu hari, Fatih menangis karena sakit gigi. Mau diperiksa, Fatihnya nangis memberontak. Lalu, saat Fatih tidur, aku dan suami memeriksa mulutnya, ternyata gusinya ada yang bengkak. Aku pun mengajak Fatih ke dokter gigi. Untungnya selama di dokter gigi Fatih tidak rewel. Giginya dibersihkan, gusinya ditusuk dan dikeluarkan nanahnya. Huaaah ternyata sudah bernanah, pantesan gilu banget ya? Hiiks... maafkan Ummi ya nak sering melupakan merawat gigi kalian :'(

Fatih ke dokter gigi
Melihat dua kenyataan yang menyedihkan di atas, aku ingin sekali menjaga gigi Aisyah sejak dini. Inilah Tips Merawat Gigi Anak Sejak Dini : Sejak Aisyah tumbuh gigi, aku membeli kasa steril di Apotek. Aku ambil air hangat dan dibalutkan ke  jariku dan mulai membersihkan gigi Aisyah. 

Lalu, sejak Aisyah usia 1 tahun, Aisyah sudah kenal dengan sikat gigi. Jika melihat sikat gigi di kamar mandi, maka akan menunjuk-nunjuk minta sikat gigi. Kadang juga mencontoh Abangnya sikat gigi, pengen juga pakai pasta gigi. Tapi usia Aisyah belum aku kasih kareta takut ketelan. Jadinya aku baru kenalkan sikat gigi saja.
Aisyah dan sikat gigi Ummi hihihi.... sudah mandi suka nunjuk sikat gigi :)

Baca Juga : Aisyah 19 Bulan

Namun beberapa minggu lalu, Aisyah entah jatuh di mana atau terbentur tidak ketahuan, bibirnya jontor besar banget dan pas aku cek giginya ada yang patah. Memang sih giginya agak beda dengan kedua kakaknya. Giginya agak coklat dan geripis tak lama setalah tumbuh agak banyak. Sempat aku tanyakan dengan teman yang dokter gigi juga, katanya sih enggak apa, toh nanti gigi permanen juga akan tumbuh. Cuma berdasarkan perngalaman ya, lama nunggu gigi permanennya tumbuh. Waktu Faris dulu, ganti gigi dikelas 2 SD. Gigi Fatih juga belum ganti. 

Fatih sejak kecil belajar sikat gigi

Ah, anak-anakku berkat kalian Ummi harus banyak belajar cara merawat gigi anak sejak dini. Ummi berharap gigi kalian bagus dan kuat seperti gigi Abi yang putih cemerlang, jangan kayak gigi Ummi yang banyak sudah rusak bahkan ompong. Huaahh.... sedih banget deh gigi udah mulai tanggal hiks....

Gigi Abi lebih putih dan kuat dibanding gigi Ummi, hiiks....

Nah, sahabat Smart Mom, semoga Tips Merawat Gigi Anak Sejak Dini membantu dalam menjaga kesehatan gigi anak. 




4 komentar:

  1. Kata sodaraku yg dokter gigi, kalo abis makan yg manis2 dan susah gosok gigi kumur2 pake air teh tawar juga bisa mengikis sisa gula di gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah infonya bermanfaat Mbk, thanks sudah berbagi. Tapi anak-anak enggak doyan ngeteh hiks

      Hapus
  2. Aku kelas 2 SD baru tanggal gigi depannya. Emang penting bgt biasain merawat gigi dr kecil

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...