Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Jumat, 10 Juni 2016

7 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa

7 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,
.
7 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa. Kepindahan kami sekeluarga dari Padang ke Lampung tepat di malam Ramadhan pertama. Kebayang dong repotnya. Saat itu kami sampai disore hari, sedangkan truk barang kami baru tiba pukul 00.30 WIB dini hari. Sudah dipastikan aku enggak sempat deh belanja buat bahan sahur. Suamiku akhirnya mencari makanan dan membeli ayam goreng, alhamduillah masih ada yang buka. Lalu, aku, suami dan Faris sahur bersama di rumah tercinta.

Hari pertama paska pindahan, aku sempat deg-deng-an juga apakah Faris kuat berpuasa. Awalnya sih Faris mau enggak berpuasa saja. Ya, aku sih maklum ya Faris pasti capek banget. Perjalanan darat dengan bis Padang-Lampung lebih 30 jam euy! Capek deh duduk di bis. Tapi, aku memberi motivasi ke Faris, "Sahur aja dulu, Mas. Kalau Mamas benar-benar enggak kuat besok boleh enggak berpuasa." 

Paginya, Faris sudah ceria. Usai subuh sudah bermain dengan teman lamanya. Sudah mengeluarkan sepeda dan bermain entah ke mana. Menjelang sore sudah tidak ada keluhan. Alhamdulillah puasa ramadhan hari pertama Faris sukses sampai Maghrib.

Saat hari kedua, aku mulai belanja untuk persiapan buka dan sahur. Jika selama di Padang aku tidak menjumpai mini market Alfamart, tapi di Lampung, Alfamart ada di mana-mana. Faris paling suka Oreo. Tak cuma Oreo, kebutuhan lainnya yang aku perlukan untuk rumah tangga ada juga di Alfamart. Wah, apalagi ada harga promo, berkah ramadhan alfamartku.  Cocok buat kantong yang baru saja pindahan. (Baca Juga : disclosure).


Oiya Mom, di Alfamart lagi ada promo yaitu Pak Rahmat (Paket Ramadhan Hemat) berlangsung sejak tanggal 1-30 Juni. Ada juga promo JSM yang berlaku hanya 3 hari yakni Hari Jumat, Sabtu dan Minggu tanggal 10-12 Juni 2016. Wah, makin asyik dong belanja dengan harga serba hemat.

Selain itu, Alfamart juga ada kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) loh, seperti mendanai Rumah Singgah Alfamart, pembagian kaca mata minus, memberikan bingkisan kepada masyarakat kurang mampu dan lainnya. Oiya, aku sendiri pernah melakukan kegiatan seminar dan pelatihan menggunakan tempat Rumah Albi secara gratis. Rumah Albi sarana untuk aktivitas kemasyarakatan.


Oiya abis belanja persiapan buka dan sahur, kulihat Faris juga sudah semangat menunggu berbuka sambil bermain  teman-temannya di depan rumah. Nah, sahabat Smart Mom, ada 7 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa ala aku :


1. Latih Anak Berpuasa Secara Bertahap.
Faris belajar puasa sejak TK A. Dari setengah hari lalu meningkat sampai full. Alhamdulillah sampai sekarang naik ke kelas 5, Faris tidak pernah batal puasa jika tidak sakit atau dalam perjalanan mudik.

2. Beri Motivasi.
Aku dan suami memberikan motivasi betapa indahnya orang berpuasa. Pintu syurga Ar Royyan akan memanggil orang yang rajin berpuasa, terutama puasa di Bulan Ramadhan.

3. Siapkan Menu Kesukaan Anak.
Saat buka dan sahur aku selalu mempersiapkan makanan kesukaan Faris. Kami juga menawarkan jajanan yang disukainya. Alhamdulillah tidak sulit, Faris sukanya es degan.

4. Ajak Anak Istirahat yang Cukup.
Ketika siang hari, ajak anak tidur siang jika kecapekan atau merasa lapar. Faris kadang tertidur sendiri, tapi kadang juga harus diingatkan.

5. Biarkan Anak Bermain
Walau kita ingin anak menjaga stamina dengan istirahat, tapi jika anak ingin bermain, tetap berikan waktunya. Faris masih bermain sepeda bersama teman-temannya setelah subuh sekitar pukul 06.00 WIB.

6. Beri Madu atau Kurma
Nah, ini agar anak kuat staminanya. Faris tidak terlau suka kurma, tapi untuk minum madu masih suka. Walau tetap saja harus diingatkan.

7. Minum Air Putih
Biasanya sudah sahur aku menyiapkan air putih untuk Faris, jadi saat imsak aku segera sodorkan agar Faris minum lagi segelas. Bujuk minum air putihnya lumayan susah, hiiks....

Nah, sahabat Smart Mom, itulah 7 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa versiku, semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba

11 komentar:

  1. Kakak faris hebat! Semoga ahza juga kelak bisa pinter belajar puasa yaa.. :)
    Tipsnya saya catat ya mba.. Ahza mah masih lama belajar puasanyaa hihi
    Makasih yaa sharenya :)

    BalasHapus
  2. saya dulu puasa bedug/dhuhur dulu..baru deh puasa sampai maghrib

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat sekali mbak artikelnya, makasih banyak ya? :)

    BalasHapus
  4. Anak-anak dulu belajar puasa bedug dulu waktu kelas 1, baru naik kelas 2 jadi puasa magrib. Tapi tiap anak beda sih mbak, yang bungsu malah lebih kuat kelas 1 udah magrib puasanya

    BalasHapus
  5. Kalau menu kesukaan anak terus, apa malah bisa sukses mbak?

    BalasHapus
  6. Wah makasih Mbak, tipsnya bermanfaat buat ponakanku yang mulai puasa tahun ini

    BalasHapus
  7. Wah tips yang oke punya. Anak saya yang paling besar 8 thn masih berjuang untuk bisa full puasa. Tips tips ini keren bnged, akan saya coba aplikasikan Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  8. Anakku bru belajar puasa thn ini mba,, ahari pertama dia cm sanggup sampe jam 5, tp dihari kedua dia sanggup full, paling susah justru saat sahur mba,, dia ga mau makan..

    BalasHapus
  9. Makasih tipsnya, mbak. Ismail & Sidiq masih perlu latihan puasa.

    BalasHapus
  10. makasih tipsnya Mba Naqi, puasa tahun ini anakku baru mau masuk lima tahun, semoga tahun depan udah bisa saya ajari puasa :)

    BalasHapus
  11. tips yang perlu banget di coba nih mbak,,,kebetulan anak saya mau 5 tahun, tapi keinginan puasanya sudah ada

    makasih tipsnya. salam kenal

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...