Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Sabtu, 20 Agustus 2016

Tips Menghadapi Teman yang Suka Mengkritik

Tips Menghadapi Teman yang Suka Mengkritik. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, punya teman yang suka mengkritik? Tentu rasanya enggak enak ya. Apa-apa dikomentari dan risihnya kalau sudah mengeluarkan kata-kata tajam. Menghadapi orang yang suka mengkritik ini memang gampang-gampang susah. Gampang kalau kita tahu ilmu dan seninya. Susah kalau kita sudah baper duluan hehehe...

Contohnya saja aku pernah dikritik soal rumahku yang dianggapnya kayak kandang ayam. Hei, dikira kita punya perusahaan ayam potong apa? Okelah, sudut pandang orang berbeda-beda. Bagi dia rumah harus rapi, tak boleh ada yang tercecer di lantai, anak harus makan di meja makan, tak boleh main kotor hingga rumah pun rapi, kinclong dan wangi.


Nah, saat dia ke rumahku tanpa janjian, olala...matanya membulat melihat rumah yang dianggap dia kandang ayam, hiiks...padahal ya enggak segitunya lagi, rumahku masih dipel setiap hari. Sudah kusiapkan tempat khusus untuk mainan, tapi memang kalau capek, piring kubiarkan dulu numpuk ntar udah kehabisan baru kelabakan deh hahaha... Tapi, karena gak punya ART, tenaga mesti dihemat. Gimana enggak ya jaga anak, ya beberes rumah, ya juga bantu cari nafkah (baca : nulis) jadi beda banget lah ama si dia yang mengkritik. Si dia punya ART, anak udah gede, jadi wajarlah rumah rapi jali hehehe...

Ada juga teman yang cerita, kalau anaknya pernah mengalami kejang dan harus dirawat di RS. Eh, malah temannya ada yang komentar, "Ngapain sih anakmu dibawa ke RS terus?" Hello... Emang anak kejang dibiarin aja? Masa seorang ibu gak boleh panik kalau anak udah kejang-kejang? Ditunggu aja di rumah? Sedih banget kalau dengar orang berlidah tajam begini, enggan menghargai perasaan temannya. Huhuhu...

Aku dulu pernah mengalami seorang teman yang suka mengkritik tajam. Ceritanya dia mengkritik aku di depan orang banyak soal  aku izin mengajar karena anak sakit. Lalu aku balas dengan menjawab alias pembelaan diri. Abisnya selama ini nahan-nahan buat ngebales.  Hari itu kata-katanya sudah sangat keterlaluan merendahkan hati nurani seorang ibu. Aku ikut protes deh! Dia sampai nangis dan mengadu ke Kepsek. Saat itu aku masih mengajar. Aku sadar sih sikapku kurang tepat. Tapi, orang kayak gini kudu sesekali deh kena batunya hehe... Setuju enggak?

Nah, Moms, ada beberapa Tips Menghadapi Teman yang Suka Mengkritik :

1. Diam dan dengarkan saja. Berlagak kayak orang enggak paham aja. Ngangguk-angguk aja. Kalau bahasa kerennya, "Yang waras ngalah deh!" yup, ini cara mudah mencari aman, hehe...
2. Berpikir positif. Jauhkan hari dari buruk sangka. Mungkin dia ingin menasehatinu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi, tapi mungkin caranya salah.
3. Sabar dan tahan emosi. Orang yang suka kritik biasanya orang yang suka dominan. Dia merasa superior dan maunya menang sendiri. Jadi mending sabar aja.
4. Berikan argumen. Sesekali jawab saja apa yang dikritiknya. Misal, kalau dia mengkritik rumahmu kotor, langsung aja masih sapu dan lap pel, bilang aja "Tolong bantu rapikan ya, kan jago merapikan rumah," hahaha... Dijamin dia kapok ngasih kritik hihi...
5. Beri hadiah. Orang yang suka mengkritik pada dasarnya minta diperhatikan, minta didengar dan membutuhkan teman. Cobalah dengarkan , jika apa gang dikatakannya membangun, bisa dipertimbangkan dan ucapkan terima kasih. Kamu bisa memberikan hadiah yang menarik untuk dia, misalnya memberikan dia baju jumpsuit di  MatahariMall.com.

Sudah tahu apa itu pakaian jumpsuit? Jumpsuit adalah pakaian one-piece atau terusan. Kamu coba aja googling jual jumpsuit terlengkap pasti ketemu. Kalau dulu sering dipakai oleh montir, tapi sekarang modelnya sudah cantik-cantik. Awalnya model pakaian ini terkenal pada tahun 80-an. Dulu dikenal menggunakan bahan jeans. Tapi, kini jumpsuit untuk wanita modelnya cantik loh. Designnya dengan penuh gaya feminin. Ukurannya juga beragam, bahkan ada yang bermotif. Ukurannya pun banyak pilihan. Ada jumpsuit pendek dan panjang.


Cantik ya model jumpsuitnya :)



Tuh contoh modelnya baguskan? Kamu yang pakai hijab juga bisa pakai jumpsuit. Tak perlu ketinggalan tren, tinggal padu padankan dengan koleksi hijabmu. Pilih jumpsuit yang harga murah tapi berkualitas. Dijamin deh teman yang kamu kasih hadiah jumpsuit akan senang dan akan mikir deh untuk mengkritik kamu hahah...kalau masih aja mengkritik ya udah doakan aja biar dia lekas sadar atau kamu bakal dapat pahala atas ucapan dia.

Buat yang pakai hijab tinggal ditambah blezer deh :)

Nah, itulah Tips Menghadapi Teman yang Suka Mengkritik, semoga yang aku sebutkan. di atas dapat bermanfaat. Selamat mencoba!

10 komentar:

  1. Emang kudu sabar dan dihadapi dengan kepala dingin kalau mendapatkan kritik..

    BalasHapus
  2. Bah malah dikasih hadiah. Aku mau ini mah, hahaha

    BalasHapus
  3. Yah baik amat mba kasih hadiah hehe ya begitulah kalau uda bawaannya tukang coment apapun di coment dah kayak comentator olahraga :p

    BalasHapus
  4. Kalo aku mending mengurangi interaksi dengan teman-teman yg memberi aura negatif spt itu mbak. Capek menghadapinya.

    BalasHapus
  5. Hahaha, aku udah praktekkan kasih hadiah pada teman yg jutek padaku. Abis itu dia lgs bermuka manis. Duh tuh muka cuma seharga cepekjing, wkwkwk

    BalasHapus
  6. aku mau dong ngritik..kalo ujung2nya dikasih hadiah..
    .hahahha..

    BalasHapus
  7. aku gak mau, susaaaaaaaaaaaaaaaah pipis

    BalasHapus
  8. uuuh iya banget, ber hadiah biar hatinya luluh kan dianjurkan Rasul juga ya :)

    BalasHapus
  9. kalau hanya sesekali kritik sih masih asik ya. cuma kalau si kawan ini hobi kritik itu yang kadang bikin kita sebel.
    Kita mesti manage hati supaya tetap sangka baik :)

    BalasHapus
  10. Bukan Mommy, tapi ikut baca, ya...

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...