Rabu, 14 September 2016

5 Cara Mengatasi Bau Mulut


5 Cara Mengatasi Bau Mulut. Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

"Mas rajin sikat gigi dong, Mas. Biar giginya sehat dan enggak bau mulut!" begitu saranku pada Mas Faris. Si sulungku ini kadang masih harus diingatkan terus menjaga kesehatan gigi.

Beberapa kali Faris harus melakukan perawatan gigi dan itu tidak sedikit biaya yang dikeluarkan. Walau pakai BPJS yang sangat membantu soal biaya perawatan gigi, tapi ya pernah suatu hari karena enggak tahan dengan antrian BPJS. Soalnya ya  perlu 3 kali dulu kontrol baru bisa tambal gigi. Kami pakai jalan umum saja, ujungnya biaya membengkak. Uang 500 ribu harus ikhlas untuk membayar biaya perawatan sekali kontrol ke dokter gigi, duuh nyesek deh. Mana akhir bulan, hahaha....

Sejak itu, aku suka ngomel untuk merawat gigi Faris. Kalau sudah makan kuajak ke kamar mandi untuk sikat gigi, Bau mulutnya, "Mas, sebelum ke sekolah sikat gigi sudah sarapan!"  kataku.

Sahabat Smart Mom, bukan cuma gigi anak sih yang jadi perhatianku. Kadang disebuah pertemuan ngelihat gigi cewek cantik yang penuh karang gigi suka gregetan. Apa dia enggak nyadar ya giginya itu bisa rusak dan bau mulutnya sangat menganggu orang sekitar?

Kalau udah jadi teman dekat sih berani mengingatkan kalau mulutnya bau, tapi kalau baru kenal di sebuah acara? Kayaknya kurang sopan, paling langsung tutup hidung, hehee...

Ngomong-ngomong sebenarnya apa sih penyebab mulut bau? Penyebab bau mulut ada karena karies, plak dan kalkulus yang menupuk yang menyebabkan infeksi jamur dan bakteri pada muluk kita. Namun, ada juga yang dapat menyebabkan penyakit pada organ dalam. Kok bisa? Ya bisa dong, kan anggota tubuh kita ini saling berkaitan. Ada pembuluh darah dan pembuuh getah bening dalam tubuh kita. Jika dalam mulut kita terinfeksi maka bakteri, virus atau jemur menyebar lewat aliran darah dan getah bening itu. Nah, jangan sepelekan dong kesehatan mulutmu!

Balik soal bau mulut ya, aku mengajarkan anak-anakku untuk menjaga kesehatan mulut. Ada  5 Cara Mengatasi Bau Mulut :

Mengunyah Cengkeh
Buat kamu yang suka makan jengkol atau petai. Pasti sudah makan mulut langsung mengeluarkan bau mulut yang khas. Aku termasuk yang suka makan lalapan jengkol muda. Jika abis makan jengkol, kalau mau ke luar rumah, aku mengunyah cengkeh, enggak usah banyak cukup 2-3 cengkeh saja.

Makan Daun Kemangi
Makan daun kemangi juga bisa menghilangkan bau mulut. Terutama abis makan jengkol dan petai, hihihi.... tapi bagi yang susah makan lalapan, makan daun kemangi rasanya aneh. Aku juga pernah enggak suka makan kemangi, tapi sejak menikah dan suami suka makan kemangi, akhirnya ikutan suka deh. Apa lagi makan daun kemangi dengan ayam bakar, nyummi hahaha...
Makan Kemangi biar enggak bau mulut

Rajin Sikat Gigi
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jaga kesehatan gigi dan mulut dengan rajin sikat gigi. Ajarkan juga anak-anak sejak dini mengosok gigi. Aku juga telah mengajarkan Aisyah dan Fatih sejak usia 1 tahun.

Makan Permen Mint
Jika mendesak disebuah acara, aku selalu menyiapkan permen mint untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Kebayang dong mau bicara di depan forum kalau mulut kita bau, hihi...

Obat Kumur
Cara lain mengatasi bau mulut adalah dengan memakai obat kumur. Cara ini memang lebih praktis. Bisa dibawa kemana saja. Cukup dengan membuka tutup obat kumur dan kumur-kumur berapa detik dan bau mulut pun hilang. Kalau aku sih selalu sedia obat kumur Listerin. Cepat, praktis dan menyegarkan.

Bebas Bau Mulut dengan Listerin

Namun, aku sarankan selain 5 Cara Mengatasi Bau Mulut di atas, sebaiknya Anda rajin mengontrol kesehatan gigi ke dokter gigi. Semoga tips ini membantu ya! Ayo, bebaskan diri dari bau mulut!

Bebas Bau Mulut Berani Ngobrol dengan Istri Gubernur Lampung


27 komentar:

  1. Sejak hamil anak ke tiga ini, sikat gigi selalu bikin mual. Tapi klo harus mendengar jadi bau mulut, mikir2 lagi deh. Makasi nih sharing nya mba naqy, tapi cengkeh mulai langka disini susah cari cengkeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya, di sini cengkeh masih ada dalam bumbu sup heheh.... semoga lekas berlalu mualnya ya Bumil :)

      Hapus
  2. Yang sering aku lakuin mah makan permen mint dan rajin gosok gigi. Yang paling gampang sih. Cengkeh dan kemangi agak susah nyarinya. Obat kumur juga gak selalu ada. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, tapi semua sering tersedia di rumahku hihi...maklum suka masak pakai bumbu cengkeh hehhe...

      Hapus
  3. Kalau orang jaman dulu nginang, aduh apa ya bahasa kerennya hehe, itu juga bikin mulut seger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makan sirih, biar giginya juga kuatkan ya?

      Hapus
  4. Kalo saya, abis makan pete, biasanya makan timun, katanya bisa menetralisir bau juga.
    Bau mulut juga bisa disebabkan karena ada gangguan pada lambung kita, Mbak. Jadi, perlu juga menjaga pola makan.

    BalasHapus
  5. iya kalo aku udah kecut di mulut seringnya makan permen mint..

    duh, jadi inget teman kerja dlu, bau mulutnya luar biasa katanya itubermasalah sama pencernaannya.
    asliii...bauu dr jarak jauh aja ngobrol heuheuu

    BalasHapus
  6. Kalau di kampung saya, masih banyak yg sebelum sholat subuh mengunyah daun kemangi :) biar ga bikin "teler" orang disebelahnya ...hihihi

    BalasHapus
  7. Eh, aku baru tahu yg makan cengkeh ini. Noted!

    BalasHapus
  8. Makan permen mint emang bikin seger mulut :)

    BalasHapus
  9. Mbaa, sodaraku sering banget masukkin cengkeh di air minum. Katanya juga menghilangkan bau mulut. Nice tips, mbaa :)

    BalasHapus
  10. Kemangi dan cengkeh itu 2 makanan yg kuhindari Mbak. Hihihi. Mending rajin sikat gigi dan listerin saja deh...

    BalasHapus
  11. kalo makan daun kemangi ntar kalo ngobrol bau kemanginya kemana-mana dog mbak XD
    aku biasanya andelin permen mint sih hihi

    BalasHapus
  12. Kalo aku biasanya kutambahin dengan rajin kumur-kumur air garam atau air rebusan daun sirih, buat matiin kuman. Alhamdulillah, nggak ada gigi bolong.

    BalasHapus
  13. Kalo aku rajin berkumur pake mouthwash aja mba, biar napas lebih seger juga. Atau kadang pake mouth spray yang lebih praktis :).

    BalasHapus
  14. Saya suka kemangi buat lalap Mba Naqi..sedep dan seger.

    BalasHapus
  15. Aku nggak kebayang ngunyah cengkeh, Mba Naqi X_X
    Kalau daun kemangi sih kesukaanku. Ampuh juga buat ngusir bau badan lho.

    BalasHapus
  16. Saya juga pernah punya pengalaman ga enak seputar gigi, untungnya bisa tambal di puskesmas jadi biaya murah. sejak itu jadi lebih aware urusan gigi,

    makasih tipsnya Mba.. tapi bayangin ngunyah cengkeh..ish.. :D
    kalau kemangi saya suka..

    BalasHapus
  17. Aku suka kemangi. Ternyata bisa hilangin bau mulut ya

    BalasHapus
  18. Paling suka makan permen rasa mint atau jahe, bikin sensasi segar semriwing.hihi

    BalasHapus
  19. Listerine produk favorit bojoku ituu

    BalasHapus
  20. aku sering bingung gimana cara mwnghilangkan bau mulut setelah makan jengkol mbak

    BalasHapus
  21. Bau mulut emang ganggu banget apalagi kalau yang bau mulut nggak tahu diri misalnya orang yang perokok berat. Kalau aku sih selalu sedia permen mint di rumah dan di tas.

    BalasHapus
  22. Aku suka makan kemangi buat lalapan hehe, ternyata bisa nilangin bau mulut ya :D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...