Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Jumat, 30 September 2016

Ibu Rumah Tangga Belajar Tahsin


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Rabu lalu aku belajar di kelompok Tahsin bersama wali murid TK. Sudah sejak lama aku ingin kembali belajar tahsin Al Quran memperbaiki tilawahku. Ya, dulu saat kuliah sudah pernah sih ikutan belajar tahsin. Saat itu pagi usai subuh berangkat dari rumah karena kelas dimulai pukul 06.00 WIB. Tak puas belajar di kampus, aku ikutan kelas tahsin di Mahad Rabbani, Tanah Patah Bengkulu. Waktu itu, ada ibu-ibu sekelas denganku. Sempat deh ngebatin, “Loh, kok ada ibu rumah tangga  belajar tahsin juga?”  soalnya aku kenal suaminya satu tim disebuah organisasi. Jadi aku pikir, “Kenapa enggak belajar dengan suaminya saja?”

Dan setelah menikah, aku merasakannya (ke makan omongan ya? Haha...). Belajar tahsin dengan suami itu ada enak dan tidak enaknya. Enaknya ya waktu bisa fleksibel. Udah maghrib, udah subuh, mau di kamar, mau di ruang tamu, mau sambil berdua atau bareng anak-anak. Tapi, ada yang tak enaknya juga sih hihi...misal begini, lagi tilawah, suami dari ruang lain berseru, “Itu salah, Mi...  harusnya begini...” nah kalau enggak kuat iman, eh, kuat mental istri bisa ngambek deh kalau gaya mengajarnya begitum hihi...

Lagi pula, jadwal belajar jadi semakin enggak rutin karena terpotong dengan urusan rumah tangga. Apalagi kalau lagi LDR, duuuh...mana sempat belajar tahsin berduaan.


Ibu rumah tangga belajar tahsin? Kenapa tidak? Ayo semangaaat!


Serba-serbi Belajar Tahsin


Tapi, zaman sekarang kan emang udah canggih, belajar tahsin online juga bisa kok. Temanku malah ada group tahsin di WA. Mereka setoran bacaan lalu diperbaiki. Metode ini bagus sih buat yang udah benar bacaan, kalau pemua banget, aku sarankan mending ketemu langsung gurunya. Belajar tahsin download aplikasi Al Quran di Playstore juga bisa. Sambil masak, sambil menyusui bisa didengarkan lagi. Tapi, sekali lagi lebih enak kalau ketemu guru langsung. Lebih bisa mengikuti gerakan lidah dan intonasinya, iya enggak?

Pagi itu aku datang bersama Aisyah karena Abi lagi ada urusan di kantor. Kami ibu rumah tangga belajar tahsin. Semua peserta sekitar 7 orang sudah berkumpul di Perpustakaan TK. Sesungguhnya, aku senang banget ada kelas tahsin ini. Jadwalnya pas banget dipagi hari dan kelompoknya enggak banyak. Kalau satu kelas 30 orang bikin enggak fokus deh. Lalu, kami diberitahu kenapa sih harus belajar tahsin? Bukankah belajar mengaji sudah sejak kecil? Coba deh diingat-ingat? Sejak kapan mengeja Huruf Hijaiyyah? 

Buku Tahsin Ustmani 2 dan 3
Yup, aku sendiri belajar mengaji sejak kecil. Belajar bersama kakak, lalu ikut belajar mengaji dengan guru di dekat rumah. Waktu di Argamakmur (Bengkulu Utara) aku ikut juga di dekat rumah. Lalu, pas SMA (pernah sekolah di Jambi), kakakku memanggil guru privat mengaji untuk anaknya, di sanalah akhirnya aku lebih bisa mengaji. Tapi, untuk ilmu tahsin, aku baru dapat saat kuliah.
Loh, kenapa ya kalau kita tilawah atau mengaji suka sering salah baca, padahal perasaan, eh perasaan loh udah benar aja bacanya? Ternyata ada 3 sebab baca Al Quran masih salah, yakni kesalahan faktor pikiran (otak), mata dan lidah.


Buku Tahsin Ustmani, maaf udah lecek, hiiks...
Nah, karena 3 faktor itu harus terus diulang, diasah dan dilatih agar semua benar bacaannya. Kalau bacaannya salah, artinya ikut salah dan kita jadi kena dosa loh. Jadi, ibu rumah tangga belajar tahsin itu perlu banget biar bisa mendampingi anak-anaknya belajar tilawah yang benar dan tentu bisa menghapal Al Quran sesuai bacaannya. Nah, Moms, yuk belajar tahsin, jangan remehkan ilmu belajar tahsin Al Quran ya. Moms bisa belajar tahsin MP3 atau video belajar tahsin.

Tapi, alangkah baiknya belajar dengan guru secara langsung. Walau aku harus momong anak, aku tetap semangat belajar. Insya Allah aku terus semangat mengali ilmu tahsin sebagai bekal di akhirat kelak. Oh ya, kalau mau belajar tahsin siapkan buku Tahsin Ustmani 3 dan buku Tahsin Ustmani 2. Harganya murah loh Moms, tak sampai Rp. 10 ribu.

Aisyah nangis nemani Ummi belajar tahisn, hiiks.... 


Nah, ibu rumah tangga belajar tahsin? Kenapa tidak! Yuk, belajar bersama-sama :)


10 komentar:

  1. Kegiatan yg bermanfaat sekali, Mbak. Memang benar ya, belajar tahsin itu penting utk memperbaiki bacaan kita. Selain itu, sbg ibu, ilmunya jg bisa digunakan utk mengajar anak2 kita. :)

    BalasHapus
  2. Wah, kegiatannya sangat bermanfaat banget mbak semoga semakin semangat belajarnya ^^

    BalasHapus
  3. Belajar memang tiada batasnya. Apalagi mempelajari Al Quran. Semoga istiaomah ya 😊

    BalasHapus
  4. Aku juga pengen belajar tahsin bun, tapi belum nemu di mana.
    Aisyah kenapa nangis itu di foto yang pertama :D

    BalasHapus
  5. aku waktu kuliah dulu pernah belajar tahsin mbak, sekarang enggak lagi :(

    Nikmati Citarasa Kari Khas Jepang di A&W Restoran

    BalasHapus
  6. Wah, sama Mba Naqi, aku dulu tahsin pake buku Tahsin Utsmani. Sayang pas itu nggak lanjut karena harus pindah ke Palopo.
    Jadi kangen banget Tahsin...:(

    BalasHapus
  7. Aku juga masih belajar ngaji terus. Masih baaaaanyak banget yg harus dipelajari. Kadang bingung pas liat cetakan Al- Qur'annya kalo beda. Masih suka salah- salah :(

    BalasHapus
  8. Iya iya, bener apa yang ditulis di artikel ini. Perlu sekali belajar tahsin dengan guru yang tepat, supaya tahu dari arah mana huruf itu keluar dari mulut. Supaya tidak salah pengucapannya :)

    BalasHapus
  9. Ya Allah. Sellau berupaya untuk mendekatkan diri kepada Allah ya mba. Aku belum tergbaung mba. SMoga bisa ikut jejak mba ya . Aamin

    BalasHapus
  10. aku pernah belajar tahsin ini sewaktu di madrasah mbak..alhamdulillah sekarang kadang ngajarin ponakan

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...