Minggu, 06 November 2016

5 Tips Menghindari Mual dan Muntah

 
Sumber Foto : http://health.detik.com


Assalmualaikum sahabat Smart Mom,

5 Tips Menghindari Mual dan MuntahApakah pernah merasakan mual dan muntah? Perasaan ingin muntah atau mual sering terjadi karena beberapa hal, misalnya karena awal kehamilan, gastroenteritis, dan hal-hal lain yang memancing reaksi tubuh menjadi mual atau muntah. Jika mengalami mual dan muntah perasaan jadi enggak nyaman. Aku pernah loh mengalaminya. Duuh enggak enak banget, mana saat dikejar deadline, eh tubuh lagi enggak bersahabat. Namun Moms, tak perlu kuatir, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk meredakan rasa mual dan muntah dalam waktu singkat.

Berikut 5 Tips Menghindari Mual dan Muntah

1. Menghindari Minuman Tertentu
Saat dikejar deadline, aku suka minum kopi. Tapi efeknya kerasa banget di badan. Emang sih jadi enggak ngantuk, namun kalau lebih dari 1 cangkir maka tiga hari ke depan, efeknya bikin mual dan muntah. Nah, Moms, sebaiknya hindari beberapa minuman mengandung kafein, asam karbonat seperti soda-soda atau minuman yang rasanya asam. Anda dapat mengganti minuman jus manis, tapi hindari jus yang rasanya asam, seperti jus anggur, jus jeruk, atau jus limun. Minuman asam akan meningkatkan asam lambung, sehingga hasilnya Anda merada lebih mual.


Hindari minum teh terlalu banyak ya :)


2. Minum Seduhan Jahe
Jahe dikenal sebagai penghilang rasa mual dan pereda rasa mual yang jitu. Anda bisa minum air seduhan jahe yang hangat dengan tambahan madu atau Anda bias juga membuat teh jahe siap seduh yang sudah dilarutkan dengan air hangat. Anda juga bias minum minuman jahe kalengan yang sudah beredar banyak di pasaran. Tapi, perlu diingat, Jika minuman jahe kalengan tersebut mengandung asam karbonat, biajkan dulu minuman tersebut terbuka kemasannya hingga karbonasinya hilang. Asam karbonat yang Anda konsumsi ketika sedang mual justru akan menambah rasa mual yang berlebih.

Jahe dapat diseduh dengan gula merah (Foto  Naqi)


3. Cairan Elektrolit
Cobalah untuk minum cairan elektrolit yang banyak mengandung kalium dan natrium Setelah minum air putih untuk menghindari muntah dan mual terjadi lagi. Anda akan kehilangan cairan ketika Anda muntah dan cairan elektrolit ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan mual dan keinginan untuk muntah.

4. Permen Karet atau Daun Mint
Saat jalan jauh atau mudik, rentan banget deh mabuk darat. Kadang perasaan mual dan muntah datang secara tiba-tiba. Sebaiknya Anda sebelum berangkat jauh menyiapkan permen atau daun mint. Caranya Anda dapat mengunyah permen karet dan menghisap daun mint. Cara ini dapat membantu usus Anda bekerja lebih normal. Mampu meredakan rasa mual, sebab rasa segar dari permen mint juga dapat mengusir rasa mual yang Anda rasakan.

Daun Mint membantu meredahkan mual dan muntah


5. Indra Peraba
Cara  ini cukup unik. Saat Anda mengalami rasa mual dan muntah, tapi tidak membawa minuman atau makanan, cara mencegah rasa mual dengan mengaktifkan indra peraba Anda. Caranya dengan menyubit lengan Anda, menepuk paha atau mengigit bibir bawah Anda. Wah, sakit dong? Hihi... tapi, ini dapat membantu tubuh Anda agar tidak fokusdengan rsa mual dan muntah saja. Anda juga dapat melakukan cara lain loh, yakni memegang benda yang mampu merangsang rasa sakit pada bagian tubuh Anda agar tidak fokus dengan perasaan mual. Namun, aku kurang merekomendasikan deh cara ini, kuatir akan mencenderai tubuh Anda.

Persiapkan perjalanan Anda agar tidak mual dan muntah

Itulah 5 Tips Menghindari Mual dan Muntah semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat mencoba! Semoga kegiatan Anda berjalan lancar dan sukses!
  

3 komentar:

  1. Pas hamil saya gak merasakan mual dan muntah. Tapi, pernah beberapa kali mabok perjalanan. Biasanya kalau pengemudinya gak asik nyetirnya trus di mobil pakai wangi-wangian yang bikin saya mual

    BalasHapus
  2. Kalau gitu minum kopi jahe aja mbak Naqi biar ga mual, hehehe...

    BalasHapus
  3. saya sering mba merasakan mual mual tapi tidak sampe muntah ..
    mungkin saya terlalu banyak minuman yang mengandung banyak kafein, harus dikurangi nih :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^