Kamis, 24 November 2016

Hidayah Sulistyowati : Blogger Semarang yang Suka Jalan-jalan dan Kuliner

Hidayah Sulistyowati : Blogger Semarang yang Suka Jalan-jalan dan Kuliner


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Jumpa lagi nih dengan tulisanku mengenai sahabat arisan di Blogger Perempuan. Nah, kali ini aku mau mengenalkan blogger dari Semarang. Namanya Hidayah Sulistyowati. Mbk Wati ini begitu kami memanggilnya, sering menambahkan nama lain di media sosialnya, yakni menjadi Wati Artanto. Itu yang belakang nama suami,” ujar Mbk Wati ibu dua remaja ini.

Mbk Wati memulai membuat blog sejak tahun 2011. Tapi belum rajin, baru rajin saat ikut Arisan Ilmu bareng MakPuh Indah Julianti (Makpuh KEB) dan di sana dapat materi Blogging with Heart, Money will follow. Sejak itu, Mbk Wati makin gemar ngeblog.

Pengen tahu lebih jauh mengenai Mbk Wati? Yuk, baca hasil wawancaraku via facebook.


Hai Mbk Wati, apa niche blognya dan apa alasan memilih niche blog itu?

Blogku kayak nasi rames, segala apa ada. Katanya sih blog kayak gini niche-nya Lifestyle. Aku nggak sengaja milih Lifestyle karena memang dari dulu nggak paham dengan niche blog ya. Dan aku seperti tagline blogku, My MInd - Untaian Kata Untuk Berbagi. Ya udah aku tulis aja apa yang udah aku alami selama ini. Karena kerja di bidang keuangan, aku pernah nulis tentang keuangan. Karena membimbing anak hingga mereka menjadi remaja dan mulai dewasa, aku pun nulis saat mereka kecil hingga udah besar. Bahkan menemani anak-anak di rumah sakit pun aku tulis.

Hidayah Sulistyowati, Blogger Lifestyle 

Sudah ada tema belum setiap hari? Kalau ada apa saja?

Dulu tahun 2014 aku punya tema tiap hari tertentu. Aku jalankan hingga akhir 2015. Abis itu susah karena kurang konsisten. Dulu bahkan ada Kamis misteri di blog dengan kejadian nyata kisah misteri di tempat tinggal yang lama.

Aku juga biasanya nulis profil seseorang, bisa karena job atau teman blogger tiap Selasa. Tapi sekarang nggak bisa seperti itu. Banyak alasan, salah satunya karena job juga sih yang kadang menetapkan DL.

Saat menulis apakah langsung nulis atau buat outline dulu? Cerita dong prosesnya?

Kadang langsung nulis, tapi sering juga pakai outline. Kalo outline, aku biasanya nulis per item, nanti tinggal dikembangkan. Ya karena aku awalnya nulis dari nulis non fiksi. Jadi mudah ada mengembangkan ide yang kadang mampir di benak, hahaha.

Bersama Blogger Perempuan

Biasanya ngeblog jam berapa?

Aku waktu masih kerja dulu ngeblog kayak jadwalku nulis artikel atau novel (belum ada yang diterbitkan). Tiap pagi saat anak-anak udah sekolah, sebelum berangkat kerja. Sejak resign, malah enak sih jadi leluasa. Jam ngeblog usai kerjaan rumah beres, udah mandi dan wangi, hihiii.

Mbk Wati ada ART gak? Bagaimana pembagian tugas Ibu dan jadi blogger?

Udah 10 tahun aku nggak pakai ART, tapi sesekali masih dibantu buat nyetrika. Karena aku sejak usia 45 lebih gampang capai. Jadi ya mesti tahu diri, sama niat bantuin orang juga sih.

Aku biasanya ngeblog kalo udah di rumah sendiri. Kalo pas ngejar DL, malam juga nulis sih. Anak-anak kan udah remaja semua, mereka punya kesibukan ngerjain tugas atau belajar. Jadi ya nggak butuh ibunya. Tapi tetap kalo anak-anak butuh sesuatu, aku hentikan ngeblognya meski DL udah di depan mata. Aku pentingkan urusan rumah tangga dibanding kegiatan blogger.

Apa tema yang paling sering Mbk Wati tulis dan mengapa?

Temanya secara nggak sengaja ternyata banyak jalan-jalan dan kuliner. Karena suka ngintil suami kerja. Kebetulan suami kerja sendiri, dan sering keluar kota. Jadi sering ngajakin aku untuk nemeni. Kami sama-sama suka kulineran dan suka jalan sejak sebelum nikah. Jadi ya udah terbawa sampai sekarang. Tapi jalan-jalannya baru sebatas pulau Jawa, itupun belum banyak.


Hidayah Sulistyowati  dan suami suka jalan-jalan dan  kuliner :)

Menurut Mbk, jadi blogger itu apa aja sih enak dan manfaatnya?

Enaknya sih bisa mengenal banyak orang dengan profesi yang berbeda. Punya pengalaman baru, diundang jadi buzzer buat ngenalin produk, mendapat banyak kesempatan bertemu orang-orang yangsebelumnya nggak pernah terpikirkan.

Manfaatnya aku makin punya banyak kenalan baru yang ada di luar lingkaran pertemanan selama ini. Mereka berada dari luar kota dan kalo bertemu seperti teman yang udah kenal lama.

Mbk rutin sekali 1 hari 1 tulisan, apakah tidak kehabisan ide? Mentok ide? Kalau pernah bagaimana mengatasinya?

Aku nulis satu tulisan sehari satu kalo sedang nggak sibuk di dunia nyata. Tapi bukan untuk blog sih, tapi untuk calon buku solo. Kalo blog paling seminggu tiga kali kalo lagi rajin.

Apalagi sekarang lagi merawat bapak tiap pagi dan sore nyibin bapak yg kena stroke. Trus dua hari sekali mengantar ibu terapi di rumah sakit. Jadi ngeblognya sedang berkurang nih. Aku lebih mengutamakan nemeni ortu dulu.

Mentok ide jarang sebenarnya, tapi kurang waktu iya. Terutama sekarang, pengen nulis tapi waktunya ngga ada karena fokus keluarga dulu. Kalo sampai kejadian mentok idenya, aku istirahat nulisnya. Aku pakai baca buku, atau BW. Biasanya dengan BW aku jadi dapat inspirasi. Atau keluar rumah, jalan-jalan yang dekat aja sih.


Apa tanggapan suami Mbk saat memutuskan menjadi blogger?

Suami mendukung karena selama ini kalo ada undangan dari brand untuk gathering, aku pasti ijin dulu. Kalo suami nggak ngijinin ya aku nggak pergi. Bentuk dukungannya seperti menyiapkan waktu untukku, sarana seperti wifi, juga ngajakin jalan-jalan sambil kulineran. Ujung-ujungnya kan bisa aku tulis untuk posting di blog.
 
Dukungan suami membuat Mbk Wati makin semangat ngeblog

Modal jadi bloggerkan tidak juga murah, dari kuota, beli domain, foto yang kece, bagaimana Mbk mensiasati modal jadi blogger kece ?

Kalo kuota dulu aku pakai hape aja di-thetering. Trus sejak rumah pasang wifi indihome, jadi makin asik nih karena suami yang bayarin. Kalo domain kan murah ya, satu JR aja udah nutup domain web aku. Soal foto dulu juga minjem tustel suami yang untuk kerja. Sejak jadi kontributor awal tahun 2015, aku pakai fee dari nulis untuk beli smartphone yang udah mumpuni hasil fotonya.


Selalu mencoba update ilmu dunia blogger :)


Menurut Mbk Wati, bagaimana persaingan antar blogger baik yang pemula mau pun yang sudah lama (senior), nah bagaimana Mbk tetap bertahan dengan kondisi ini?

Aku nggak ngerti banget soal persaingan di dunia blogger. Mungkin karena tinggal di daerah dan aku juga nggak mau memikirkan urusan rezeki orang lain. Ya udah enjoy aja sih menurutku, malah lebih nyaman dengan kemampuanku yang belum semahir blogger keren lainnya.

Ada yang bilang rezeki udah diatur Allah. Dan semua profesi pada dasarnya sama sih. Sepanjang kita memberikan yang terbaik, Insya Allah, rezeki akan mengalir. Yang penting saat kita nulis, berikan yang terbaik. Jangan melebihi tenggat waktu, terutama kalo itu JR. Sebarkan artikel yang positif dan memberi nilai manfaat untuk semua kalangan.

Hidayah Sulistyowat Blogger dari Semarang yang kaya prestasi


Apa saja prestasi Mbk dari ngeblog atau menulis?

Kalo menulis udah ada beberapa karya di media, dan antologi. Pernah menang jadi juara I Lomba Menulis Kisah Inspirasi yang diadakan oleh Penerbit Qultum Media tahun 2012.

GIVEAWAY

- Salah satu pemenang pada Giveaway Mbak Indah Nuria Savitri “#Giveaways
  #Kampanye #finishthefight #gopink #breastcancerawareness" 

- Pemenang Ke- 6 Kategori Ranking Artikel Google - "Gerakan Peduli Kata Kunci   Tips  & Info Wisata WARUNG BLOGGER

- Pemenang Hiburan Giveaway Arina Mabruroh  "Nostalgia Putih Abu" 

- Pemenang Hiburan Giveaway Ika Puspita "Bundafinaufara 1st Giveaway" 




LOMBA BLOG

- Pemenang Hiburan Competisi Blog Sistasilius.com 

- Artikel Favorit 2 Posting Blog serentak "1ThGandjelRel"

- Pemenang Hiburan dengan Komentar Terbanyak "Cicil Masa Depanmu" 

- Pemenang I Lomba Blog Khusus "Fun Blogging 9 Semarang"
- Pemenang II Lomba Blog "Lunpia Delight" 


Nah, ini dia prestasi Mbk Wati di dunia blogger. Keren kan ya? 



Apakah ada lomba/hadiah yang paling berkesan? Mengapa?

Semua hadiah berkesan banget mbak, terutama kalo dari Giveaway. Kesannya kan pribadi ya, yang ngadain komunitas blogger atau teman sendiri. Jadi biasanya aku pakai sendiri. Beda kalo dari lomba blog, kalo hadiahnya smartphone malah yang pakai anak-anak.
 
Mbk Wati jalan-jalan dengan keluarga

Apa sih harapan Mbk ke depan sebagai blogger?

Aku nggak pernah berharap lebih sih kalo sebagai blogger. Dibaca banyak orang aja udah seneng. Nggak pernah pengen bisa terkenal dari ngeblog karena aslinya aku tuh nggak pede, hihiii. Tapi mesti jawab ya, hmm. Pengennya sih blogger bisa memiliki satu komitmen agar tidak menerima fee yang tak wajar. Dalam arti yang kurang menghargai peran blogger. Kalo blogger bersatu menentukan fee yang wajar, pasti brand juga kasih sesuai kualitas blog kita. Tapi kan kita selama ini dapat job dari agent digital marketing ya, jadi nggak bisa menawar harga.

Sekarangkan lagi ramai mengenai blogger di #UsiaCantik. Ada pesan untuk blogger yang berusia di atas 40 tahun?

Waduh, aku nggak berani kasih pesan untuk teman blogger di atas usia 40 tahun. Apalagi usiaku sendiri udah jauh di atas 40, mendekati 50 tahun. Kalo untuk diriku sendiri sih, aku lebih mementingkan kesehatan. Kalo suka begadang untuk usia 40 tahun lebih, kadang mengganggu kesehatan. Itu untuk kesehatan ya.

Kalo untuk effort blogging, ya silahkan aja kalo ingin terus menorehkan prestasi dengan blogging. Prestasi ngeblog enggak ada pengaruh dengan usia. Tapi dengan kecakapan blogging, baik teknik nulis maupun SEO. Sepanjang mau belajar, berapapun usianya pasti akan menuai prestasi.

Hidayah Sulistyowati tetap cantik dan berprestasi diusia mendekati 50 tahun


Nah, sahabat Smart Mom, itulah ceritaku mengenai Mbk
Hidayah Sulistyowati blogger dari semarang yang tetap smart dan berprestasi di #UsiaCantik . Kamu mau juga kan tetap berpreastasi? Ikuti saja tips Mbk Wati di atas ya! Selamat mencoba!


Kenalan lebih jauh silakan add akun media sosialnya ya!

Email                : wati.artanto@gmail.com
Twitter / IG        : @Hidayah_Art
FB                     : @hidayahsulistyowati
Blog                   : http://www.hidayah-art.com/

24 komentar:

  1. Hai Mba Wati...
    Ikotan kuliner donk, nyempiil juga gpp.

    Aku setuju banget, kalo prestasi ngeblog ga mengenal usia, bisa berkarya dengan mengasah tulisannya. Aku pun mauuu terus ngeblog ampe tua ahh...

    Daan sukanya ngeblog ga bersekat-sekat usia,bisa nyambung obrolannya ;)

    BalasHapus
  2. Keren! Semoga selalu produktif! :D

    BalasHapus
  3. 40 tahun? Wah, tapi kelihatan masih muda banget. :)

    BalasHapus
  4. Ini sosok wanita enerjik yang penuh inspirasi. :)

    BalasHapus
  5. Pengen kenalan. Biar ketularan semangatnya. :)

    BalasHapus
  6. 1 hari 1 tulisan? Hebat! Bisa ditiru tipsnya.

    BalasHapus
  7. Wowww komplit banget mba Naqiiii, makasiiih :D

    Hayuuk Teh Nchie, ke Semarang yuk, ntar kopdaaar, heheee

    BalasHapus
  8. Wah hebat ya Mbak Wati,,, selalu rajin menulis, mendokumentasikan pengelamannya , yang bisa di nikmati orang bayak... Salut dan patut di tiru semangat Menulisnya di Blog...:)

    BalasHapus
  9. Gak nyangka mbak Wati sudah JeLiTa... Awet muda mah ini

    BalasHapus
  10. Mba wati duka sm ceritanya berbagi semangat ttp sukses y mba

    BalasHapus
  11. satu hari satu tulisan... itu keren, aku belum bisa... kadang kehabisan ide... terus ga mau aja..kesannya jadi tulisan yg memiliki kesan yg dipaksakan..apalagi aku orgnya ga kreatif... salut buat mba..wati

    BalasHapus
  12. Ternya nama Mbak Wati merupkan nama pena ya...baru tau ^_^

    BalasHapus
  13. Mba Wati rajin banget menulis. Aku dulu baca tulisannya saat naik haji jadi berkesan banget dan berharap bisa kesana :)

    BalasHapus
  14. Aku sdh beberapa kali mampir di blognya mba Waty..

    BalasHapus
  15. Sudah ngeblog sejak 2011 ya? Lama juga ya :)

    BalasHapus
  16. satu hari satu tulisan itu gimana caranya..huaaahh mantaaap sekali mba watii..suhu ini mah namanya..harus tetap semangat dan konsisten ya. Semangaat *pasangiketkepala

    BalasHapus
  17. Iyaa patut diacungi jempol nih,sosok mbak Wati ini sarat prestasi selain orangnya yg supel,santun, baik hati dan cuantik luaar dalam.

    BalasHapus
  18. Ngeblog kalo didukung suami mang bikin makin semangat yaa. Sama seperti suami mba Wati, suamiku pun mendukun penuh

    BalasHapus
  19. wah mba wati ini sering banget jalan2 jadi kepengen deh, apalagi pas icip2 kuliner,

    BalasHapus
  20. Senang ya jadi bagian dari blogger yang heboh dan inspiratif saling mrmotivasi di #usiacantik. Dari apa yang kita kerjakan pastilah ada manfaatnya bila niatnya baik.
    Salam hangat dari Solo

    BalasHapus
  21. Asli keren banget tulisannya mbak..,
    saya jadi sangat terinspirasi..

    Salam kenal dan sukses selalu..
    dari blogger & Netprenour Bali

    BalasHapus
  22. Asyik tuh, kalo bisa ngeblog didukung sepenuhnya dengan pasangan. hehee]
    to swiittt :D

    BalasHapus
  23. Semoga makin keren dan jgua banyak fans ini blogger semarang :D hehe

    BalasHapus
  24. Wiiihh keren banget :D Yang rajin ngeblog ya kak, biar nambah fans

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^