Kamis, 22 Desember 2016

Kejutan Hari Ibu Dari Mas Faris


Sejak pembagian rapor, Faris sudah membaca tugas dari sekolahnya. Salah satunya membuat kejutan di Hari Ibu atau membuat kado hari ibu. Walau begitu, Mas Faris terlihat cuek aja. Aku sempat mengingatkan, “Mas Faris, besok hari Ibu loh! Apa nih kado buat Ummi?” tanyaku malam sebelumnya. Mas Faris yang lagi nonton TV senyum-senyum saja, “Rahasia deh!” katanya. Olala, Ummi kan penasaran haha apa ya kado sederhana untuk ibu versi Mas Faris? ... Abi sih ada kebagian tugas saat liburan ini, mau menanam bersama Faris. Sudah disiapkan biji alpukatnya. Tinggal menanam saja. 

Pagi ini, 22 Desember 2016, Ummi dan Aisyah berangkat ke pasar. Kami berdua belanja stok ceker kesukaan Aisyah. Kalau Mas Faris dan Abang Fatih enggak doyan ceker, maunya ayam goreng kayak Upin dan Ipin hehe... usai belanja, ada beberapa mahasiswa mendekatiku. Wah, di Hari Ibu 2016 ini, wow, aku dikasih bunga. Makasih ya, jadi terharu deh. Hari Ibu memang bukanlah sehari atau hanya tanggal 22 Desember, tapi kalau ada anak-anak yang mengucapkan cintanya kepada ibu, kenapa enggak kan?

Sampai di rumah, Abang Fatih dan Aisyah mulai bongkar belanjaan mencari susu kotak. Ini emang kebiasaan keduanya saling minum susu UHT. Fatih suka rasa coklat dan Aisyah susu strobery. Lagi asyik bongkar belanjaan, Faris ternyata lagi sibuk di dapur. Tak lama Mamas menyiapkan sebuah piring dan ada tulisannya, huaaah terharu deh. Sekalian aja pinjam bunga yang dikasih Mbk Mahasiswa di Pasar Rajabasa tadi pagi :)

Telur dadar istimewa hadiah hari ibu dari Mas Faris :)
Ini kejutan sederhana yang diberikan oleh anak sulungku. Walau setiap hari Mas Faris bisa memberikan telur dadar buatannya, tapi tetap saja Hari Ibu menjadi istimewa. Kenapa? Berikut 5 Alasan Hari Ibu Istimewa bagiku :

Pertama : Sebagai Muhasabah/Refleksi

Hari ibu mengingatkan aku betapa aku punya amanah sebagai ibu. Kehadiran ketigga anak-anaklah yang menjadikan aku seorang ibu. Selama ini, aku belumlah menjadi ibu yang sempura, masih banyak PR yang harus aku lakukan. Baik meningkatkan kualitas ibadah, skill dan akhlak mereka.

 
Telur dadar buatan Mas Faris untuk Hari Ibu 2016, makasih ya, nak :)
Kedua : Ingat Perjuangan Ibuku
Hari ibu mengingatkan aku tentang ibuku. Ya, ibuku telah tiada sejak tahun 2013. Rasanya kalau diputar mengenai kenangan itu bikin air mata menganak sungai. Aku terbiasa jalan berdua, duduk di warung makan, kami makan ice cream atau gado-gado kesukaan ibuku. Kalau menjelang lebaran, sibuk masak kue berdua atau beberes rumah. Kenangan itu membuat aku belajar terus belajar menjadi ibu yang baik buat anak-anakku.



Ketiga : Ingat Mertua
Tiada tara jasa seorang ibu untuk anaknya. Jika ingat suami tentu ingat ada jasa ibu mertua di belakangnya. Mamak, begitu aku menyebutnya, kami jarang bertemu karena jarak dan waktu. Tapi,suami rajin menelpon dan berkunjung. Bahkan kadang malu juga nih, pulang kampung bawa oleh-oleh sekedarnya, pulang disangku macem-macem. Ada ikan gurami, ikan lele,ikan asin hingga jajanan buat anak-anak. Huaah, belumlah bisa menggantikan jasa ibu mertua pada kami.

Keempat : Ingat Perjuangan Perempuan Indonesia
Kenapa, kenapa ada hari Ibu? Di sebuah group Kepenulisan yang aku ikuti, seorang teman bertanya “Ini Hari Ibu Untuk Indonesia atau Dunia?” dan aku sempat bertanya dalam hati, kalau saja tanpa Hari Ibu, apakah anak-anak lain akan mengingat Hari Cinta kepada Ibu? Di sekolah, saat aku mengajar dulu jika Hari Ibu, anak-anak akan membuat surat cinta untuk ibu, membuat prakarya untuk ibu dan begembira menyambut Hari Ibu. Bagaimana pejuang kita dulu ya?

Baca Juga : Tips Menjadi Ibu Cerdas Mengelola Emosi

Kelima : Ingat Perjuangan Ibu Hebat
Menjadi ibu begitu banyak perjuangannya. Moms, pasti pernah dengar perjuangan Ibunda Nabi Ismail as saat mencari air. Kala itu Nabu Ibrahim as membawa Hajar dan Ismail ke daerah yang tandus dan kering. Lalu, keduanya ditinggalkan atas perintah Allah Swt.  Di sini, Hajar harus berjuang mempertahankan hidup bersama Ismail. Berulang-ulang membaca ini membuat hatiku haru biru. Belum lagi perjuangan Bunda Nabi Musa as saat harus berpisah kepada Nabi Musa as atas perintah Allah Swt menyusui Nabi Musa hingga kenyang dan menghanyutkan ke sungai. Lalu, Ibu Musa menyiapkan segala sesuatunya. Ya Allah, bergetar membaca kisah ini. Ada dalam Qs. Al- Qashash   ayat, 7-12. Membaca terjemahannya membuat hati ini bergetar, perjuanganku sebagai ibu belumlah seberapa beratnya perjuangan mereka. Tapi, aku tahu, Allah tak akan memberikan beban diluar kemampuan hamba-Nya.

Memiliki 3 anak yang sangat aktif adalah PR aku saat ini. Berharap diakhir tahun 2016 ini aku dapat menjadi ibu yang lebih baik lagi. Nah, itulah kisahku di Hari Ibu 2016 ini, bagaimana kegiatan teman-teman semua? Apa kejutan dan hadiah dari anaknya? Share dong!



7 komentar:

  1. Subhanallah, Mas Faris romantis banget. ^_^

    BalasHapus
  2. Aihhh so sweet nya anak lanang ya mba. Aku tahun ini malah gak dapat ucapan dari anak2, hihii. Biar aja lah, saat aku butuh mereka selalu ada, itu yg penting kalo udah besar2

    BalasHapus
  3. Romantisnya anak Mbak Naqiyyah. ^_^ Semoga jadi anak sholeh ya?

    BalasHapus
  4. MasyaAllah bahagia bgt ya mba, dapat bunga dan dibikinin telur dadar. Aku aja yg kadang dikasih surat cuma berisi tulisan aku saya ibu rasanya meleleh

    BalasHapus
  5. Waaaw...romantisssss
    Tahun ini hari ibu anak-anakku ga kreatif kayak biasanya karena pas aku ada even blogger.tapi justru suami yang kasih perhatian ekstra

    BalasHapus
  6. Mas Faris pintar banget bikin kejutan buat Ummi. Hihiii. Sempat sempatnya pake bunga :)

    BalasHapus
  7. Bijaksana sekali sikap sederhana mahasiswa yang bertemu dengan kakak. Dan sepertinya hari ibu menyadarkan banyak ibu-ibu yang lainnya untuk turut bersyukur dan menghargai sosok dirinya sebagai ibu ya, kak. Aku suka tulisan ini. :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^