Rabu, 15 Maret 2017

Al Quran Adalah Pusaran Kehidupan : Sejauh Mana Kita Berteman Dengan Al Quran?

Assalamualaikum, sahabat Smart Mom, semoga selalu sehat ya. Aku mau share hasil acara Tasqif di Masjid Al Muhajirin, Bandar Lampung, Sabtu 11 Maret 207 lalu.  Semoga catatan ini bermanfaat ya!

Foto by : beautiful-al-quran
Waktu dan Baca Al Quran

Sering kali kita mengatakan, waktu kita sudah habis buat kegiatan ini dan itu. Padahal, sebagian kecil saja yang kita infaqkan, contoh sholat lail, satu waktu saja. Satu kesibukan saja.  Sedangkan Allah telah memberikan balasannya atau di balikkan dengan melipat gandakan nikmat untuk kita. Baik kesehatan, anggota tubuh yang lengkap, anak yang sehat dan lainnya.

Coba diingat lagi deh, apa saja yang telah Allah berikan kepada kita? Nikmat iman sungguh luar biasa.  Kita berikan waktu sedikit untuk beribadah kepada Allah, tapi Allah berikan keberkahan tidak terbatas.

Lalu, apakah kita mempercayai akan adanya malaikat? Malaikat itu memiliki sayap. Ia berada dalam majelis dzikir. Malaikat akan membanggakan amalan orang yang ada dalam majelis dzikir itu di hadapan Allah.  Sebuah kisah ini menggambarkan kehadiran malaikat. Diceritakan ada seorang  sahabat yang menambatkan kuda di pohon kurma. Sahabat itu bernama Usaid bin Khudhair.

Kuda ditambatkan, anaknya sudah tidur, ia lalu membaca Al Quran.  Baru beberapa ayat, kuda yang digambarkan berontak dan berputar-putar dan tombak pedangnya dan mengecek dan sekitar lokasi itu dan ternyata tidak ada apa-apa dan Ia melanjutkan bacaannya Al Baqorah dan merontah lagi, dikira ada musuh ternyata tidak ada apa-wpa. Lalu dia takut anaknya takut terinjak kuda. Akhirnya dia hentikan bacakan Al Quran. Esoknya, dia mengadu ke Rasulullah. Kata Rasulullah,  kuda merontah karena melihat malaikat, banyaknya rombongan malaikat seperti awan.

Nabi bersabda, "Mereka adalah para malaikat yang datang mendekatimu karena mendengar suaramu (membaca Al-Qur'an). Dan seandainya kamu tetap membaca Al-Qur'an hingga datang waktu fajar, maka awan itu akan tetap tinggal di situ hingga pagi hari seakan-akan tidak akan lenyap."

Mengenal Malaikat Jibril

Lalu, malaikat Jibril. Bosnya malaikat yang mengemban tugas menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad Saw. Jibril punya 600 sayap. Ufuk Timur dan Barat tertutup, Jibril datang membawa wahyu bersama 600 ribu malaikat.

Dutanya Allah adalah jibril,  mengiringi jibril turun ke bumi, malaikatnya ganteng-ganteng,  malaikat yang tidak ganteng ya penjaga neraka, heheh... Kan berwajah seram. Bahkan, dikisahkan,  Siti Maryam didatangi malaikat, lalu Maryam berkata, kalau kamu bertaqwa.... (Intinya karena malaikat itu berwajah rupawan, sehingga Maryam pasti menyangka orang bertaqwa bukan orang berniat jahat).

Kisah Umar bin Khatab masuk Islam karena mendengarkAN ayat suci Al Quran. Ada juga Aisyah yang nangis seharian ketika membaca surat Al Waqiah. Ada Ibnu Mas'ud membaca Al Mulk pingsan  sampai 3x. Membaca Al Mulk, dia pingsan. Baca lagi, pingsan lagi, baca lagi, pingsan lagi. Hingga 3 kali.

Sahabat Smart Mom, Al Quran adalah pusarannya kehidupan. Kalau Al Quran tidak ada.  Maka tidak ada kehidupan lagi, alam tidak seimbang lagi.

Kemuliaan Al Quran ada dalam beberpa fase kehidupan, yakni dunia, alam barzah dan akhirat. Di alam barzah, ada 3 fase. Fitnah kubur, azab kubur dan nikmat kubur.

Fitnah Kubur itu apa? Ya, semua orang akan mengalami  fitnah kubur. Kalau azab tidak semua. Fitnah adalah pertanyaan kubur.

Apa saja pertanyaan dalam kubur?
1. Man Robbuka? Allahu Robbi
2. Maa Dinuka? Islam
3. Manhaza (lupa deh bahasa arabnya). Siapa laki-laki yang diutusmu
4. Wamayudrika, apa kamu ketahui yang kamu pelajari? Aku pembaca Al Quran


Alam barzah ukurannya Al Quran. Baru deh seseorang akan menikmati alam kubur. Di akhirat surga itu diukur dengan sebanyak kita berinteraksi dengan Quran. Para ulama mengatakan kalau tingkatan surga sama dengan jumlah dengan huruf-huruf dalam Al Quran.

Nah, jika kita meyakini sebenarnya Al Quran adalah pusarannya kehidupan ini, bagaimana bisa orang meninggalkan Al Quran?  Kelak, di surga ada  2 ibadah hanya yang tetap ada, yakni 1. Berdoa (minta apa yang kamu inginkan? ) 2. Membaca Al Quran.


Sahabat Smart Mom, ajarkan anak membaca Al Quran dengan tartil. Jika belum, teruslah berusaha belajar (seperti aku yang terus belajar memperbaiki bacaan Al Quran  nih, hehe...).  Tartilkan bacanya, surgamu di total tingkatannya. Surat-surat Al Quran ada 33 ayat, kalau dibaca dosanya akan dihapuskan.  Kekuatan surat dalam.Al Quran jika dibaca, seperti Surat Al Mulk. Akan menjelma menjadi kekuatan sampai orang ini dibangunkan. Surat Al Baqorah dan Al Imran akan mendebat Allah memasukkan orang masuk surga.

Bagi anak yang hapal Al Quran, orang tuanya akan diberi makhota. Makhotanya lebih terang dari matahari. Yang pandai baca Al Quran, yang terbata-bata, dapat 2 pahala. Pahala membaca yang belajar
Moms, ibadah itu ada gol /wasilah.

Ke masjid tujuannya sholat berjamaah. Menuju goal semuanya dapat pahala. Berjalan satu langkahnya dihapuskan dosanya, belum sampai gol udah ada pahalanya, wudhu untuk sholat golnya untuk sholat.



Al Quran golnya diamalkan. Yang memfasilitasi, belajar aja baca Al Quran berpahala, apalagi pintar. Manusia dibagi 3 kelompok (catatan ini kelewat, heheh...).

Yuk, cek bagaimana kita selama ini memanfaatkan waktu :
1. Dari bangun tidur
2. Memanfaatkan waktu



Sadar atau tidak, Islam saat seperti dimasa kejatuhan, muslim kumuh, terjajah, berarti ada masalah disuatu zaman. Kenapa? Karena kita jauh dari Islam dari Al Quran, caranya, baca dulu.

Indonesia negera Islam terbesar di dunia, penyumbang buta huruf Al Quran terbesar. Bagaimana solusinya?

Al Quran sumber pusaran kehidupan, bahkan setelah kematian, sejauh mana kita berteman dengan Al Quran? Semoga kita menjadi orang yang selalu berusaha memperbaiki diri. Selalu ingin menjadi muslimah yang diridhoi Allah. Berusaha menjadi Al Quran pusaran kehidupan, sehingga selamat  dunia dan akhirat. 

Jika belum dapat lancar membaca, sahabat Smart Mom dapat mendengarkan muratol yang bisa di download di hp adroidnya. Jika jaringan kuat dan sinyal kencang seperti XL, maka mudah saja membuka youtube dan mendengarkan orang membaca  Al Quran  dengan benar. Perlu banget jaringan internet yang stabil untuk emak-emak yang tugas domestiknya sibuk, tapi tetap bisa belajar baca Al Quran. 

 Namun, aku sarankan, jika memungkinkan untuk mengikuti kelas tahsin. Akan sangat berbeda jika belajar langsung dalam memperbaiki bacaan Al Quran . Semoga kita semua menjadikan Al Quran  sebagai sahabat.

Semoga motivasi di atas dapat bermanfaat. Yuk, cintai Al Quran! Jadikan Al Quran Adalah Pusaran Kehidupan. 

13 komentar:

  1. terima kasih artikelnya mbak jadi reminder buat diri sendiri

    BalasHapus
  2. Semoga kita dan keluarga (suammi plus anak-anak ) bisa semakin yakin dengan mukjizat Al Quran ya mbak Naqi. Amiin yra

    BalasHapus
  3. Xinspiratif. Terima kasih sudah mengingatkan

    BalasHapus
  4. Iya ya mba, bener, klo udah deket sama Quran rasanya tuh adeem, meskipun sering nangis klo pas baca ayat2 tertentu tapi setelahnya tuh plooong bgt kita punya ati 😄

    BalasHapus
  5. Iyah. Kadang lupa kalau sudah dikasih nikmat berupa kesehatan, padahal itu semua mahal.

    BalasHapus
  6. Sekarang isi alquran..diabaikan..gak jadi pedoman...

    yah terbukti dengan banyak yg bilang..apa2 jangan bawa agama... itu pedoman padahal...

    BalasHapus
  7. Tulisan yang inspiratif, pengingat yang baik. Insyaallah tiap hari aku sudah sempatkan buat baca Quran biar Al Quran nggak teronggok begitu aja di lemari.

    BalasHapus
  8. Sekarang lebih suka menghadapkan muka di layar hp daripada di depan mushaf Al Qur'an. Duh.

    BalasHapus
  9. Ameen, semoga Al-Qur'an bisa menjadi panduan hidup tiap kali jadi reminder

    BalasHapus
  10. Makasih udah diingatkan mak, duh jadi teringat program hapalan anakku udah beberapa ini ga konsisten jadwalnya 😢😢

    BalasHapus
  11. Makasiiiih buat pengingatnya, mbak Naqi :')

    BalasHapus
  12. Berasa ada yang kurang kalo sehari gak baca Quran, mba

    BalasHapus
  13. Aku suka dengerin murrotal dari HP. Rumah jadi adem dengan bacaan Al Qur'an. Btw supaya ga kelewat mencatat, pake voice recorder aja mba

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^