Rabu, 15 Maret 2017

Tips Memilih Sofa Untuk Ruangan Minimalis



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Saat aku menikah dan pindah rumah ke Lampung, aku disuruh membawa sofa. Kebetulan pindahan barang dari Bengkulu ke Lampung Timur membawa truk besar, sebuah truk ekpedisi.  Barang yang masuk juga bisa banyak, termasuk tempat tidur, kulkas, lemari, hingga sofa.  Sayangnya saat anak sulung kami usia menjelang 1 tahun, sudah belajar merambat dan sering naik-naik sofa. Bahkan sering jatuh terguling karena ingin menaik sofa. Sejak itu, suami melarang punya sofa dulu kalau anak-anak masih kecil. Jadi, saat kami pindah ke Way Jepara (masih Lampung Timur) dan akhirnya ke Bandar Lampung, sofa itu tidak dibawa. Jadilah rumah kami sampai saat ini belum punya sofa, hihi...

Ruang tamu kami memang tidak terlalu besar, bahkan sengaja disekat agar lebih rapi. Apalagi kami beberapa kali sering pindah rumah, sehingga sofa belum menjadi prioritas. Saat pindah ke Padang, rumah kami malah enggak punya kursi. Semua kursi ditinggal di Lampung. Tapi, sejak hamil 9 bulan, suami membelikan 1 kursi biru yang cukup kuat untuk tempat dudukku. Kursi itu menemaniku mandi, mencuci piring, sholat hingga teman mengetik hehe...


Beragam alasan mengapa orang belum tertarik untuk membeli sofa, selain karena ruangan rumah yang sempit, adat kebiasaan yang sering duduk ngemper alias gelar tikar hingga budget yang belum sesuai. Apalagi kalau melihat harga sofa yang wow banget bagi keluarga kecil sepertiku, rasanya bikin mikir deh! Beli sofa jadi urutan kesekian! 

Nah, saat berselancar ke dunia maya, aku menemukan sofa murah harga 1 jt. Ini harga sofa sesuai dengan budget dan ruangan di rumah kami. Aku akhirnya mulai berpikir untuk merapikan ruang tamu dengan membeli sofa. Ada perasaan enggak enak hati kalau tamu datang meliha rumah yang belum ada kursi memadai. Untuk itu, sebelum membeli sofa, aku mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :

1. Pilih Sofa Sesuai Ukuran Ruangan
Ruangan yang minimalis dapat diberi sofa dengan tata letak yang pas. Pilihlah sudut ruangan yang cocok dipasang sofa, lalu siapkan meja kecil di samping sofa. Misalnya buku, majalah, atau tempat cemilan.  Untuk ruang tamu, pilihlah sofa yang berbentuk persegi empat dan susun berbentuk “L” sehingga ruangan terkesan tidak sumpek. 

2. Pilih Bentuk Sofa
Pilih sofa yang tidak terlalu besar dan memakan tempat. Lebih cocok kalau sofanya bisa mempunyai beberapa fungsi. Misalnya dapat diadikan tempat tidur, hehe... Sofa yang digunakan untuk ruang tamu akan berebeda untuk ruang keluarga. Untuk ruang keluarga, pilihlah sofa yang lebih nyaman dan mampu menimbulkan suasana akrab antar anggota keluarga.

3. Pilih Corak Sofa
Tak kalah pentingnya dengan ukuran dan bentuk. Corak juga akan mempengaruhi keindahan dari sofa di dalam ruangan rumah. Pilih corak yang kalem dan sesuai cat ruangan. Tentu akan kurang pas jika terlalu menonjol. Namun, jika untuk ruangan keluarga, sofa yang bercorak warna-warni akan menimbulkan kesan ruangan yang santai dan nyaman.

4. Pilih Bahan Sofa 
Bahan sofa beraneka ragam, pilihlah sesuai dengan kemampuan budget keluarga dan gaya hidup. Contohnya, sofa dengan bahan kulit atau vinil cocok untuk yang memilihi anak kecil, apalagi anak-anak suka menumpahkan sesuatu ke sofa. Bahan kulit atau vinil lebih mudah untuk dibersihkan.

5. Tentukan Fungsi Sofa
Ini tak kalah penting saat memilih membeli sofa. Apa tujuan membeli sofa? Untuk bersantai? atau untuk menjamu tamu? Sofa yang digunakan untuk ruangan tamu akan berbeda untuk ruangan keluarga. Namun, pilihan tergantung pilihan Anda, apalagi sofa murah harga 1 jt sekarang sudah banyak loh! 


Demikianlah Tips Memilih Sofa Untuk Ruangan Minimalis ala aku yang akan aku terapkan jika kelak aku membeli sofa. Kebetulan ada harga murah, jadi pengennya segera berbelanja buat sofa ruang tamu. Bagaimana dengan sahabat Smart Mom? Share dong!

27 komentar:

  1. Nice info, warna sofa juga bisa menentukan tema ruangan

    BalasHapus
  2. Pengin ganti sofa nih, tapi sofa lama yang rusak masih nangkring di rumah.

    BalasHapus
  3. Kadang mikir pengen punya sofa, tp perawatannya kudu extra, sebab kan sofa dr kain. Klo ga punya mesin penyedot debu alamat anak2 kena asma

    BalasHapus
  4. Saat ini masih gelar tikar aja hehehe... Semoga ada rezeki sehingga bisa ke beli sofa pilihan sesuai tips ini :)

    BalasHapus
  5. Belum punya sofa, mikir anak2 lagi lesek2nya. Drpd sering ngelarang manjat, mending tunda dulu heuheu..

    BalasHapus
  6. Aku juga berpikir kelak kalo beli sofa untuk rumah sendiri, harus memerhatikan ukuran kelebaran ruangannya pas apa enggak. Tapi yang paling penting harus nyaman hehehhe ... dari segi bahan berarti ngeliatnya ya BUn. Tipsnya oke, aku praktikan nanti kalo beli sofa bun.

    BalasHapus
  7. Bentuk sofa memang berpengaruh banget Mba, saya punya di rumah sofa yang bisa diubah fungsi jadi tempat tidur, just in case kalau ada tamu yang mau nginep, jadi gak ribet.

    BalasHapus
  8. Huwaaa jadi pengen ganti sofa, hehehe.

    BalasHapus
  9. Kalau saya suka sofa yg agak panjang Mbak. Biar bs buat bobok,hehehe

    BalasHapus
  10. Kalau saya suka sofa yg agak panjang Mbak. Biar bs buat bobok,hehehe

    BalasHapus
  11. Di rmh adanya kursi kayu. pengen beli sih, yg empuk biar yg duduk jg enak

    BalasHapus
  12. Di rmh adanya kursi kayu. pengen beli sih, yg empuk biar yg duduk jg enak

    BalasHapus
  13. Sekarang bangku2 minimalis modelnya banyak dan lucu2 ya Mbak.. Yang fungsional itu mang jadi pilihan.

    BalasHapus
  14. Pas banget nih info yang kucari

    BalasHapus
  15. Rumah saya ukurannya kecil, artikel ini sangat membantu saya dalam menentukan sofa mana yang harus disesuaikan

    BalasHapus
  16. Sofa di rumah orangtua sy juga suka dijadikan tempat tidur. Terutama kalah siang2 :D

    BalasHapus
  17. Oh yaa...ada sofa dengan harga 1 juta, mba..?

    Pingin banget punya sofa, meskipun tahu bakal mengurangi ruang gerak si kecil.

    BalasHapus
  18. aku pake sofa bed soalnya rumah sempit. So bisa lebih multifungsi.

    BalasHapus
  19. Awal2 mama pengin bgt punya sofa, akhirnya beli. Udah beberapa bulan dipakai baru kerasa kalau gak leluasa karena sempit, apalagi kalau banyak tamu XD

    BalasHapus
  20. Aku dulu pengen punya sofa mba. Tapi belum terwujud sampai sekarang. Apalagi sofa bed, kece banget

    BalasHapus
  21. Pengen punya sofa yang bisa diperentelin jadi kecil- kecil *Eh
    Maksudnya kaya yang buat rumah minimalis ala jepang gitu :D

    BalasHapus
  22. Di rumahku jua pakai sofa minimalis mbak cuma 1 aja, krn disesuaikan juga dgn ruangan tumah yg sempit :)

    BalasHapus
  23. Aku pakai sofabed, supaya bisa buat bobo tamu kalau pas nginep krn rumahnya minimalis hehe

    BalasHapus
  24. Pengennya sofa portable yang bisa dibawa kemana aja ke pantai ok ke gunung juga ok. Haha.

    BalasHapus
  25. Sofa di rumah milih yg minimalis n g ada siku2nya biar aman.

    BalasHapus
  26. Sifat belum kesampaian tunggu anak gedean biar gak kena ompol

    BalasHapus
  27. Rumah yang sekarang nggak ada sofa, karena minimalis banget rumahku. Tapi pengen sih beli yang model line aja

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^