Jumat, 26 Mei 2017

Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

“Bu Septi, saya masih punya anak kecil-kecil, gimana ya kalau mau go public?”
“Anaknya atau ibunya?” tanya Bu Septi.
“Saya, Bu,” jawabku.
“Kalau ibunya, tidak perlu mengegas, bersungguh-sungguhlah dulu di rumah, tapi kalau belum ke ranah publik,”
“Kalau sudah terlanjur gimana, Bu?” tanyaku lagi.
“Kalau sudah terlanjur ke ranah publik, keseimbangan dosmetiknya harus tercapai.”
“Oh, gitu ya Bu? Jadi anak-anak emang didahulukan ya, Bu?”
“Jadi kalau anak emang akil baligh baru baru deh, baru oke.”
“Jadi mapankan dulu anak-anak ya, Bu?”
“Ya, kalau sudah akil baligh sudah selesai, rezekinya mereka tanggung sendiri, bersungguhlah di rumah,” pesan Bu Septi Peni Wulandari Pendiri Institut Ibu Profesional.

Kamis, 25 Mei 2017

Kasur Bayi Baru Lahir yang Aman Menurut Dokter



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Kasur Bayi Baru Lahir yang Aman Menurut Dokter. Saat anak pertama lahir hingga anak ketiga, aku selalu menyiapkan kasur bayi. Beda-beda si modelnya setiap anak. Dulu sih enggak ada ilmu, jadi asal pilih aja model yang menarik. Padahal, amal tanpa ilmu bisa jadi salah ya, Moms?

Pemilihan kasur yang akan digunakan untuk alas tidur sebaiknya tidak boleh main-main. Kasur yang dipilih akan mempengaruhi kualitas tidur dan juga akan berdampak pada kesehatan. Dimana ketika memilih kasur yang tepat, maka kesehatan dapat terjaga dengan baik pastinya selain dengan kenyamanan yang didapatkan ketika tidur. Sebaliknya apabila memilih kasur yang salah maka bisa menyebabkan beberapa kerugian dari sakit punggung, tidur yang terganggu, dan juga masih banyak kerugian lainnya. Pemilihan kasur ini bukan hanya untuk orang dewasa saja tetapi juga kasur bayi baru lahir  hingga untuk orangtua. Pilihlah kasur yang sesuai dengan kebutuhan baik bayi, anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua.

Rabu, 24 Mei 2017

Belajar Batik Tulis Lampung di Temu Karya Insan Kreatif Lampung 2017



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 17-19 Mei 2017 di Mall Boemi Kedaton (MBK)  ada acara Temu Karya Insan Kreatif  Lampung 2017 dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung.  Aku bersama Mbk Fitri Restiana janjian untuk ketemu di MBK. Aku pun datang sore hari, sampai di sana sekitar Pukul 17.10 WIB. Pengunjung sedang ramai untuk persiapan pembukaan acara.

Selasa, 23 Mei 2017

Pengalaman Ke Bali Bawa Balita



Saat itu, aku berangkat ke Bali dalam rangka Munas 3 FLP (Forum Lingkar Pena). Aku berangkat dengan anakku Fatih dan Desti. Awalnya sempat ragu mau berangkat karena dana kas tak ada, jadi kami mengusakan dana sendiri. Belum lagi izin suami yang enggak turun juga. Alhamdulillah 1 minggu menjelang keberangkatan, suami mengizinkan, dana pinjaman dapat dan akhirnya kami berangkat! Horeee.... Bali kami datang!


Sebelum ke Bandara Raden Intan II Lampung, kami sempat membeli nasi bungkus. Perkiraan kami, akan transit di Bandara Soeta, sembari menunggu, kami akan makan siang di sana. Benar saja, saat kami terbang dengan pesawat Sriwijaya, kami mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno-Hatta dan makan siang di sana. Lalu, pesawat berganti menerbangkan kami ke Pulau Dewata, Bali.

Senin, 22 Mei 2017

Lampung Banana Foster, Tawarkan 5 Rasa Oleh-oleh Lampung Kekinian



Usai Sholat Maghrib aku dan keluargaku menuju Hotel Batiqa. Sampai di sana, kami bertemu Bu Desma dan Novi di lobi, tak lama bertemu Wawan dan ketika ingin naik lift, kami bertemu Bang Yopie dan Mbk Rahma, alhamdulillah kami sampai di Ruang Makan anggota Tapis Blogger sudah ramai.

Pertemuan ini adalah Meet and Great bersama Lampung Banana Foster, acara dibuka oleh Mas Sigit Pamungkas  yang pernah bertemu di Bakso Cak Man beberapa waktu sebelumnya. Kami lalu diajak ke ruangan di sebelah tempat sampel produk telah ditata di atas meja panjang. Kami para blogger dan penggiat media sosial lainnya memoret 5 produk Banana Foster yang dikemas cantik. Usai asyik memotret makanan, kami kembali duduk untuk saling berkenalan.

Jumat, 19 Mei 2017

Menjadi Blogger & Smart Mom



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Sudah lama enggak ngeblog nih, hari ini aku mau cerita keseruanku ikut Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Lampung.  Pertama kali kenal IIP karena dikasih buku oleh Hairi Yanti, berjudul Bunda Cekatan. Aku jadi penasaran, ada ya seorang ibu yang menikmati banget tugas domestiknya? Makin penasaran karena tugas rumah tangga dilakukan sendiri tanpa ART dengan konsep yang sistematis, rapi banget. Untuk itu, aku ingin mengikuti Matrikulasi IIP.

Sabtu, 13 Mei 2017

Tips Agar Anak Tampil Percaya Diri




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Tips Agar Anak Tampil Percaya Diri. Sejak kecil, anak-anakku sering ikut kami dalam berkegiatan. Apalagi saat itu aku masih mengajar. Faris si sulung lebih sering ikut aktivitas di sekolah dan acara sekolah, seperti kemah, lomba-lomba, ekskul dan lainnya.

Sejak aku resign dan memilih lebih banyak aktivitas di dalam rumah, aku tetap mengajak anak-anakku dalam aktivitasku, tapi Faris sekarang sudah kelas V. Sudah jarang ikut, lebih memilih di rumah saja. Bermain ikan, kemah-kemahan atau main lainnya bersama teman-teman.

Kamis, 11 Mei 2017

Bedah Buku Menuju Keluarga Hafizul Qur'an : Utamakan Cita-cita Pertama Anak Sebagai Penghapal Al Qur'an, Sebelum Lainnya



Malam itu aku susah tidur karena banyak nyamuk. Aku pun terbangun sekitar pukul 03.00 Wib dini hari. Lalu, tak bisa tidur, aku tergoda membaca buku ini. Memang sih beberapa hari ini aku menunda-nunda baca buku ini. Terbersit di hati, “Ah, jangan-jangan buku ini mirip seperti buku lainnya tema cara menghapal Al Qur'an sering menoton dan mengurui,” tapi, saat aku membaca buku ini. Olala.... aku terkesima. Inilah buku yang pas buat aku saat ini! Lembar demi lembar membaca kisah perjuangan seorang ibu mendampingi anaknya dalam menghapal Al Qur'an. Dari si pengalaman awal ibu memilih jodoh hingga mendmapingi 3 anak sudah hapal Al Qur'an 30 Juz dan 3 anak lainnya menunju khatam, masya Allah. Akhirnya buku ini aku baca sekitar 1,5 jam dengan perenungan dan menanda catatan penting di beberapa lembarnya.

Sabtu, 06 Mei 2017

Pavilion Resto & Cafe di Lampung Ini, Sajikan Menu Enak dan Tempat Romantis

Pavilion Resto & Cafe di Lampung Ini, Sajikan Menu Enak dan Tempat Romantis
Fotografer: Yopie Pangkey

Siang itu panas merona saat aku melajukan motor membelah Bandar Lampung menuju Pavilion Resto & Cafe. Sampai di sana di sambut dengan ramah oleh pelayannya, “Acara blogger ya?” wah, senangnya udah kayak blogger kece aja kita disambut, uhuk! Tak lama ada paggilan dari atas, “Naik aja!” teriak  Bang Adian dan beberapa teman lain yang sudah datang. Bukannya cepat-cepat naik ke tempat acara, aku dan Mbk Fitri malah asyik foto, xixix.... emang ya, enggak bisa lihat spot bagus buat selfie :D