Rabu, 24 Mei 2017

Belajar Batik Tulis Lampung di Temu Karya Insan Kreatif Lampung 2017



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 17-19 Mei 2017 di Mall Boemi Kedaton (MBK)  ada acara Temu Karya Insan Kreatif  Lampung 2017 dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung.  Aku bersama Mbk Fitri Restiana janjian untuk ketemu di MBK. Aku pun datang sore hari, sampai di sana sekitar Pukul 17.10 WIB. Pengunjung sedang ramai untuk persiapan pembukaan acara.


Eiya, saat aku mau ke MBK, aku juga sempat bertanya-tanya apa sih ekonomi kreatif itu? Biar agak connect dikit dengan acara, aku googling deh. Nemu nih, apa saja yang termasuk dengan ekonomi kreatif. Yup, ada 15 jenis-jenis ekonomi kreatif :
  1. Periklanan (advertising)
  2. Arsitektur
  3. Pasar Barang Seni
  4. Kerajinan (craft)
  5. Desain
  6. Fesyen (fashion)
  7. Video, Film dan Fotografi
  8. Permainan Interaktif (game)
  9. Musik:
  10. Seni Pertunjukan (showbiz)
  11. Penerbitan dan Percetakan
  12. Layanan Komputer dan Piranti Lunak (software)
  13. Televisi & Radio (broadcasting)
  14. Riset dan Pengembangan (R&D)
  15. Kuliner
Wah, banyak juga ya jenis-jenis ekonomi keratif. Baiklah, aku pun melangkah ke MBK dengan membawa segudang pertanyaan, “Ekonomi Kreatif di Lampung seberapa kratifnya sih?”


Menjelang sore aku sampai di MBK, bertemu dengan Bang Yopie, Bang Rangga, Mbk Rahma dan Mbk Fitri sesama Tapis Blogger di depan panggung.

“Aku pamit ya, mau jemput anak,” ujar mbk Fitri.

Aku baru saja sampai, Mbk Fitri sudah sejak siang ke sini, sedangkan aku karena paginya ada Pentas Seni yang diikuti Fatih dan siangnya ada pengajian, akhirnya terlambat hadir nih, hehe... untunglah ada ada Mbk Rahma nemani aku.

“Kita keliling yuk!” ajakku dengan Mbk Rahma. Kami pun keliling dan mampir ke stand membuat batik. Aku langsung saja tertarik karena membuat batik ibarat membuka kenangan penuh cinta. Ya, ibuku dulu mempunyai Sanggat Batik Besurek Bengkulu, Tahun 1998 terpaksa gulung tikar karena krisis ekonomi, harga bahan batik menaik tajam. Akhirnya tutup dan kini dilanjutkan usaha kakak pertama di Jambi, tentu dengan Batik Jambi.

Di Stand Srikandi Kelompok Batik Tulis Lampung ini aku mencoba membatik. “Bayar berapa, Bu?” tanyaku. Kan sapatahu gratis hehe... “Hanya 10 ribu, nanti boleh di bawa pulang, bisa diwarnai kok,” ujar seorang ibu pengerajin.Menurutnya, Kelompok Srikandi baru dibentuk sekitar 6 bulan dengan 6 pengerajin. Di sini aku belajar membatik bersama Mbk Rahma.






“Wah, benar nih aku gemeteran,”ujar Mbk Rahma ketika mencoba membatik. Namun, seelah dibimbing ibu pengerajin, Mbk Rahma jadi lancar. Mbk Rahma ternyata suka membuat kain sulam loh. Sambil membatik kami juga bercerita banyak mengenai kain khas Lampung.

Usai membatik, aku juga berjalan ke stand Pameran Foto, kali ini sayang aku tak sempat swafoto (selfie), padahal ada lomba fotonya loh, baru baca malah pas sudah di rumah, haha....



Di depan Stand Srikandi Batik Tulis, ada Stand Ical Craf. Aku pernah bertemu saat acara Tapis Evolution. Namun tak pernah bosan berkunjung ke standnya, ada saja kreatifitas baru.

“Ini kalung dari kain sisa membuat tas, ini jadi kalung yang indah,” ujar Bang Ical. Aku sempat berfoto dengan berfoto dengan dompet tapis yang cantik.
Aku juga berkeliling ke stand lainnya, ada yang menjual barang-barang keseharian yang dibutuhkan masyarakat, seperti menjual pakaian, mukena dan asesoris.
Ical Craft penuh inovasi



Aku sempat terkesima dengan stand Ciprut Craft. Ia mengakui sudah cukup lama berkecimpung di dunia kreatif ini. Ciprut Craft membuat boneka dengan karakter yang dipesan orang lain. Tak perlu takut karakternya sama karena akan didata siapa saja yang membeli da dianggap sebagai pengadopsi karakternya.

Juara 1 Kreasi Tapis di Tapis Evolution

Plushie siMonbaduri

Karakter unik yang dibuat Ciprut Craft ini contohnya Plushie siMonbaduri. Kok Simonbaduri? Maksudnya Si Monster Badan Berduri. Ciprut sendiri adalah nama panggilan Mbk cantik yang berhijab pemilih Ciprut Craft loh.

Oh iya, acara ini diikuti oleh 30 peserta. Beraneka kegiatan seperti pameran ekonomi kreatif, pementasan gitar tunggal, pementasan tari tradisional dan kreasi Lampung, launching buku tentang ekonomi kreatif, dan tapis fashion show.

Menurut Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekubang Choiria Pandarita, sebagaimaa kita maklumi, Provinsi Lampung adalah provinsi yang mempunyai beragam segi budaya, baik adat-istiadat maupun hasil-hasil kerainan ekonomi, maka diperlukan setuhan-sentuhan kreatifitas dari para insan kreatif dengan semangat.

Acara pembukaan dihadiri oleh Bupati Pesawaran 


Kreasi baju yang cantik ya? Foto Yopie Pankey

Lampung mempunyai banyak anak muda yang kreatif, apalagi jika divariasikan dengan kearifan lokal, pasti makin keren ya? Namun kreatifitas tersebut diperlukan wadah untuk mendukung mereka, makanya dibuatlah acara ini sebagai bentuk promosi. Wah, kece badai ya? Seperti yang diketahui, acara sebelumnya emang kece banget seperti Tapis Evolution atau Lacofest.

Malam pembukaan juga dilanjutkan dengan acara Launching Buku tentang kiprah pelaku kreatif di Provinsi Lampung "Kiprah Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Lampung"

Buku ini menyuguhkan profil dari beberapa pelaku kreatif di Lampung. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam proses memetakan dan mengembangkan potensi Ekonomi kreatif , serta merupakan upaya dalam mempromosikan produk-produk industri kreatif provinsi Lampung. .

Pelaku kreatif dalam tersebut :

Keiko Bahabia
Sungai Langka
CiprutCraft
BunC Craft
Icals Craft
Llama Handscraft
Saung Cer'mind
Galeri Ukir Lampung
Galeri Kayu Lampung
Halus Kasar
Galeri Sekura
Srikandi Batik

Launching Buku Kiprah Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Lampung, Editor Udo Z Karzi, Foto Yopie Pankey

Semoga semakin banyak ya insan kreatif di Lampung. Majukan Lampung dengan kreatifitasmu.



A post shared by Tapis Blogger (@tapisblogger) on

A post shared by naqiyyah syam (@naqiyyahsyam) on

4 komentar:

  1. Bagus juga ya kalau acara temu insan kreatif seperti ini sering diadakan.

    BalasHapus
  2. Wahh seru banhey ya acaranya
    Aku naksir sama bonekanya
    Lucu dan imutt

    BalasHapus
  3. Hasil membatiknya masih aku simpan, buat kenang-kenangan. Ternyata susah juga ya.

    BalasHapus
  4. Seruuuuuu! Mau belanja2 terus jadinyaaa hahahaha

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^