Kamis, 15 Juni 2017

Tips Mudik Naik Pesawat Agar Aman, Nyaman dan Selamat



Tips Mudik Naik Pesawat Agar Aman, Nyaman dan Selamat. Assalamualaikum #SobatAviasi, bagaimana persiapan mudik kalian? Tentu sudah membuat persiapankan?  Idul Fitri tahun ini insya Allah aku mudik juga nih ke tanah kelahiranku, Jambi. Ngomong-ngomong soal mudik, kita pasti memikirkan moda transportasi untuk mudik. Kebetulan suamiku dari Padang baru saja pulang ke Lampung dengan menggunakan moda transportasi pesawat.


Secara umum pesawat terbang adalah moda transportasi yang paling nyaman untuk mudik karena waktu tempuhnya relatif singkat. Bayangkan saja kalau naik bis, Padang ke Lampung memerlukan 2 malam dan 1 hari perjalanan lho! Kalau naik pesawat hanya membutuhkan waktu Padang-Jakarta 1,5 jam dan Jakarta-Lampung 30 menit. Tuh kan jauh banget bedanya?

Siapkan tas khusus untuk kebutuhan selama penerbangan

Apalagi jika mudik membawa anak-anak, naik pesawat adalah alat transportasi yang paling nyaman. Anak-anak sulit sekali betah duduk berlama-lama. Jika di dalam bis, anak-anak akan gelisah, capek, kepanasan hingga bosan.  Namun, jika Anda memilih naik pesawat, anak-anak akan mudah terkondisi.

Perlengkapan Mudik Naik Pesawat Bawa Anak Balita :

Mudik Naik Pesawat Agar Aman, Nyaman dan Selamat

1. Susu anak
Bagi yang sedang menyusui, tentu saja bisa langsung mendapatkan ASI. Tapi, bagi yang sudah usia 2 tahun, siapkan susu UHT atau susu kotak agar anak tidak kehausan.

2. Makanan
Siapkan cemilan dan makanan anak. Perhitungan waktu tempuh, apakah melewati jam makan anak. Siapkan makanan dalam wadah yang rapat. Pengalamanku saat mudik membawa dua balita, aku membawa 1 box khusus untuk makanan dan buah-buahan. Ini memudahkan mempersiapkan makanan untuk anak-anak..

3. Mainan
Ini penting loh, anak-anak kadang bosan, rewel dan bisa dibujuk dengan membawa mainan kesukaannya. Bawa mainan yang tidak terlalu besar dan memang kesukaan anak, seperti boneka, mobilan, dan lainnya. 


4. Pakaian
Selain pakaian yang ada di dalam koper, siapkan juga tas khusus berisi pakaian ganti anak. Siapkan beberapa pakaian ganti, baik baju dan celana. Selain itu siapkan tisu basah/kering, minyak telon, sabun cair, diapers, handuk dan lainnya.

5. Cek list
Sebelum berangkat siapkan semua barang yang diperlukan dan lakukan pengecekan. Buat list dan centang barang yang telah disiapkan. Sebelum hari H, siapkan fisik anak-anak jangan terlalu larut malam tidur, usahakan tidur tepat waktu agar badan sehat di hari H. Sebelum berangkat siapkan sarapan dan usahakan datang 30 menit sebelum jadwal. Hal ini menghindari kemacetan atau barang yang tertinggal. Iya loh, suamiku pernah mau ke Padang, eh oleh-olehnya ketinggalan, akhirnya dikirim pakai jasa pengiriman, biaya membengkak deh, huhu....




Selain itu, pesawat sudah dapat dipesan mulai 6 bulan sebelum hari H. Jadi, Anda tak perlu ngantri menunggu hari H untuk mendapatkan tiket. Saat ini sudah bisa beli tiket via online. Bahkan ada maskapai yang melakukan penawaran berupa penukaran poin mileages untuk mendapat tiket gratis atau up grade kelas bagi keanggotaannya. Wah, pasti makin nyaman ya mudiknya?



Oh ya, sahabat Smart Mom, saat ini Direktorat Jenderal Perhubungan udara Kementerian Perhubungan sudah membentuk komunitas #SobatAviasi loh. Lengkapnya bisa cek di IG @djpu151. 

Berikut Tips Mudik Naik Pesawat Agar Aman, Nyaman dan Selamat :

1. Pesan tiket dari jauh sebelum hari H, pilih agen yang terpercaya. Pastikan nama Anda sama dengan yang tertera pada kartu identitas.
2. Datang minimal 30 menit sebelum check-in
3. Siapkan tas khusus yang berisi barang berharga, KTP, SIM, Tiket, Smartphone, Obat-obatan dan lainnya.
4. Percaya Diri
Buat Anda yang pertama kali mudik naik pesawat terbang, jangan takut salah. Banyak petugas yang akan membantu Anda jika kesulitan. Jangan malu bertanya ya!
5. Jangan Mudah Percaya Pada Orang Baru Dikenal.
Hati-hati saat di bandara, jaga keselamatan Anda. Hindari orang yang mencurigakan dan jangan mudah percaya, apalagi dititipikan barang yang tidak diketahui.
6. Saat naik pesawat, aktifkan mode pesawat Smartphone-mu tak perlu dinonaktifkan, tapi matikan jaringan pesawatnya saja.
7. Ikuti instruksi kabin, misal saat pasang sabuk, cara memasang pelampung dan lainnya. Ajari anak-anak jika mereka belum paham.
8. Makan
Jika waktu tempuh lama, Anda dapat makan cemilan di dalam pesawat. Anak-anak juga suka loh!
9. Pilih tempat duduk dekat jendela. Wah, ini seru banget soalnya bisa lihat pemandangan indah dari atas loh!
10. Berdoa
Ya, hidup dan mati hanya milik Allah, tak hanya naik pesawat terbang, jalan kaki bisa saja  meninggal. Nah, kita harus yakin saat kita telah melakukan prosedur keamanan dan kenyamanan di atas, tinggal pasrah Allah memberikan yang terbaik. Insya Allah kita akan selamat sampai tujuan.

Selamat datang di Bandara Raden Intan II, Lampung

Nah,  #SobatAviasi, Itulah Tips Mudik Naik Pesawat Terbang Agar Aman, Nyaman dan Selamat. Semoga bermanfaat ya! Seperti lagu ini yang menenangkan deh teman dalam perjalanan, dengarin yuk!

Sebelum kau melangkah
Keluar dari rumah
Ingat ingatlah wajah
Yang menunggu tanpa lelah

Kehadiranmu lagi
Untukmu terbang kembali
Pulang ke rumah kita
Tuk bersama slamanya

Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang nyaman
Kan bawa pulang senyuman

Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang nyaman
Kan bawa pulang senyuman



5 komentar:

  1. tips yang sangat berguna sekali, saya jadi lebih aman dan nyaman saat menggunakan pesawat nantinya. Terima kasih mbak.

    BalasHapus
  2. Saya setuju dengan tulisan mbaknya di sini. <udik paling nyaman, aman dan murah ya pakai pesawat, tinggal duduk santai langsung sampai tmpat tujuan. Lebih menghemat waktu, tnaga bahkan sampai biaya. Semoga pengetahuan ini dapat bermanfaat buat kita semuanya ya :D..

    BalasHapus
  3. Tipsnya lengkap banget, bisa jadi panduan neh

    BalasHapus
  4. Kalau mau nyaman dan murah alternatifnya adalah kereta api. Tapi harus beli jauh jauh hari biar kebagian

    BalasHapus
  5. biasanya biar tenang aku check in online mba sehari sebelum keberangkatan jd sampe bandara ga gurung gusuh hahaha

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^