Selasa, 08 Agustus 2017

7 Sekolah Negeri di Lampung Dapat Donasi #BukuUntukIndonesia

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Buku adalah sahabat kami. Sejak sebelum menikah, aku suka mengkoleksi buku. Begitu pun dengan suami. Kami keluarga yang gemar membaca dan mencintai buku. Anak-anak juga sejak kecil dikenalkan dengan buku. Kami kenalkan lewat mendongeng atau membelikan buku bergambar.

Blogger Lampung ikut menyaksikan donasi buku
Saat mendengar PT Bank Central Asia Tbk (BCA)  ingin berbagi buku dalam gerakan #BukuUntukIndonesia. Wah, aku excited sekali ikut acara ini. Aku dan teman-teman blogger pagi-pagi sekali berangkat dari Bandar Lampung menuju Gadingrejo, Prengsewu.

Pagi itu Jumat, 21 Juli 2017, kami sampai di  SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Bandar Lampung. Perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit. Hujan menemani saat kami keluar dari mobil. Namun tidak membuat semangat kami berkurang. Apalagi banyak anak-anak sekolah dengan riang gembira bersiap di sekitar panggung utama.



Beberapa balon warna-warni dipompa oleh kakak-kakak panitia. Di sudut lainnya, anak-anak marching band sedang latihan. Tak lama, lonceng berbunyi. Anak-anak segera berbaris rapi dan siap mengikuti acara di depan panggung utama. Kami pun duduk di kursi yang telah disiapkan panitia. Kami menikmati kreasi siswa-siswi SD Negeri 7 Gadingrejo. Beberapa penampilan kian menyemarakkan acara, seperti :

1. Penampilan Marching Band
2. Tari Black Dik Dot
4. Membuat Kreasi dari Balon
4. Takwendo
5. Tarian kreasi
6. Baca Puisi

Tak lama hadir Giring Nidji. Wah, semua pasti kenal dong, vokalis Band Nidji yang mempopulerkan lagu Laskar Pelangi?  Saat datang, Giring langsung disambut dengan suka cita. Beliau didaulat menyanyikan lagu Laskar Pelangi secara bersama-sama dengan iringan maching band.

Giring Nidji ikut membacakan buku dengan ekpresinya yang lucu

Giring juga bercerita, kalau ia sangat mendukung Gerakan #BukuUntukIndonesia dari BCA ini. “Saya prihatin saat anak saya kok diamnya dengan gadget, kenapa tidak dengan buku? Saya ingin mengembalikan anak-anak gemar membaca. Saya teringat masa kecil saya, orang tua saya suka membelikan buku banyak sekali. Nah, saya ingin anak-anak Indonesia menggapai cita-cita dengan rajin baca buku,” ungkap Giring.

Di acara ini, Giring membacakan buku yang dibawanya. Buku itu karangan Watiek Ideo dan DK Wardhani berjudul Sahabat Bumi. Giring mengenalkan bacaan bermutu agar orang tua juga menyiapkan waktu untuk membacakan buku untuk anaknya.

Selain itu, hadir juga diacara donasi buku, Direktur BCA Santoso didampingi Senior Vice President Corporate Social Responsibility BCA Sapto Rachmadi dan Kepala KCU BCA Bandar Lampung Soeharjo Moeliadi menyerahkan secara simbolis.

Makasih ya, aku dapat buku bagus nih :)
“Di Lampung ada 7 sekolah yang akan mendapatkan bantuan. Total jumlah buku yang disiapkan ada 5 ribu buku untuk 104 titik donasi,” terang Santoso.

Sedangkan 7   Sekolah SD Negeri yang mendapatkan donasi buku di Lampung adalah :

1. SD Negeri 7 Gadingrejo
2. SDN 2 Banjarsari Metro Utara
3. SDN 3 Bumi Waras
4. SDN 5 Bumi Waras
5. SDN 3 Sukaraja
6. SDN 4 Sukaraja
7. SDN 4 Gunung Terang

Hadir juga di acara penyerahan buku tersebut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Sulpakar, Ka UPT Pendidikan Bandar Lampung Yekti Budi Utami, Kepala Dinas Pendidikan Kab Pringsewu Tri Prawoto, dan Kepala Dinas Sosial Bandar Lampung Sumarju Saeni.

Ini 7 Sekolah SD Negeri yang mendapatkan donasi buku

“Buku yang diberikan bagus-bagus ya?” bisik kami sesama blogger.
“Bukunya mahal tuh!”
“Iya bukunya sengaja dipilih, kami kerjasama dengan Toko Buku Gramedia,” ujar Bang Rendi dari BCA.

Selain di Lampung, untuk Gerakan #BukuUntukIndonesia ini dilakukan serempak di  5 kota lainnya. Dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Kelima kota itu adalah Banda Aceh mewakili Sumatera, Garut mewakili Jawa, Singkawang mewakili Kalimantan, Makassar dan Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur.

“Semoga Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia ini bermanfaat, mampu memberikan kontribusi menumbuhkan minat baca sejak dini, terutama anak-anak sebagai generasi penerus yang kelas mewarisi negeri ini,” tutup Santoso.

Oiya Smart Mom, Program donasi buku ini sudah dimulai BCA sejak Bulan Maret 2017. Dana terkumpul sudah 1 M dan telah dibelikan buku yang berkualitas loh! Sekolah yang mendapatkan bantuan juga sekolah yang terpilih atas rekomendasi dinas pendidikan, kemudian dicek kelayakannya, maka sekolah tersebut berhak mendapatkan bantuan buku.
  



Anda juga dapat memberikan donasi dengan cara berdonasi minimal 100 ribu ke website www.bukuuntukindonesia.com nanti akan langsung dibelikan buku dan disebarkan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan.

Berikut cara ingin menjadi donasi :
1. Klik "Berbagi" di www.bukuuntukindonesia.com
2. Pilih paket berbagi mulai dari Rp 100.000,-
3. Dapatkan kaos apresiasi yang bisa kamu pilih di halaman blibli

Itulah ceritaku mengikuti acara 7 Sekolah Negeri di Lampung Dapat Donasi #BukuUntukIndonesia. Semoga informasi  tersebut bermanfaat. Yuk, ikutan berbagi untuk anak Indonesia yang lebih baik!




20 komentar:

  1. Semoga program sejenis dilakukan juga oleh oerusahaan kain, sebagai upaya membantu mencerdadkan anak bangsa.

    BalasHapus
  2. Ayoo dukung gerakan literasi dan donasi #BukuUntukIndonesia

    BalasHapus
  3. Upaya yg bagus untuk meningkatkan literasi pada anak. Kereen

    BalasHapus
  4. Senangnya program berbagi buku dari BCA menjangkau hingga ke Lampung. Selain itu ke daerah mana lagi ya?

    BalasHapus
  5. Anak2 pasti kebantu bgt dg gerakan ini
    Semoga makin byk yg cinta baca

    BalasHapus
  6. Ketika anak dpt buku bagus yg sesuai dg dirinya minat bacanya akan tumbuh. Semoga Pembacadi Indonesia makin byk

    BalasHapus
  7. Dukung GerakanBukuIndonesia agar makin banyak anak yang cinta buku dan gemar membaca buku

    BalasHapus
  8. Semoga semakin banyak yang cinta buku.. bener-bener sumber ilmu pengetahuan dan membuka wawasan!

    BalasHapus
  9. Bagus sekali program #BukuuntukIndonesia ini. Bisa menumbuhkan minat baca anak-anak.

    BalasHapus
  10. Semoga semakin meningkatkan minat baca anak Indonesia

    BalasHapus
  11. Semoga program nya bisa panjang y mba n mnyeluruh smua sekolah dot gk Ada yg trlewat

    BalasHapus
  12. Wah, nice mba infonya. Moga bermanfaat ya buat yang membutuhkan

    BalasHapus
  13. Kereen...untuk di daerah akses terhadap buku2 berkulitas mmg harus trs disupport banyak pihak

    BalasHapus
  14. Ini namanya donasi gak setengah-setengah ya mbak.. bukunya dipilih yang beneran berkualitas.

    Btw, nama-nama daerah di Lampung kayak nama daerah di Jawa ya? Hehe

    BalasHapus
  15. Munngkin bisa dikombinasikan antara gadget dan buku dengan konsep e-book ya, Mbak Naqi. Tapi aku lebih suka buku dalam bentuk hard copy sih. :)

    BalasHapus
  16. Aihh asyiknya yang dapat donasi buku. Semoga semakin gemar membaca yaa

    BalasHapus
  17. keren, buku2nya pun pilihan, jadi anak2 benar2 akan memperoleh manfaatnya TFS

    BalasHapus
  18. Waa~ Ada akuu~ Hihi ^^
    Seneng sekali ada gerakan #BukuUntukIndonesia ini, sekolah-sekolah di pelosok jadi bisa dapet supply buku gratis. Semoga anak-anak Indonesia jadi lebih gemar membaca ya, Aamiin..

    BalasHapus
  19. semoga banyak yang suka baca ya nantinya. makasih ya Mba Naqi....

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^