Senin, 23 Oktober 2017

Sekolah Tunas Mekar Indonesia (TMI) : Ramah Anak dan Guru Kreatif



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Menjelang akhir tahun, orang tua saat ini sudah mulai mencari sekolah buat anaknya. Memang sih tahun ajaran baru masih lama sekitar bulan Juni, tapi sudah banyak sekolah yang membuka pendaftaran loh. Nah, buat orang tua yang bingung memilih sekolah yang pas buat anak-anaknya, baik tingkat TK, SD, SMP atau SMA, sebaiknya baca ulasan ini yuk!

Berkunjung Ke Sekolah Tunas Mekar Indonesia (TMI)

Senin, 16 Oktober lalu aku dan bersama 10 sahabat Tapis Blogger berkunjung ke Sekolah Tunas Mekar Indonesia (TMI). Kami ingin melihat langsung bagaimana suasana belajar, guru dan sistem pendidikan yang digunakan di TMI. Dulunya sih, Sekolah TMI ini menggunakan kurikulum Kak Seto (untuk TK saja), setelah mampu berdiri sendiri, sekolah menggelola sendiri. Namun, masih aja ada anggapan orang sekolah ini milik Kak Seto hehe... padahal tak ada hubungannya loh.


Anak-anak penuh kreatifitas (Foto milik Umi Neny)

Saat aku tiba di Sekolah TMI, tampak anak-anak SMP sedang berolahraga. Kami duduk di kantin sehat sambil ngobrol bersama Kepsek TK, Miss Mamik. Aku mengenal Miss Mamik sejak ingin ikut Kelas Inspirasi, saat itu kami rapat di TK TMI. Aku pun jatuh hati melihat TK yang penuh nuasa edukasi. Alhamdulillah berkesempatan melihat Sekolah TMI tingkat SD, SMP dan SMA.

Sekolah TMI ini membuka pendaftaran dengan cara yang berbeda. Salah satunya adalah semua anak ditampung. Artinya, tidak ada yang gagal masuk sekolah TMI keculi dengan syarat tertentu. Untuk masuk ke Sekolah TMI, anak-anak akan diobservasi. Standar penerimaan dengan syarat :

1.   Layak Asuh
2.   Layak Didik
3.   Layak Ajar

Sekolah TMI memiliki unggulan dari seni budaya sekali akademis dan lainnya. Anak-anak sering diajarkan berani tampil dan percaya diri. Sekolah TMI menerima ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Tidak secara khusus menerima sih, tapi jika menemukan ABK sekolah akan menyiapkan diri, apalagi tiap guru memang dibekali ilmu menghadapi ABK. Soal ujiannya pun berbeda dengan anak lainnya. Anak akan didampingi oleh gurunya. Bahkan saat makan pun anak-anak akan dipantau oleh guru kelasnya. Wah, tentu sangat menyenangkan ya menitipkan anak belajar di sini.

Anak-anak sedang sesi foto kelas 

Selain itu, di Sekolah TMI dalam satu minggu guru dibebaskan mengajarkan. “Ini untuk menjaga kewarasan guru loh” ujar Miss Mamik Kepsek TK. Anak-anak di Sekolah TMI memiliki budaya berbahasa yang bagus. Setiap hari dikenalkan billigual. Anak-anak dilatih bisa menggunakan bahasa Inggris. Bahkan percakapan sehari-hari dengan guru dan teman sebaya.

Program Pembelajaran Sekolah Tunas Mekar Indonesia (TMI) 

Di Sekolah TMI anak-anak dajarkan dengan metode yang khas. Anak-anak selain billigual, anak-anak yang beragam agama diajarkan bertoleransi. Di kelas diajarkan berdoa yang general, bahasa inggris dan doa khusus untuk umat muslim. Pelajaran agama pun tak luput difasilitasi.

Pendekatannya dengan memfasilitasi untuk perayaan agama dan guru agama. Walau hanya 1 siswa yang beragama lain, tetap sekolah ikut  memberikan perayaan walau hanya sekedar menampilkan icon saja.

Pengen ikutan belajar berenang nih xixixi (Foto by Mawan)

Untuk yang muslim, ada pengajian sebulan sekali, untuk agama lain, dipanggil guru khusus seminggu sekali pada saat jam pelajaran agama masing-masing. Bahkan ada target untuk kelas 6 sudah harus bisa baca Al Qur’an.

Selain itu, Sekolah TMI memiliki program lain, seperti untuk anak TK adalah standar kebersihan gigi. Untuk SD Kelas Besar (Kelas 4-6 SD) dibekali anak-anak mengenai info puberitas, mimpi basah dengan pembekalan terpisah atau kadang include dalam tema pembelajaran.

Tapis Blogger menyimak penyampaian Mbk Mamik Kepsek TK TMI


Sekolah Tunas Mekar Indonesia (TMI) yang Kreatif

Usai mendengar penjelasan Miss Mamik yang ramah, kami diajak berkeliling ke sekolah. Melihat secara langsung cara melajar dan kekhasan sekolah. Aku pun berkeliling dari kelas ke kelas SD dengan rasa kagum. Kelasnya penuh warna dan kreativitas siswa. Tampak di depan kelas penuh dengan kemeriahan dan keceriaan. Aku juga sempat ke toilet sekolah yang bersih dan rapi. 



Usai keliling SD TMI, kami ke gedung bertingkat di seberang SD, ternyata itu gedung SMP dan SMA yang didesign indah sekali tiap kelasnya. Nama kelas dipilih berbeda sesuai nama negara. Lalu, tiap kelas ada tema tersendiri. Kami disambut dengan senyum cerah oleh Bu Tri Pujiastuti Kepsek SMA TMI.

Bersama Bu Tri Pujiastuti Kepsek SMA TMI yang ramah dan ceria ^_^

 Kami diajak berkeliling melihat langsung prose pembelajaran. Ada yang sedang belajar Bahasa Arab, Matematika, Bahasa Jepang dan lainnya. Aku juga melihat langsung kelas di design dengan apik. Media pembelajaran mendukung sekali anak-anak paham dengan materi. Gurunya kreatif juga euy. Contohnya topeng ala Mesir hehe... aku ikutan excited mencoba euy hahaha....Lalu aku melihat kelas bahasa mandarin. Anak-anak yang ikut sedang menyimak dengan tertib. Ruangannya sangat nyaman dan gurunya ramah mengenalkan pada kami.

Kelas Mesir ini bikin kesem-sem karena design kelasnya kratif deh :)
Keren ya siswa dan gurunya kreatif deh (Foto by Mery)
Kantin Sehat Sekolah Tunas Mekar Indonesia (TMI) 

Usai berkeliling, kami kembali ke kantin sehat. Di sana sudah disiapkan makan siang yang harus ditukar dengan kupon. Anak-anak diajarkan tidak membawa uang tapi dibekali kupon. Ini tergantung orang tuanya berapa banyak kupon yang diberikan kepada setiap harinya. Aku dan teman-teman menukarkan kupon makan siang kami. Wah, nyummi banget nih, perut udah keroncongan hehe...



Ah, senang sekali dapat mengenal Sekolah Tunas Mekar Indonesia (TMI) ini, semoga kelak yang ingin menitipkan anaknya ke TMI dapat lebih memahami informasi dari tulisan ini ya. Yuk, semangat mengenalkan potensi anak dan makin paham dengan kondisi anak. Pilih sekolah yang pas dan ramah anak. Info lebih lengkap  mengenai Sekolah Tunas Mekar Indonesia (TMI)  dapat menghubungi :

Website       : www.sekolahtmi.com
Email          : info@sekolahtmi.com
Facebook    : Sekolah Tunas Mekar Indonesia
Instagram   : sekolahtmi
Telepon      : 0721-708634
Alamat        : Jl. Arief Rahman Hakim 36, Bandarlampung, 35142


A post shared by Tapis Blogger (@tapisblogger) on

1 komentar:

  1. Terima kasih info edukatifnya terkait sekolah TMI Mbak Naqi..sangat bermanfaat untuk referensi pendidikan anak-anak.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^