Minggu, 26 November 2017

Ngobrol Bareng Netizen Lampung dan MPR RI : Mengenal 4 Pilar MPR RI dan Ayo Cintai Lampung

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Ahad lalu 19 November 2017 ketua MPR RI berkunjung ke Lampung. Tepatnya menghadiri acara Ngobrol Bareng Netizen Lampung. Acara ini ramai diikuti 60 Blogger Lampung yang bergabung dari Komunitas Tapis Blogger dan umum. Nah, penasaran kan keseruan acara ini?


Dibalik Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung

Acara ini awalnya sudah satu tahun lalu didengungkan, tapi akhirnya batal dan tidak ada kabar lagi. Waktu itu sudah sempat daftar loh hehe... Lalu, aku dihubungi Pak Kuncoro Ketua Blogger Lampung untuk menghadle acara ini. Kemudian kami dari Tapis Blogger bertemu dengan Pak Hery dari Staf MPR RI bertemu di Swiss-Belhotel untuk mempersiapkan acara. Sore mau berangkat rapat itu hujan turun rintik dan kian deras. Aku akhirnya memesan go car mengajak anak-anak karena suami masih dalam perjalanan pulang Padang-Lampung. Sampai di Swiss-Belhotel  sudah ada Novi Nusaibah dan Wawan Nufus. Kami bertiga menemui Pak Hery dan staf lainnya di lantai dua.

Ditemani alunan musik dan cahaya lilin yang syahdu, kami merancang acara ini. Acara ngobrol bareng MPR RI dan Netizen Lampung, alhamdulillah akhirnya terlaksana, walau pun akhirnya aku tak bisa menghadiri karena menghadiri wisuda suami di Padang. Namun, keseruan acara ini dapat terpantau jelas di medsos. 

Pak Hery, Aku, Novi dan Wawan tim panitia Ngobrol Bareng Netizen Lampung dan MPR RI

Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung

Sore itu panitia sudah datang di Swiss-Belhotel sekitar Pukul 16.00 WIB. Novi dan Wawan tampak bersiap sedia. "Aku sudah sampai," ujar Novi via WA. "Di ruang atas aja!" jawab Wawan karena mau brefing dengan Pak Hery cs. Tak lama Lilih Muflihah datang. "Abis ada acara saya langsung datang noh!" kata Lilih masih di group WA. Wow, peserta teladan nih patut dikasih award hehe...

Panitia memantau via group WA (Foto by Izzah Annisa)
Makin senja peserta semakin ramai. Baik dari Lampung Utara, Metro hingga dari Bandar Lampung sudah memenuhi ruangan. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin drigen Bu Desma. Siapa tak kenal deh Bu Desma Hariyanti dengan Multitalentanya. Selain bisa baca puisi juga MC yang cetar. Selanjutnya kata sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Biro Humas MPR RI, Ibu Siti Fauziah, S.E., MM, kemudian perkenalan Tapis Blogger yang disampaikan oleh Yandigsa. Sayangnya enggak ngenalin siapa aja adminnya hiks... Kan ada 3 admin kece yang sudah hadir seperti Izzah annisa, Fitri Restiana dan Heni Puspita, hehehe... 

Berikutnya sambutan dari Sekjen MPR RI, yaitu Bapak Ma’ruf Cahyono SH. MA. Dalam sambutannya, Pak Ma’ruf mengajak peserta lebih dekat dan mengenal lebih jauh 4 Pilar MPR RI, yaitu :

4 Pilar MPR RI

1. Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara
2. UUD NRI Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara
3. NKRI Sebagai Bentuk Negara
4. Bhineka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara

Emang sih ya, 4 Pilar MPR RI ini harus terus dikenalkan ke masyarakat, jadi kita Indonesia ini beragam suku bangsa. STOP deh menebarkan aroma kebencian atau SARA. Ingat loh kita satu, Indonesia. PR banget deh buat aku mengenalkan ini kepada anak-anakku.
“Faris, apa pelajaran yang remidi?”
“PKn, Mi,”
“Loh, kenapa, susah ya?”
“Iya Mi, hapalannya banyak tentang MPR, DPR...”

Nah, kan bahasanya agak berat, coba kalau pelajaran PKn dibuat komik kan jadi seru tuh hahaha...

“Kita harus bangga, bangsa kita Indonesia adalah bangsa yang religius. Tanamkan diri kita bahwa Indonesia bangsa yang memanusiakan orang lain,” pesan Pak Ma’ruf.


Pak Ma’ruf juga membacakan puisi yang lembarnya sudah dibagi kepada peserta, tapi menyimak puisinya juga bikin semangat berkobar. Berikut petikan puisi Manifesto yang dibacakan Pak Ma’ruf :


 MANIFESTO

Masih Indonesiakah kita
setelah sekian banyak jatuh bangun
setelah sekian banyak tertimpa dan tertempa
setelah sekian banyak terbentur dan terbentuk

Masihkah kita meletakkan harapan di atas kekecewaan
persatuan di atas perselisihan
musyawarah di atas amarah
kejujuran di atas kepentingan

Ataukah ke-Indonesia-an kita telah pudar
dan hanya tinggal slogan dan gambar?

Tidak!

Karena mulai kini, nilai-nilai itu kita lahirkan kembali
Kita bunyikan dan kita bimikan
menjadi jiwa dan raga setiap manusia Indonesia

Dari Sabang sampai Merauke
kita akan melihat lebih banyak lagi
senyum ramah dan tegur sapa
gotong royong dan tolong menolong
kesantunan bukan anjuran tapi kebiasaan
kepedulian menjadi dorongan

Dari terbit hingga terbenamnya matahari
kita melihat orang-orang berpeluh tanpa mengeluh
berkeringat karena semangat
kerja keras menjadi ibadah
ketaatan menjadi kesadaran
kejujuran menjadi bagian harga diri dan kehormatan

Wajah mereka adalah wajah Indonesia yang sebenarnya
tangan mereka adalah tangan Indonesia yang sejati
keluhuran budi mereka adalah keluhuran Indonesia yang sesungguhnya

Hari ini kita gemakan, Ini Baru Indonesia!

Zulkifli Hasan Ketua MPR RI dan Pesan Untuk Netizen Lampung


Acara yang ditunggu tiba. Pak Zulkifli Hasan tiba dengan rombongan. Beliau didampingi adiknya, Zainudin Hasan, Bupati Lampung Selatan.

Pak Zulkifli Hasan seorang pemuda asal Lampung ini mengajak Netizen Lampung untuk mencintai Lampung, “Ayo cintailah Lampung, kenali budayanya, adat istiadatnya dan sejarah Lampung,” ujar Lelaki berkaca mata ini. 



Pak Zulkifli Hasan mengajak Netizen Lampung untuk bijak menggunakan media sosial. Tidak sembarang menyebarkan informasi. Beliau juga mengingatkan ada 4 hal masalah di Indonesia, yaitu :
1. Kemiskinan
2. Kesenjangan
3. Korupsi
4. Distrust

Pak Zul juga mendengarkan dan menjawab di sesi tanya jawab para blogger yang hadir. Di antaranya ada yang bertanya dari Yoga Pratama, Lilih Muflihah dan Umi Neny Suswati.


Yoga Pratama :

Di acara #netizenlampung beberapa hari lalu, saya bertanya banyak hal, beberapa di antaranya adalah tentang daerah yg selalu terfokus pada infrastruktur tapi tidaj terfokus bagaimana cara membangun SDM. Padahal negara telah hadir dengan beberapa kebijakan program yanh seimbang, baik bagaimana cara membangun infrastruktur yang diimbangi dengan membangun SDM. Salah satu contoh pun saya jabarkan bupati yang telah konsen membangun peprustakaan. Akses buku di daerah diperdekat. Ini kenapa harus dilakukan serentak disetiap daerah. Hal ini diharapkan agar masyarakat mudah mengakses bahan bacaan. Sehingga kedepan bukan hoax yang diperdebatkan tapi soal bagaimana bahan bacaan menjadi arena pencerdasan tanpa hoax.
Lalu, bagaimana peran MPR RI hadir? Saat itu Ketua @mprgoid menjawab dengan harapan bisa bekerjasama dengan netizen, dalam hal khusus pemberi informasi dalam bentuk Blog. Dan di Lampung Minggu malam MPR bekerjasama dengan @tapisblogger 
Dalam pertanyaan saya yang belum terjawab adalah harapan kelanjutan kedepan. Sehingga program MPR tidak hanya menyapa Netizen. Tapi ada yang bisa dilakukan ketingkatan lebih bawah. 
Semoga kedepan dipikirkan program bersama itu.
Tabikpun. Wassallamuallaikum, wr. wb.
#inibaruindonesia


(Sumber IG Yoga Pratama)


Terima kasih Pak Zul atas kunjungannya ke Lampung, khususnya ngobrol dengan Netizen Lampung semoga kehadiran ini membawa angin segar agar Kidz Zaman Now makin mengenal 4 Pilar MPR RI dan bijak bermedia sosial.



Lengkap ceritanya bisa klik video ini ya!

Sesi foto yang seru ini tim Blogger Cantik yang kece bangets (Sumber IG Bang Zainhs)

Sesi foto yang seru ini tim Blogger Tampan yang kece bangets (Sumber IG Bang Zainhs)

9 komentar:

  1. Setuju banget. :) Bangsa Indonesia itu religius. :)

    BalasHapus
  2. MPR KEREEEENNN!!
    semangat sosialisasi 4 Pilar memang harus didengungkan ya mbaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Ternyata, ada cerita di balik acara ini ya, Mbak. Alhamdulillah akhirnya terlaksana. Dan bersyukur berkesempatan hadir di sini. Belajar rasa cinta tanah air, nilai-nilai kebangsaan, juga bertemu temen-temen Tapis Blogger. Terima kasih Mbak Naqi dan Tapis Blogger atas kesempatannya.

    BalasHapus
  4. MPR nya lebih merakyat ya, mau ke kampus atau menemui komunitas, lebih bagus lagi tuh kalau ke pelosok nemui karang taruna agar tersampaikan pesan undang-undang ke pemuda desa yang saat ini sudah hampir tergerus sama dunia kebaratan dan kriminal

    BalasHapus
  5. 4 pilar MPR harus benar2 didengungkan kembali ni mbak. Bagusbacara kayak gini nih mbak, banyak yang belum melek kan MPR tu gimana sih? Mudah2 an next nya Batam. :)

    BalasHapus
  6. Ramah, santun, gotong royong, luhur budi, itulah karakteristik orang Indonesia yang sesungguhnya.

    BalasHapus
  7. Ada cerita di balik ngobrol bareng MPR RI
    😃😃😃

    BalasHapus
  8. 4 masalah indonesia seperti yang diatas memang harus di tuntaskan bersama...

    BalasHapus
  9. MPR sering ya sekarang mengundang netizen. Acaranya positif mbak, jadi makin banyak yang bijak dalam bermedsos TFS

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^