Kamis, 30 November 2017

Tips Mendongeng Untuk Pemula

Assalamualaikum, sahabat Smart Mom, 


Tips Mendongeng Untuk Pemula. Ada yang suka mendongengkan anaknya sebelum tidur? Yap, aku termasuk ibu yang memanfaatkan mendongeng sebagai salah satu cara menanamkan karakter pada anak. Memangnya, anak-anak perlu banget ditanamkan akhlak mulia sejak dini. Selain contoh yang dilakukan kedua orang tua, media lainnya dapat dilakukan dengan cara mendongeng. 


Dulu, mendongeng yang aku lakukan adalah menciptakan tokoh sendiri. Aku membayangkan tokoh apa saja yang terlintas dibenakku aku sampaikan dengan anak-anak. Anak kedua Fatih lebih kena dinasehati lewat mendongeng. Mungkin karena tahapan usianya emang media ini lebih tepat. Biasanya Fatih akan antusias sekali dengan tokoh yang diceritakan. Pernah kejadian, Fatih ikutan sering jajan karena rumah kami saat dekat dengan warung dan lingkungan tak ramah anak. Fatih pernah mengambil uang yang terletak di tanpa tanpa izin. Memang sih tidak besar, hanya 2-5 ribu. Tapi, ini menjadi PR besar bagi kami agar Fatih tidak melakukan lagi.

Ini ada naget ayam dari So Good enak banget
Akhirnya aku dan suami membuat jadwal menemani Fatih tidur. Suami juga mendongengkan betapa bahayanya mencuri atau mengambil barang tanpa izin, termasuk orang orang tua sendiri. Alhamdulillah Fatih menurut.

Sejak Aisyah lahir, perhatian aku makin bercabang. Jadwal mendongeng tidak lagi beraturan. Kadang ada, kadang tidak. Lebih banyak Fatih sudah tertidur Pukul 20.00 WIB sedangkan Aisyah masih melek, hiks. Nah, jadwal berbeda ini bikin galau. Akhirnya jadwal membaca buku bersama atau mendongeng jadi lalai. Beruntung ketemu informasi kalau ada aplikasi keren dari So Good. Tiap membeli produk So Good yang bertanda khusus, mendapatkan frame yang bila discan dengan aplikasi yang sudah diundu di play store, maka lewat android akan dapat mengikuti dongeng yang ada. Wah, emak zaman now jadi terbantu banget. Iya kan enggak perlu lagi sibuk mencari baham cerita.

Nyamiii naget ayam dan ada aplikasi mendongeng dari So Good 
Aku membeli So Good dan mendapatkan frame berjudul Lala dan Sing-sing Part 2. Wah, padahal penasaran isi Part 1 loh. Berkisah sekarang anak bernama Lala dengan Sing-sing mirip maklum seperti peri ya akan melakukan piknik dengan membawa naget kesukaannya. Di jalan iya menemukan seorang anak laki-laki bernama Gege sedang terjatuh terpeleset sungai. Lala dan Sing-sing ingin membantu. Lala duluan membantu tapi terpleset dan akhirnya terjatuh di sungai. Sing-sing ikut membantu dengan cara rahasianya. Apalah itu? Yuk, nonton sendiri! 

Mendongeng adalah stimulasi yang baik loh untuk anak. Ini manfaat mendongeng :

1. Dapat meningkat keterampilan bicara anak
2. Merangsang imajinasi dan kreativitas anak
3. Mengenalkan ide-ide baru
4. Mengembangkan kemampuan berbahasa anak
5. Meningkatkan minat baca anak
6. Kedekatan orang tua dan anak
7. Meningkat akhlak anak tanpa menggurui



Nah, dari mendongeng baik zaman old hingga zaman now adalah sebagai berikut :


Tips Mendongeng Untuk Pemula: 

1. Memilih dongeng sesuai dengan usia anak.

2. Kondisi anak untuk siap menerima dongeng tentu dengan sisipan nasehat.

3. Gunakan intonasi yang pas dan sesuai dengan usia dan karakter anak-anak.

4. Dampingi anak dalam menggunakan aplikasi ini karena ada adegan yang mungkin anak-anak bingung, sehingga di sinilah komunikasi orang tua dan anak terbangun 

5. Siapkan cemilan. Nonton dongeng dengan perut kenyang bakal lebih mudah anak-anak menerima nasehat. Nah, siapkanlah nagget makanan bergizi ini sebagai menu makan anak. Fatih sendiri suka banget makan naget ayam ini. Bagaimana dengan anak-anak di sana?


Nah, sahabat Smart Mom, itulah Tips Mendongeng Untuk Pemula alaku semoga bermanfaat ya!

A post shared by naqiyyah syam (@naqiyyahsyam) on

4 komentar:

  1. Asyik ya sekarang, bisa mendongeng pakai aplikasi. Beda dengan aku dulu, mama zaman old, mendongeng dengan bantuan buku. Membaca dengan mata ngantuk dan anakku terus-terusan minta dibaca ulang.

    BalasHapus
  2. Kece tampilannya so good cerdik. Jd pgn nunjukin ke bocah jg. Makasih sharingnya ya mbk. 😊

    BalasHapus
  3. So good cerdik ini cocok ya untuk anak2 jama sekarang yg kenal digital

    BalasHapus
  4. makasih tipsnya mbaaa...kalau aku sekarang kebalik, anak-anak yang mendongeng untuk mamanya hehehe

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^