Jumat, 16 Juni 2017

Learning How To Learn (Belajar Bagaimana Caranya Belajar)



Learning How To Learn (Belajar Bagaimana Caranya Belajar)

Assalamualaikum sahabat Smart Mom, alhamdulillah kembali bisa menuliskan catatan mengenai Matrikulasi Institut Ibu Profesional. Aku bersyukur sekali mengenal IIP, walau sudah 1 tahun, baru tahun ini berani ikut Matrikulasi hehe... berasa belum apa-apa menjadi ibu. Namun, makin bersyukur Allah mengerakkan ikut di Bulan Ramadhan ini, aku bisa fokus dan gia memperbaiki diri sebagai ibu dan istri.

Pekan ini materi yang didapat adalah Learning How to Learn (Belajar Bagaiamana Caranya Belajar). Kami belajar membuat design pembelajaran ala kami sendiri. Hal ini akan bermanfaat untuk membumikan kurikulum yang telah kami buat sebelumnya.

Seperti materi sebelumnya tentang manusia memiliki fitrah sejak lahir yaitu senang belajar. Tapi mengapa sekarang ada orang yang senang belajar dan ada yang tidak senang belajar.

Padahal, sesuatu pelajaran itu berat menurut kita, apabila dilakukan dengan senang hati, maka akan terasa ringan, begitu juga dengan sebaliknya. Pelajaran yang mudah atau ringan dilakukan dengan terpaksa akan terasa berat atau sulit.

Nah, membuat BISA itu mudah, tapi membuatnya SUKA itu baru tantangan.

Termasuk saat aku harus belajar menjadi ibu yang cekatan. Waduh, tantangannya subhanallah. Selama ini kupikir, “Biarin aja deh itu kerjaan ART, tapi... kalau tugas domestik enggak dikuasai, maka enggak sukses juga kerjaan di luar,”

Untuk itu aku butuh lompatan dengan menyiapkan. Inilah design di NHW #5 :

1. Belajar hal berbeda
2. Cara belajar berbeda
3. Semangat belajar yang berbeda

Untuk itu, karena aku memilih menjadi Blogger dan Smart Mom, inilah design belajarku :

1. Untuk 1 tahun depan, aku ingin menguasai cara membuat blog dengan worpress.
2. Aku ingin blog khusus untuk adsense.
3. Ingin mendaftar umroh atau haji dari uang blog.
4. Menguasai membuat vblog.
5. Punya penghasilan tetap dari blog.

Menuju 5 di atas hal yang harus aku lakukan adalah :

1. Mempelajari ilmu blog dengan mastah blog di Lampung.
2. Membuat akun blog dengan template yang menarik.
3. Melatih diri untuk menulis artikel 5-10 arikel per minggu.
4. Menyiapkan diri 2 jam sehari untuk menggelola blog.
5. Membuat grup WA khusus blogger pemula.

Rencana 1 tahun ke depan blog yang aku persiapkan dapat menghasilkan penghasilan tetap per bulan dan bisa jadi ‘gaji kantoran’ hehe... kalau blog utama ini tetap menerima job review kok, tapi blog khusus untuk mata pencaharian adsense.


Nah, itulah design belajarku 1 tahun ke depan dari materi yang aku dapat di Matrikulasi IIP. Semoga design belajarku ini membuat aku lebih semangat menimbah ilmu di dunia blog. Doakan ya teman-teman.