Sabtu, 03 Februari 2018

Tapis Blogger Gathering 2 : Mengenal Karya Thasya Busana, Review Produk dan Belajar Fotografi


Assalamualaikum sahabat Smart  Mom,

Keseruan acara Tapis Blogger Gathering 2 masih saja terasa, walau acaranya sudah berlalu. Maklum kalau sudah kopdar, rasanya kayak sudah keluarga sendiri, hehe... Acara Tapis Blogger Gathering 2 ini berbeda konsep dengan yang sebelumnya. Jika Tapis Blogger Gathering 1 untuk anggota dan umum, kali ini khusus anggota saja, “Biar makin akrab!” usul seorang pengurus Tapis Blogger.

Maka, dipagi Ahad, 14 Januari 2018 lalu, aku dan teman-teman Tapis Blogger bertemu dikediaman Umi Nur Aini pemilik Thasya Busana. Tapis Bogger diundang untuk bertukar cerita di gerai Thasya Busana. Tempat yang asri dan tentunya penuh dengan karya cantik berbalut tapis ditemui di sini.

Aku tiba di lokasi sekitar Pukul 09.00 WIB (mepet banget ya?) pengurus baru sedikit yang datang. Tapi, inilah berkahnya datang duluan soalnya dapat buah naga dari berandapresewu.com alias Kang Erman satu kardus khusus untuk anggota Tapis Blogger loh!

Usai pilih-pilih buah naga yang diincer (pilih warna merah menyala dan besar hehe...), aku masuk dan disambut Umi Nur Aini. Eh, pas mau duduk, widih.... suprise dijamu ala orang kondangan!

Tak lama, satu persatu anggota sudah hadir. Acara pun segera dimulai. Dipandu oleh Yoga Pratama sebagai Pj Workshop Tapis Blogger. Pemilik blog jomba traveler ini emang piawai membuat acara kocak loh!

Ada 3 pemateri dalam acara Tapis Blogger Gathering 2 ini, yaitu Belajar mereview produk, mengenal Thasya Busana dan belajar Fotografi bersama Mas Tri Yuliawan.



1. Tips Mereview Produk

Materi pertama aku sendiri menyampaikan. Lebih tepatnya sharing ya mengenai pengalamanku mereview produk. Bagaimana mendapatkan kerjasama dengan brand atau agensi. Selama ini sendiri belajar terus bagaimana mereview produk yang disukai pembaca. Nah, tips yang aku bagikan tidak banyak sih :) Tapi ntar aja ya sesi berikut aku ulas lebih lengkap hehe...
Tips Mereview Produk (Foto by Mbk Heni Puspita) 
2. Mengenal Karya Thasya Busana

Materi kedua disampaikan Umi Nur Aini owner dari Thasya Busana. Kalau teman-teman lihat jilbab instan yang sering aku pakai, aku beli di Thasya Busana. Jilbab instan yang di pinggirnya ada tapis, kain khas Lampung. Thasya Busana sendiri berasal dari nama anak Umi Nur Aini. Awalnya beliau bergelut di dunia obat herbal. Namun, suau hari Ia mencoba berbisnis baju dengangan harga standar. Saat bazar disebuah kabupaten di Lampung, Ia dan beberapa temannya berjualan. 

Tapi, lucunya baju yang diobralnya seharga di bawah 100 rb itu tidak laku! Masyarakat di sana malah mencari baju bermerk A, B dan C yang sering digunakan ekonomi menengah ke atas. Akhirnya Umi Nur berputar haluan memikirkan bisnis lain dengan harga yang memang agak berkelas. Namun, Umi Nur ini sekali mengangkat budaya Lampung, terutama tapis.

Umi Nur Aini Owner Thasya Busana (Foto by Heni Puspita)
Umi Nur Aini membuka Thasya Busana masih prematur, sekitar 1,5 tahun mengangkat etnik Lampung. Thasya Busana memiliki tagline, “Hadir dengan cinta.” Mengangkat produk terbarunya adalah outer.

Umi Nur asli dari Tubaba ini memilih nama anaknya, Thasya yang berarti berkehendak ini awal dari kehendak dari muslimah. Ingin muslimah memiliki baju yang bagus dan pas sesuai syariah. Untuk para pengarjin sulam dan tapis, Thasya Busana mencari dari Tulang Bawang Barat. Lama pembuatannya, satu jilbab baru selesai 3 hari. Thasya memilih sulam tusuk bukan tempelan, ini ciri khas Tasya Busana. Ke depan Tasya Busana akan membuat sarung yang simple.


Foto By Tety Mjd

Foto by Tri Yuliawan

Foto by Tri Yuliawan

Foto by Tri Yuliawan


3. Belajar Fotografi Bersama Tri Yuliawan

Mas Tri begitu kami menyapanya. Mas Tri kerap kali menang lomba foto di Instagram. Mas Tri mengajarkan cara mengambil foto tepat, walau hanya dengan modal android. Peserta diajak mengambil foto karya Thasya Busana. Setelah itu, setiap peserta mengirimkan hasil foto ke group WA yang telah disiapkan panitia. Mas Tri menilai hasil foto peserta sekaligus memberikan tips yang benar.

Coba atur kamera di hpmu ya!


Kami diajak menyiapkan kamera hp dengan setingan manual. “Cek pengaturan kameranya, pilih saja yang manual," ujar Mas Tri.

Kami pun mencoba dan belajar memotret dengan berbagai objek. Rasanya belum puas deh menimbah ilmbu dari Mas Tri, apalagi tips kecenya saat berbagi kisah sebagai berburu lomba di Instagram.

Mas Tri Yuliawan dan Owner Thasya Busana

Tips Menang Lomba Foto di Instagram Ala Mas Tri Yuliawan :




Sebenarnya masih ada tips lainnya, tapi aku kadung rempong karena Aisyah minta mandi huhu... Insya Allah aku tulis lebih terperinci ya.



Diakhir acara, kami disuguhi seruit. Makanan khas Lampung, ikan bakar dengan sambel terasi dan cocolan lalapan. Sebenarnya lebih lengkap dengan tempoyak. Nah, serunya kami makan dalam 1 nampan untuk beberapa orang. Aku satu nampan dengan Umi Nur dan Mbk Fifi.
 
Pemenang lomba foto instagram 
Dua juri kece nih :) Desy dan Novi

Siang itu makin ceria setelah diumumkan 3 pemenang lomba foto di instagram. Apalagi dapat hadiah langsung dari owner Thasya Busana loh! Selamat ya buat pemenang!

Nah, sahabat Smart Mom, itulah cerita keseruan kami di acara Tapis Blogger Gathering 2. Nantikan Bulan Februari ini acara selanjutnya ya! Semangat ngeblog!


THASYA BUSANA

More info n order 
IG dan Line : thasya_busana 
WA : 081369704950 
Fb : Thasya Busana 
Bbm : 59ae6fdc 
THASYA BUSANA HADIR DENGAN CINTA

12 komentar:

  1. Bermanfaat sekali acaranya umi. Boleh ikutan acara selanjutnya kah? 😁

    BalasHapus
  2. Jilbabnya cantik2, Mbak. Kalu di sini mah yg di atas 100 yg ngga laku. Hahaha

    BalasHapus
  3. Salam kenal Bun...
    Saya sudah sering menjualkan beberapa baju dan keperluan kelauarga, untuk ibu-ibu seperti saya, kalau mau memulai usaha yang serius, apa langkah pertama yang perlu dilakukan? buat blog untuk jualan, atau blog sekedar berbagi saja.
    thank

    BalasHapus
  4. keren euy acara tapis blogger. semoga kami nanti di sini bisa mengadakan acara-acara keren juga

    BalasHapus
  5. paling minatnya sama fotograpi nih. fotonya kece-kece.
    buat mengoptimalkan media foto dalam artikel blog

    BalasHapus
  6. Tipsnya kece..bloggernya juga kece. Sukses ya Tapis Blogger

    BalasHapus
  7. Wah... aku baru tau lho ternyata tapis itu kain khas Lampung, kalo di Bengkulu kayakk kain Batik Besurek yah kayaknya ^^ by the way foto Mbak Naqi cantik banget.. hehhe cocok lah pake itu ^^

    BalasHapus
  8. Yang zona dan delapn eh apa namanya Ali lupa diajarin juga waktu kelas Blogger

    Kainnya bagus yaaa

    BalasHapus
  9. Mau juga keknya ajk keluarg main ke Lampung.

    BalasHapus
  10. O begitu ya caranya. Sampai buat akun sendiri untuk lomba. Mantap

    BalasHapus
  11. Ditunggu yang review produk bahasan lengkapnya... 😊😊 aku masih bingung kadang kalau mau review produk...

    BalasHapus
  12. Wah iya tipsnya oke, aku kadang suka aplod foto duluan sih, jd kayaknya dicontoh orang wkwkwk

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^