Selasa, 22 Desember 2015

Pompa ASI Manual VS Pompa ASI Electrik, Pilih yang Mana?

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, jn                                                           llvm

Pompa ASI Manual VS Pompa ASI Electrik, Pilih yang Mana? . Mom, ingin memberikan  ASIX  sedangkan tetap bekerja? Itu dapat dilakukan dengan ASI Perah (ASIP). Caranya, ASI diperah dengan pompa atau dengan tangan. Jika sebelumnya, aku sudah menuliskan pengalamanku tentang manajemen ASIP, maka untuk kali ini, aku mau cerita pengalamanku menggunakan pompa ASI baik yang manual atau electrik. 




Dulu, saat anak keduaku lahir, aku masih menjadi ibu bekerja. Namun, keinginanku sangat mengebu-ngebu agar anakku tetap ASI. Ya, kegagalan memberikan ASIX pada anak pertama menjadi penyemangatku. Jika dulu saat lahir anak pertama, aku masih sedikit ilmunya, maka sejak mengandung anak kedua, aku mencari banyak informasi mengenai cara memberi ASI untuk ibu bekerja.

Linda Satibi : Ibu Bekerja yang "Melahirkan" Si Cantik Hasna



Assalamualaikum, Sahabat Smart Mom, semoga hari ini menyenangkan. Masih dalam rangka Hari Ibu, aku mengajak berkenalan dengan penulis buku Komik Hasna. Buku ini ditulis oleh sahabat mayaku, Linda Satibi. Loh, kok dibilang sahabat maya? Iya, kami sudah berteman cukup lama di dunia maya. Pernah saling menyemangati sebagai ibu bekerja yang ingin tetap menulis. Saat itu aku masih sebagai guru di SDIT Lampung Timur. Aku ingat banget Mbk Linda pernah bertanya, "Kok masih bisa nulis sih, sibuk mengajar begitu?"  Lalu.... bertahun kemudian, Mbk Linda bak menjelma sebagai ibu bekerja yang keren. Bukunya solonya, satu  persatu terbit.

Daripada penasaran lebih lama, yuk kita tanya jawab dengan Mbk Linda Satibi :) Ini hasil wawancaraku via WA kepada Mbk Linda, yuk dibaca :)


Belajar Menjadi Ibu Hebat : Mother, You Are So Wonderful

Assalamualaikum sahabat Smart Mom, hari ini 22 Desember dikenal sebagai Hari Ibu. Nah, sebagai memperingati Hari Ibu, aku mau sharing saat aku mengikuti acara kelas parenting bersama Dr. Yesi Elsandra, SE, M.Si, seorang ibu 4 anak, dosen, founder Komunitas Parenting Sumbar, konselor laktasi, dll pada tanggal 20 Desember yang lalu. Semoga bermanfaat ya :)

Bersama pemateri dan peserta

Pagi yang cerah ketika aku dan keluarga kecilku menuju My Lovely Child, Klinik Tumbuh Kembang Anak yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No 19, Padang. Sebenarnya telat dari acara yang ditentukan panitia. Di undangan tertera pukul 08.30 WIB, sedangkan kami tiba sudah menjelang pukul 10.00 WIB. Aiih, lumayan rempong bawa 3 anak. Apalagi Hari Ahad itu, Abinya juga ada acara di tempat yang berbeda. Jadi, saat ditanya dengan anak-anak mau ikut siapa? Anak-anak menjawab ikut Ummi. Enggak mau ikut Abinya. Setelah membuat kesepakatan bersama, anak-anak ikut aku deh di acara parenting skill.